Friday 26 February 2016

XPLORING Passion and Fame : Master Ceremony and Beauty Blogger

Kryolan, satu brand make up professional yang pernah saya gunakan pada acara adat pernikahan kerabat saya di tahun 2011. Saat itu perias kami, dari salah satu salon di Rawamangun menanyakan brand make up apa yang ingin saya gunakan. Dia-lah yang memperkenalkan saya dengan brand asal Jerman ini, menurut-nya brand ini memiliki daya tahan yang baik-khususnya setelah mengambil air wudhu dan shalat. Katanya saya tidak perlu touch up berlebihan, bahkan setelah mengambil air wudhu atau berkeringat wajah akan terlihat lebih glowing. Ah masaq sih? Saya-pun memilih Kryolan ketika itu. Padahal tuh brand ini ada sejak tahun 1945...aih, seumuran sama Indonesia dong yach?


Benar, saya merasa cocok saat menggunakannya. Namun beberapa kali saya menelusuri mall di Jakarta, saya tidak menemukan brand ini dijual. Mencari di internet? Belum kepikiran karena image saya ketika itu adalah penggunaan brand ini hanya saat acara tertentu, bukan make up harian. Hingga di grup Indonesian Beauty Blogger ada yang posting acara XPLORING Passion and Fame dengan pembicara Elrica Diona (The Best Beauty Blogger in Singapore tahun 2012 dan 2013) dan Melissa (Master of Ceremony). Saya stalking siapakah Elrica di FB-nya...wah ternyata saat ini The Best Beauty Blogger Singapore ini sudah stay di Auckland New Zealand. Kebetulan saya juga sedang tune in di komunitas NZ Blogger dan tanggal 13 Februari 2016  diselenggarakan NZ Beauty Talk 2016 di Auckland. Saya langsung mendaftar mengikuti event ini melalui Elrica, serba klop disamping brand Kryolan dan speaker-nya, saya juga pelanggan provider telekomunikasi XL yang sudah lebih dari 13 tahun tidak pernah berganti nomor!
Horaaay, Jeng Karlina dapet hadiah!
Hari H saya telah tiba di Senayan City pukul 5 sore. XL Xplore di lantai 4 belum ramai, saya-pun menunggu di foodcourt sambil menikmati Mocca Float. Tepat pukul 18.30 saya kembali ke XL Xplore, sudah terlihat lebih dari 10 orang berada di lokasi acara. Mendaftar ulang dan nama saya berada di urutan 70 pertama yang berarti mendapatkan goodiebag produk Kryolan. Dalam sekejab ruangan penuh. Karlina, teman saya datang bersama temannya. Sedangkan Sitie juga muncul dan duduk di samping saya.
Acara dibuka tanpa harus lama menunggu. Dibuka oleh MC, kemudian gimmick yang salah satunya dimenangkan oleh Karlina...tuh, nggak dapat goodiebag tapi dapat hadiah juga khan,Jeng...hehehe. Kemudian kata sambutan dari Pak Yudistira dari XL yang menjelaskan program promo XL – khususnya mengenai 4G dan paket data. Moderator malam itu adalah  Mrs Ita Sembiring yang seorang penulis. Wow,klop banget deh! Saya juga cukup mengenal karya-nya. Serta pembawaannya malam itu sebagai moderator sangat luwes,walaupun harusnya moderatornya dandan juga dong. Di dandanin pakek Kryolan gituh, khan ada keterkaitannya sama dunia theater karena make up ini merupakan make up theater. Di dandanin oleh Make Up Artis sekaligus Beauty Blogger, Mrs Elrica Donia, yang sangat bisa merias make up theater ini untuk pemakaian natural alias dipakai sehari-hari kita beraktifitas. Ini dibuktikannya di akhir acara.
Melissa berbagi ilmu dan pengalaman mengenai dunia MC

What's Master Ceremony? .... Miss Melissa sharing bla bla.... :)
Bersyukur dalam hidup saya pernah beberapa kali menjadi MC di beberapa acara, diantaranya menjadi MC di perumahan Bea dan Cukai Surabaya, event gathering komunitas penerbangan di salah satu cafe di Kebayoran Jakarta Selatan dan juga acara resepsi pernikahan di masjid daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan. Selain saya menjadi pembicara dan mengajar di berbagai acara dan lembaga pendidikan. So, sangat bermanfaat dong jika saya mendapatkan ilmu dan pengalaman dari seorang MC seperti Melissa Cipao yang jam terbangnya sudah tinggi dan bersertifikasi. Bahkan ia sudah menguji calon MC dalam uji kompetensi MC.
Dijelaskan persiapannya di backstage sebelum tampil di stage, yakni : Ontime, check sound, latihan pernafasan, tidak emosional, pandai beradaptasi, baca rundown berulang-ulang.
Setelah Melissa Cipao membagi ilmu di dunia public speaking – khususnya MC, kemudian Elrica Diona - Owner Pinkbuble in da house! mulai berbagi ilmu dan pengalaman sebagai Beauty Blogger yang selama 2 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai Mary Chia The Best Beauty Blogger in Singapore.

