Kryolan, satu brand make up
professional yang pernah saya gunakan pada acara adat pernikahan kerabat
saya di tahun 2011. Saat itu perias kami, dari salah satu salon di Rawamangun
menanyakan brand make up apa yang
ingin saya gunakan. Dia-lah yang memperkenalkan saya dengan brand asal Jerman ini, menurut-nya brand
ini memiliki daya tahan yang baik-khususnya setelah mengambil air wudhu dan
shalat. Katanya saya tidak perlu touch up
berlebihan, bahkan setelah mengambil air wudhu atau berkeringat wajah akan
terlihat lebih glowing. Ah masaq sih?
Saya-pun memilih Kryolan ketika itu. Padahal
tuh brand ini ada sejak tahun 1945...aih, seumuran sama Indonesia dong yach?
Benar, saya merasa cocok saat menggunakannya.
Namun beberapa kali saya menelusuri mall di Jakarta, saya tidak menemukan brand
ini dijual. Mencari di internet? Belum kepikiran karena image saya ketika itu adalah penggunaan brand ini hanya saat acara tertentu, bukan make up harian. Hingga di grup Indonesian
Beauty Blogger ada yang posting acara ‘XPLORING Passion and Fame’ dengan
pembicara Elrica Diona (The
Best Beauty Blogger in Singapore tahun 2012 dan 2013) dan Melissa (Master of Ceremony). Saya
stalking siapakah Elrica di
FB-nya...wah ternyata saat ini The Best
Beauty Blogger Singapore ini sudah stay
di Auckland New Zealand. Kebetulan
saya juga sedang tune in di komunitas
NZ Blogger dan tanggal 13 Februari
2016 diselenggarakan NZ
Beauty Talk 2016 di Auckland. Saya langsung mendaftar mengikuti event
ini melalui Elrica, serba klop disamping brand Kryolan dan speaker-nya,
saya juga pelanggan provider telekomunikasi XL yang sudah lebih dari 13 tahun
tidak pernah berganti nomor!
Horaaay, Jeng Karlina dapet hadiah! |
Hari H saya telah tiba di Senayan
City pukul 5 sore. XL Xplore di lantai 4 belum ramai, saya-pun menunggu di foodcourt sambil menikmati Mocca Float. Tepat pukul 18.30 saya
kembali ke XL Xplore, sudah terlihat lebih dari 10 orang berada di lokasi
acara. Mendaftar ulang dan nama saya berada di urutan 70 pertama yang berarti
mendapatkan goodiebag produk Kryolan. Dalam sekejab ruangan penuh.
Karlina, teman saya datang bersama temannya. Sedangkan Sitie juga muncul dan
duduk di samping saya.
Acara dibuka tanpa harus lama
menunggu. Dibuka oleh MC, kemudian
gimmick yang salah satunya dimenangkan oleh Karlina...tuh, nggak dapat goodiebag tapi dapat hadiah juga
khan,Jeng...hehehe. Kemudian kata sambutan dari Pak Yudistira dari XL yang
menjelaskan program promo XL – khususnya mengenai 4G dan paket data. Moderator
malam itu adalah Mrs Ita Sembiring yang
seorang penulis. Wow,klop banget deh! Saya juga cukup mengenal karya-nya. Serta
pembawaannya malam itu sebagai moderator sangat luwes,walaupun harusnya
moderatornya dandan juga dong. Di dandanin pakek Kryolan gituh, khan ada keterkaitannya sama dunia theater karena
make up ini merupakan make up theater.
Di dandanin oleh Make Up Artis
sekaligus Beauty Blogger, Mrs Elrica
Donia, yang sangat bisa merias make up
theater ini untuk pemakaian natural alias dipakai sehari-hari kita
beraktifitas. Ini dibuktikannya di akhir acara.
Melissa berbagi ilmu dan pengalaman mengenai dunia MC
What's Master Ceremony? .... Miss Melissa sharing bla bla.... :) |
Bersyukur dalam hidup saya pernah
beberapa kali menjadi MC di beberapa acara, diantaranya menjadi MC di perumahan
Bea dan Cukai Surabaya, event gathering
komunitas penerbangan di salah satu cafe di Kebayoran Jakarta Selatan dan juga
acara resepsi pernikahan di masjid daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan. Selain
saya menjadi pembicara dan mengajar di berbagai acara dan lembaga pendidikan.
So, sangat bermanfaat dong jika saya mendapatkan ilmu dan pengalaman dari
seorang MC seperti Melissa Cipao yang jam terbangnya sudah tinggi dan
bersertifikasi. Bahkan ia sudah menguji calon MC dalam uji kompetensi MC.
Dijelaskan persiapannya di backstage sebelum tampil di stage, yakni :
Ontime, check sound, latihan pernafasan, tidak emosional, pandai beradaptasi,
baca rundown berulang-ulang.
