Thursday 19 January 2017

7 Cara Memanfaatkan Waktu Agar Kaya Raya

Masih berlakukah ungkapan ‘WAKTU ADALAH UANG’ di era milenial? Semua manusia di dunia memiliki jumlah waktu yang sama, 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Dengan kekayaan waktu yang sama, mengapa banyak perbedaan dalam meraih materi? Ada yang menjadi milyuner  dan ada yang membayar cicilan kartu kreditnya ngos ngosan padahal bayarnya juga hanya pembayaran minimum?
Usut punya usut kesenjangan tersebut ditimbulkan terutama karena perbedaan memanfaatkan waktu. Bagi seorang milyuner, mereka sangat memanfaatkan waktu agar produktif dan akhirnya mereka dapat menjemput kekayaan dengan maksimal. Kita ulik yuk bagaimana memanfaatkan waktu sehingga waktu benar-benar menjadi uang dalam kehidupan kita.


 

1 . ATUR WAKTU
Buatlah jadwal tertulis apapun yang ingin kita kerjakan sepanjang hari. Malam hari sebelum tidur luangkan waktu untuk melakukan evaluasi kegiatan dan keuangan. Apa yang sudah kita lakukan serta berapa dan untuk apa saja uang yang kita keluarkan dari pagi hingga siang tadi. Maka kita harus membuat perencanaan kegiatan dan keuangan untuk keesokan harinya. Memang biasanya kita telah memiliki perencanaan setiap bulannya, tetapi untuk perencanaan harian bisa ditulis lebih detail lagi. Siapa tahu khan ada rencana yang harusnya dikerjakan kemarin tetapi karena suatu hal belum dilaksanakan, atau tiba-tiba kemarin uang yang sedia-nya untuk membayar iuran BPJS belum dibayarkan karena tiba-tiba ada keperluan lain yang tidak dapat dihindari.

2 . JADIKAN PAGI DENGAN EFFISIEN
Daripada terburu-buru mempersiapkan aktifitas hari, lebih baik kita mempersiapkan apa yang kita perlukan pada malam harinya. Misalnya mempersiapkan pakaian dan sepatu yang ingin kita gunakan  dan membereskan/memasukkan barang-barang apa saja yang harus kita bawa beraktifitas pada hari tersebut. Jadi pagi harinya kita dapat sarapan dengan tenang sehingga sampai di tempat beraktifitas tidak perlu jajan lagi. Masih ada sisa waktu beberapa menit? Bagi yang beragama Islam,silakan manfaatkan waktu tersebut untuk shalat Dhuha.

3 . MENELPON LEBIH EFEKTIF DARI PESAN TERTULIS
Tahukah kamu bahwa ternyata pesan tertulis, seperti WA,Line,Telegram,BBM justru memboroskan waktu ? John Paul DeJoria, seorang kaya raya  dari Amerika Serikat yang berada di urutan 219 dari 400 orang kaya versi Forbes mengatakan bahwa satu cara yang singkat dan lebih menghemat waktu dalam berkomunikasi adalah berbicara langsung melalui telepon. Pesan yang diterima lebih jelas dan tidak menimbulkan kesalah pahaman. Yang pasti pembicaraan di telpon juga harus yang berkaitan langsung pada kerjaan dan bisnis yach. Bukan gosip kesana kemari atau membicarakan hal yang tak perlu.
Jika sebentar-sebentar mengecheck pesan atau email juga ternyata dapat membuang banyak waktu. Email sangatlah baik apabila mengirimkan dokumen-dokumen yang sudah di-bahas melalui komunikasi langsung atau melalui telepon. 