Beberapa hal yang di sharing olehnya adalah :
How to run best beauty blog?
Be passionate
Commited
Knowledgeable
Be Yourself
Take good photos
Active in social media
OWN MEDIA KIT
Diatas terdapat point OWN MEDIA KIT yang sangat penting. Memangnya apa sih ‘MEDIA KIT’ tersebut. Kalau menurut saya ini semacam port folio atau CV blog kita. Terdiri dari : Who we are, what we write, what is our stats, who are our target market dan collaboration partner.

How to the best beauty blogger?
Respect yourself, people and the brand
Have a good work ethic
Manage your posting schedule
Have a good attitude

What are the perks?

Sessie tanya jawab dimulai. Banyak pertanyaan menarik dilontarkan oleh peserta yang sebagian besar adalah Make Up Artist dan Beauty Blogger. Seperti biasa, ada yang menanyakan pentingnya domain dot com alias domain berbayar bagi seorang blogger. Jawaban dari the best beauty blogger in Singapore  ini-pun sama dengan pendapat saya pribadi yang masih menggunakan blogspot sebagai “nyonya rumah” bagi blog kami. Masih nyaman dengan blogspot. Namun nggak salah juga blogger yang menggunakan domain berbayar. Silakan saja. Tetapi untuk seorang Elrica bahwa dari blogspot ia dapat berkembang seperti sekarang ini (Menjadi the best blogger di negeri maju,menjadi brand ambassador produk kecantikan asal Korea hingga “go international” ke Tokyo Fashion Week,dll) diperolehnya berawal dari blogspot. Yes! Saya juga sependapat, bagaimana saya lolos kurasi dari kurator Indonesian Fashion Week 2013 – juga masih menggunakan blogspot.
Demo make up segera dimulai
Talkshow berakhir, dilanjutkan demo make up oleh Elrica yang kali ini berperan sebagai Make Up Artist. Dengan luwes ia mendandani seorang model dengan beberapa produk Kryolan, TV Paint Stick Negro 1 and Ivory for contouring and highlighting. Ternyata untuk membuat make up yang baik bukan berarti mengulaskan 1 foundation ke seluruh wajah. Terlebih dahulu kita harus memberi shading atau mengulaskan sesuai “kebutuhan” warna dan bentuk wajah, contohnya ya melakukan contouring dan highligting itu. Sebelumnya wajah model di beri primer yang berfungsi menutupi kerutan atau bekas luka di wajah. Lipstik yang digunakan dipilih yang berwarna nude. Hasilnya memang wajah model nampak lebih berkarakter, namun tetap terkesan natural. Ternyata cocok juga ya untuk penggunaan sehari-hari?

Demo Make Up
Saya jadi ngerti deh kenapa penata rias dari salon di Rawamangun yang mendadani saya mengatakan bahwa produknya Kryolan mereka dapatkan dari luar negeri. Ternyata walaupun sudah ada sejak puluhan tahun yang lampai, brand ini baru membuka retail counter pertamanya di Indonesia bulan Juni 2014. Belum ada 2 tahun. Sampai sekarang juga baru ada retail counter di Plaza Indonesia Level 1, dengan nama Glow Living Beauty. Sekedar informasi, brand asal Jerman ini sering menjadi the official make-up bagi acara prestisius tingkat global, diantaranya Miss Universe 2009-2011.

Make up for demo

Silakan mencoba dan beli :)


Hanya ada 1 kritik yang saya sampaikan dalam penyelenggaraan event ini, yakni mohon beritahukan bahwa peserta harus makan terlebih dahulu sebelum acara karena peserta tidak mendapat fasilitas makan/snack di waktu dinner. Jadi saya nggak perlu menahan lapar dan haus deh...hehehe.. Acara  bertepatan dengan waktu makan malam, sangat sayang kalau saya meninggalkan tempat untuk membeli makanan atau minuman. Sungguh, saya bukan berharap makan gratis jika hadir di suatu acara yang ilmu-nya sangat bermanfaat dan seperti acara Passion & Fame yang disponsori juga oleh  Coco Milagro, Soleil Works dan Gorry Gourmet, tetapi sebaiknya penyelenggara memberitahukan sebelumnya :) Akhirnya tanpa berfoto ria dengan pengisi acara saya langsung kabur karena khawatir restorant keburu menutup ‘last order’-nya.
Malam itu saya dan Sitie mendapat souvenir berupa Eye Shadow Compact Matt...waaaw, suka dengan warna yang saya dapatkan. Semoga segera saya gunakan “Make-up is a science”. Jleb banget yach tagline-nya? Hehehe...

No comments:

Post a Comment