Setelah Melissa Cipao membagi
ilmu di dunia public speaking – khususnya MC, kemudian Elrica Diona - Owner Pinkbuble in da house! mulai
berbagi ilmu dan pengalaman sebagai Beauty
Blogger yang selama 2 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai Mary
Chia The Best Beauty Blogger in Singapore.
How to run best beauty blog?
Be passionate
Commited
Knowledgeable
Be Yourself
Take good photos
Active in social media
OWN MEDIA KIT
Diatas terdapat point OWN MEDIA
KIT yang sangat penting. Memangnya apa sih ‘MEDIA KIT’ tersebut. Kalau menurut saya ini semacam port folio atau
CV blog kita. Terdiri dari : Who we are,
what we write, what is our stats, who are our target market dan collaboration partner.
How to the best beauty blogger?
Respect yourself, people and the
brand
Have a good work ethic
Manage your posting schedule
Have a good attitude
Sessie tanya jawab dimulai.
Banyak pertanyaan menarik dilontarkan oleh peserta yang sebagian besar adalah Make Up Artist dan Beauty Blogger. Seperti biasa, ada yang menanyakan pentingnya domain dot com alias domain berbayar
bagi seorang blogger. Jawaban dari the best beauty blogger in Singapore ini-pun sama dengan pendapat saya pribadi
yang masih menggunakan blogspot sebagai “nyonya rumah” bagi blog kami. Masih
nyaman dengan blogspot. Namun nggak salah juga blogger yang menggunakan domain
berbayar. Silakan saja. Tetapi untuk seorang Elrica bahwa dari blogspot ia
dapat berkembang seperti sekarang ini (Menjadi the best blogger di negeri maju,menjadi brand ambassador produk kecantikan asal Korea hingga “go
international” ke Tokyo Fashion Week,dll) diperolehnya berawal dari blogspot.
Yes! Saya juga sependapat, bagaimana saya lolos kurasi dari kurator Indonesian Fashion Week 2013 – juga
masih menggunakan blogspot.
Demo make up segera dimulai |
Talkshow berakhir, dilanjutkan demo make up oleh Elrica yang kali ini
berperan sebagai Make Up Artist. Dengan luwes ia mendandani seorang model dengan
beberapa produk Kryolan, TV Paint Stick
Negro 1 and Ivory for contouring and highlighting. Ternyata untuk membuat make up yang baik bukan berarti
mengulaskan 1 foundation ke seluruh
wajah. Terlebih dahulu kita harus memberi shading
atau mengulaskan sesuai “kebutuhan” warna dan bentuk wajah, contohnya ya
melakukan contouring dan highligting itu. Sebelumnya wajah model di beri primer yang berfungsi menutupi kerutan
atau bekas luka di wajah. Lipstik yang digunakan dipilih yang berwarna nude. Hasilnya memang wajah model nampak
lebih berkarakter, namun tetap terkesan natural. Ternyata cocok juga ya untuk
penggunaan sehari-hari?
Demo Make Up |
Saya jadi ngerti deh kenapa
penata rias dari salon di Rawamangun yang mendadani saya mengatakan bahwa
produknya Kryolan mereka dapatkan
dari luar negeri. Ternyata walaupun sudah ada sejak puluhan tahun yang lampai,
brand ini baru membuka retail counter pertamanya di Indonesia bulan Juni 2014. Belum
ada 2 tahun. Sampai sekarang juga baru ada retail counter di Plaza Indonesia
Level 1, dengan nama Glow Living Beauty. Sekedar
informasi, brand asal Jerman ini
sering menjadi the official make-up
bagi acara prestisius tingkat global, diantaranya Miss Universe 2009-2011.
Make up for demo |
Silakan mencoba dan beli :) |
Hanya ada 1 kritik yang saya
sampaikan dalam penyelenggaraan event
ini, yakni mohon beritahukan bahwa peserta harus makan terlebih dahulu sebelum
acara karena peserta tidak mendapat fasilitas makan/snack di waktu dinner. Jadi
saya nggak perlu menahan lapar dan haus deh...hehehe.. Acara bertepatan dengan waktu makan malam, sangat
sayang kalau saya meninggalkan tempat untuk membeli makanan atau minuman.
Sungguh, saya bukan berharap makan gratis jika hadir di suatu acara yang
ilmu-nya sangat bermanfaat dan seperti acara Passion & Fame yang
disponsori juga oleh Coco
Milagro, Soleil Works dan Gorry Gourmet, tetapi sebaiknya penyelenggara memberitahukan
sebelumnya :) Akhirnya tanpa berfoto ria dengan pengisi acara saya langsung
kabur karena khawatir restorant keburu menutup ‘last order’-nya.
Malam itu saya dan Sitie mendapat
souvenir berupa Eye Shadow Compact Matt...waaaw, suka dengan warna yang saya
dapatkan. Semoga segera saya gunakan “Make-up is a science”. Jleb banget yach
tagline-nya? Hehehe...
No comments:
Post a Comment