Monday 18 November 2019

NIVEA #SentuhanIbu 2019 : World of Imagination

Jika melihat dan mendengar brand perawatan kulit Nivea, maka saya akan teringat Almarhumah Ibu yang seringkali mengoleskan cream perawatan legendaris itu di beberapa bagian kulit tubuhnya. Keharuman nan lembut dari Nivea begitu melegenda dalam kehidupan masa kecil saya. Saat kecil saya seringkali pula dioleskan Nivea oleh Ibu, khususnya saat saya ingin bermain di halaman rumah atau saat rekreasi di luar ruang bersama anggota keluarga lainnya. Nivea Creme Tin sungguh mempererat bonding time antara saya dan Ibu. Beruntung kami memiliki rumah luas di tengah kota Jakarta dan keluarga senang rekreasi atau berwisata keluar kota, sehingga bonding time kami dapat terus bermain serta bergerak. Manfaat krim perawatan kulit begitu nyata bagi kami karena seringkali bermain di luar ruang. Kegiatan mendongeng tidak sering dilakukan oleh Ibu saat kami akan tidur. Saya justru terbiasa mendengarkan dongeng dari kakak-kakak dan Ayah. Beruntung pula kami keluarga besar, sehingga kakak pertama dan saya sebagai anak bungsu memiliki jarak usia seperti seorang Ibu dan anak. Kakak-kakak saya juga seringkali menggunakan NIVEA Creme Tin oleh Ibu. Yang ternyata rutinitas perawatan kulit ini dapat berdampak sangat baik bagi emosi anak-anak. Bridgitta Dewi Pricillia (Brand Executive NIVEA Body and Cream) menyatakan,”NIVEA Creme Tin merupakan pelembab ikonik dari NIVEA diperkaya dengan Eucerit yang berfungsi melindungi kulit, menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh Ibu.”
Mengenang masa kecil saya yang indah, mengingat betapa lembut dan harumnya Ibu, maka sangatlah tepat jika Nivea mengadakan acara untuk mempererat bonding time atau ikatan antara ibu dan anak. Bertepatan dengan dimulainya libur sekolah anak-anak dan hari Ibu, maka NIVEA #SentuhanIbu 2019 menyelenggarakan World of Imagination pada tanggal 20 – 22 Desember 2019 di Ecopark Ancol Jakarta Utara. NIVEA #SentuhanIbu 2019 World of Imagination merupakan kerjasama dengan komunitas dongeng “Ayo Dongeng Indonesia”, “Waktunya Bermain” dan “Sembilan Matahari”.  World of Imagination adalah taman bermain interaktif yang menggabungkan imajinasi seni digital menjadi nyata. Tentunya sangat penuh inspirasi karena dongeng yang biasa identik dengan kehidupan alam semesta alami berpadu dengan seni digital. 


Seperti yang dituturkan oleh Elisabeth Tita dari Waktunya Main,”Kami senang sekali dapat menerjemahkan dunia imaginasi ke dalam taman bermain yang interaktif dan seru. Di taman bermain NIVEA World of Imagination, kami mengajak orang tua meluangkan waktunya dengan sepenuh hati untuk bermain dan mengeksplorasi daya imajinasi bersama anak dengan melompat, menari, memanjat serta menghadapi berbagai rintangan, berpikir cepat dan tangkas mencari solusi untuk menuntaskan suatu misi bersama-sama. Permainan ini tidak hanya seru dan menyenangkan, tetapi juga sarat akan nilai-nilai kehidupan.”


Pada kesempatan Press Conference yang saya hadiri bersama rekan blogger dan media di The Terrace Restaurant Senayan Jakarta tanggal 13 November 2019, Dr Herbowo Soetomenggolo SpA(K) Dokter Spesialis Syaraf Anak yang saat ini menjabat sebagai Ketua Unit Kerja Saraf Anak IDAI Jakarta memberi pemaparan kepada kami mengenai hubungan mendongeng dan otak. Beliau mengatakan,”Kegiatan mendongeng meliputi beberapa hal termasuk neural coupling yakni mendengarkan, memproses informasi, mengolah informasi menjadi data-data sesuai dengan imajinasinya. Proses selanjutnya adalah mirroring atau ketika otak pendengar memiliki cara bekerja yang sama dengan otak pendongeng. Selanjutnya otak merilis beberapa hormon seperti dopamine, kortisol dan oksitosin. Hormon tersebut mengatur perubahan emosi, kewaspadaan dan empati sehingga dapat mengingat jalur cerita. Aktivitas di cortex terjadi ketika otak memproses fakta sehingga dapat mengaktivasi bagian otak lainnya termasuk motor cortex, sensory cortex dan frontal cortex. Selain itu penelitian menunjukkan kegiatan mendongeng membantu kemampuan literasi yang sejalan dengan kemampuan kognitif anak. Sehingga dapat disimpulkan, walaupun kegiatan mendongeng termasuk mudah dilakukan, namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap perkembangan otak anak.”
Jika dijabarkan secara singkat adalah :
Otak akan melepaskan dopamin yang berhubungan dengan emosi.
Otak melepaskan oksitosin yang berhubungan dengan empati, kegembiraan.
Otak akan melepaskan kortisol yang berhubungan dengan kewaspadaan.
Kesimpulan :
Mendongeng sangat penting untuk perkembangan otak anak.
Berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan kognitif.
Mendongeng sangat baik bila disertai stimulasi 2 arah dan stimulasi sentuhan.
Masukan akan kegiatan mendongeng ditambahkan oleh Mochamad Ariyo Faridh Zidni atau Kak Aio sebagai pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.”Orang tua juga dapat melibatkan anak-anak dengan mendorong mereka memberikan ide jalur cerita, nama karakter dan alat peraga lainnya sehingga mendongeng menjadi lebih seri. Tidak ada cerita yang salah atau benar saat kita berimajinasi. Disitulah letak kekuatan imajinasi.”


Tertarik Bergembira di NIVEA #SentuhanIbu World of Imagination ?
Melihat manfaat baik dan inovasi keren pada acara ini, tentunya sangat tertarik ya untuk hadir bergembira bersama keluarga. Nah untuk mendapatkan tiketnya kita dapat membelinya di Tokopedia sejak 13 November 2019. Kunjungi Tokopedia dan klik tanda “Tiket Event”. Harga untuk tiket individual adalah Rp 150.000 (mendapatkan 1 tiket masuk dan merchandise) atau Rp 450.000 untuk keluarga yang terdiri dari 4 tiket dan merchandise.

No comments:

Post a Comment