4 . DO YOUR PASSION
Pernah berpikiran bahwa semakin kita bekerja keras maka akan semakin banyak uang yang kita hasilkan? Bisa jadi sih, tetapi masa sekarang lebih bisa jadi stress dan malah jatuh sakit. Saya pernah loh dengan waktu penuh dari jam 8 pagi hingga 11 malam di kantor selama 5 bulan berturut-turut. Memang rekening tabungan saya bertambah tetapi saya benar-benar tidak memiliki waktu untuk menggunakan uang tersebut! Dipikir buat apa ya kerja setengah mati seperti itu? Buat mendapatkan uang? Iya uangnya “numpuk” tuh di saldo tabungan. Tapi biarpun begitu bukan berarti jadi kaya raya!
Lakukan apa yang menjadi passion kita, maka kita akan merasa kaya raya. Setidaknya gunakan weekend atau libur-mu untuk mengerjakan passion dan sama sekali tidak perlu memikirkan kerjaan rutin dari tempat bekerja. Seperti hal-nya perusahaan google yang memberikan kesempatan kepada pekerja-nya untuk meluangkan waktu melakukan passion-nya. Terbukti pemilik/pemimpin google justru menjadi orang-orang terkaya di usia yang belum mencapai 40 tahun. 

5 . JANGAN MULTITASKING DALAM WAKTU BERSAMAAN
Selama ini  diantara kita ada yang mengira bahwa dengan multitasking maka semakin produktif. Pada kenyataannya beberapa pekerjaan yang dilakukan dalam waktu bersamaan seringkali tidak memberikan manfaat atau produktifitas yang maksimal. Contohnya jika kita sedang mengikuti seminar atau talkshow, sambil mendengarkan pembicara memaparkan materi-nya kita juga mengerjakan invoice keuangan untuk suatu project. Nyaris dipastikan hasilnya tidak maksimal – kalau boleh dikatakan malah hasilnya akan berantakan. Atau hadir di suatu diskusi dengan membawa anak balita? Yang sudah justru sibuk mengejar-ngejar anak atau “dimusuhi” hadirin yang lain...hehehe. Apalagi jika menyetir kendaraan di jalan umum sambil mengutak-atik gadget, please jangan lakukan jika kamu bukan sopir ojeg atau mobil online :D
Bukan berarti juga kita tidak boleh melakukan “multitasking” loh! Sesuaikan waktu dan tempat. Misalkan kita seorang Social Media Specialist merangkap Ibu Rumah Tangga, maka jangan pernah lakukan mengerjakan tugas kita sambil menjaga anak-anak berenang atau memasak. Resiko anak tenggelam atau radiasi gadget yang sangat berbahaya jika berada di dekat kompor. Itu yang namanya produktif dan memanfaatkan waktu secara maksimal? Bukan begitu juga kaliii...hehehe


6 . MANFAATKAN HAL DI SEKITAR DENGAN BAIK
Mau mengerjakan sesuatu di computer, tetapi tiba-tiba computer atau laptop ngadat? Jangan dijadikan alasan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut! Manfaatkan saja segala hal di sekitar dengan baik, misalnya gunakan tablet atau memo handphone terlebih dahulu. Saat ada computer/laptop di dekat kita (Misal punya kakak/adik. kerabat atau teman) maka mintalah izin ke mereka untuk memanfaatkannya. Kalau tidak ada juga, maka gunakan buku catatan/notes kertas terlebih dahulu. Jadi setelah PC/laptop beres segera memindahkan saja.

7 . BERDOA SEBELUM TIDUR
Waktu menjelang tidur malam, sudah di pembaringan dan lampu sudah dimatikan. Apa yang harus kita lakukan? Berdoa dan berdialog kepada-NYA lebih baik daripada memikirkan hal yang lainnya. Curhat sepuasnya kepada Yang MahaKaya. Curhat maksimal deh kepada-NYA, dan mintalah hari esok lebih baik dari hari ini yang telah kita lalui. Kebiasaan ini, jika dilakukan dengan tulus ikhlas akan memberi manfaat  penghematan biaya ke psikolog atau dokter deh.


Dengan membuat/mengisi waktu lebih effisien dan efektif, maka kita semakin produktif dan semoga produktif-nya tersebut memberi dampak besar bagi kehidupan kita, dan kaya raya. Aamiin...

No comments:

Post a Comment