Tuesday 31 January 2012

Mukena 10 Ribu Kebaikan Beribu-Ribu


Disela menikmati ‘me time’ petang hari di Mall Kelapa Gading saya bergegas menyeberang jalan samping Mall Kelapa Gading 5 menuju Mesjid Al Musyawarah. Waktu telah menunjukkan pukul 17 lewat sekian menit. “Nyambung shalat Maghrib aaah.” Kata saya dalam hati, tentunya dengan perasaan merekah karena akan berkomunikasi dengan Yang Maha Pengasih dan Penyayang ;-D

Setelah menitipkan sepatu yang dibeli dengan harga Ro 400rb-an di penitipan resmi mesjid saya langsung menuju ruang wudhu yang bersih dan semerbak harum. Nyamannya lagi, di atas deretan kran air yang mengalir lancer berderet pula gantungan tas/pakaian/jilbab/assesoris (pokoknya apa aja bisa digantung,asalkan jangan ngegantung temen disitu ya ;-p). Alhamdulillah ya, jadi kita yang mengambil air wudhu nggak akan kebingungan meletakkan tas, jilbab atau jam tangan. 


Setelah bersih-bersih menujulah saya ke bangunan utama mesjid. Saya cukup familiar dengan mesjid ini sejak lebih dari 10 tahun yang lalu – nyaman, bersih dan fasilitas lengkap! Pokoknya asyik banget deh untuk bermesraan dengan Sang Tercinta. Mukena yang ada di mesjid tersebut-pun biasanya banyak dan terawat bersih plus rapi. Kali ini saya meraih satu diantara yang tergantung rapih dengan hanger dari lemari kaca yang terdapat di space shalat wanita. Tanpa sengaja saya melihat tulisan bordir yang terdapat di mukena,”Mukena 10ribu….”
Di jeda shalat saya mencatat account twitter dan nomer hape yang terukir bordir pada mukena yang saya kenakan.Tercantum juga nama donaturnya : salah satu usaha dawet khas Jawa Tengah. Keesokan harinya  saya browsing melalui PC dan follow @mukena10ribu. Alhamdulillah, admin account sangat komunikatif dan tanggap akan keinginan saya untuk menjadi aktifis di “komunitas” ini. Padahal saya kurang mengerti hal apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi aktifis disini. Yaaa, hal yang paling minim adalah menyisihkan jajan Rp 10.000 ,- setiap Jumat. Hal yang sangat mudah untuk memberi manfaat bagi banyak masyarakat khan tuh??? Apalagi dari hal yang mudah (bahkan ala kadarnya) itu kita tetap bisa “menghadap” kepada Sang Pemberi Rezeki. Bayangin, kita sedang kedatangan tamu bulanan nih –nggak bisa menunaikan ritual shalat – namun entah di mushalah/mesjid daerah mana ternyata ada yang mengenakan mukena yang dibeli dari uang yang kita sedekahkan. Cool banget gak siieeyh?? Padahal kita aja belum tentu pernah menghadap Sang Pengasih dari daerah tersebut. Soalnya @mukena10ribu menyampaikan amanah ke seluruh Indonesia! 
Let’s see, melalui sedekah betapa kecilnya dunia.
Insya Allah dengan minimal  Rp 10.000 saja kita akan mendapatkan berkah dunia akhirat beribu kali lipat sesuai dengan janji Sang Pemberi Rezeki. Masih nggak mampu sedekah minimal Rp 10.000?? Iih,kasihan deh loe…hahaha,just kidding. Kalau emang sampai segitunya, mudah-mudahan diberi rezeki oleh-NYA ya, en belajar berwirausaha dung. Jadi Tukang Cuci gituh…hehe,bisa berawal menjadi #Relawan di @mukena10ribu. Kamu jelajah mushalah/mesjid yang layak untuk dititipi mukena deh,kemudian jadilah #Relawan.
Sebenarnya Mesjid Al Musyawarah di Kelapa Gading merupakan mesjid besar dan yang shalat di di mesjid ini (khususnya wanita) mayoritas dari kaum berada. Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa mukena disini juga terawat (bersih,rapih dan harum). Tapi kenapa ada mukena dari @mukena10ribu ada disini ya??? Alhamdulillah dengan adanya mukena di mesjid besar,bersih dengan fasilitas lengkap ini ternyata justru saya mengetahui keberadaan “aksi” ini. Saya rasa ada benarnya juga menyumbangkan mukena ke mesjid “berpunya”, walaupun nggak perlu sampai 3 mukena. Sedekahkan saja 1 mukena ke mesjid besar/bagus untuk dititipkan ke pengurus mesjid. Insya Allah seperti saya dapat mengetahui keberadaan @mukena10rib u dari bordir yang terdapat di mukena. Nggak perlu besar-besar sih tulisannya supaya nggak seperti spanduk promosi berjalan…hehehe. Urusan cuci mencuci atau merawat, sepertinya pengurus mesjid melakukan sendiri deh. Mesjid seperti ini biasanya telah memiliki pengurus mesjid yang professional (Apalagi mesjid di ITC Cempaka Mas…waaaw, sampai ada laundry room-nya untuk mencuci mukena-mukena yang ada disana. Mukena untuk anak-anak juga tersedia!)

No comments:

Post a Comment