Sunday 14 February 2016

Ngopi Bareng Tiket.com : Peluang Bisnis Travel Agent Online Untuk Blogger

Semua orang pasti suka traveling. Eeeeh, ternyata belum tentu loh! Kerabat saya ada yang sama sekali nggak suka traveling. Tetapi jangan salah sangka ia belum pernah kemana-mana, karena tempatnya bekerja justru sudah menugaskannya dari Sabang sampai Meurauke. Bahkan ia sudah beberapa kali ke tanah papua. Ternyata ia sering ditugasi juga untuk membeli tiket pesawat dan voucher hotel untuk rekan-rekannya apabila sedang bertugas ke luar kota. Kerabat saya ini freak terhadap IT, baik itu gadget yang dibawa kemanapun ia pergi atau PC di kantornya. Dari sini saya berpikir bahwa orang yang tidak suka traveling ternyata masih dapat menjadi sasaran pasar bagi pelaku bisnis travel agent, apalagi yang online



Saya yang mendapat “warisan” gemar berwisata dari Ayah pernah memiliki niat untuk membuka travel agent. Modal tempat sudah tersedia, tetapi beberapa tahun lalu harus memberikan deposit ke airlines yang akan kita agenin. Let’s say kita ingin menjadi agent tiket Adam Air, Mandala Air, Jatayu, Bouraq maka kita harus menyetor jaminan ke setiap airlines company tersebut. Duh, perlu modal berapa nih? Margin keuntungannya juga tiris. *Jadul banget gak sih saya ngasih nama airlines-nya?...hehehe...secara airlines yang saya sebutkan itu sudah tidak beroperasi lagi.*
Di era serba online seperti sekarang, sempat terlintas membuka travel agent kembali. Sebagai tahap awal mengikuti program affiliasi. Sedang mempertimbangkan travel agent online mana yang asyik untuk saya bergabung. Hingga sebuah text di WA muncul, teman saya memberi informasi acara yang akan diadakan oleh Tiket.
Tanpa berpikir kedua kalinya saya langsung mendaftar untuk mengikuti seleksi peserta "Ngopi Bareng Tiket.com :Hasilkan Uang Lewat Blogmu!" . Jiaaah, berasa ndaftar Putri Pariwisata Indonesia 2016 aja nih! Horaaay, saya mendapat email bahwa saya terpilih sebagai 50 peserta acara #NgopiBarengTiket . Terseleksi dari 200 pendaftar!*Percaya, karena beberapa teman saya ada yang tidak mendapat email undangan...hehehe...
Sabtu, 13 Februari 2016 saya tiba di Hong Kong Cafe pukul 12 siang, ruangan telah riuh oleh puluhan peserta – bahkan nyaris penuh. Ini kedua kalinya saya berkunjung ke tempat makan ini, pertama kali dinner bersama beberapa anggota keluarga besar saya (Baca : The Last Dinner in 2011 : Hong Kong Cafe). Setelah registrasi kami dipersilakan makan siang dan shalat Dzuhur (Thank’s,Panitia yang telah memperhatikan hal seperti ini). Pukul 12.30 acara di buka oleh MC disusul oleh Mrs.Nuniek Ardianto berbicara sebagai moderator. Pertama kali saya bertemu Mrs.Nuniek di acara Buka Bareng Blogger Grand Indonesia (Baca : Buka di Tempat Bersejarah, Jun Njan Seafood Restaurant at Grand Indonesia ) .

Moderator and Speakers
Pembicara pertama adalah Mr.Gaery Undarsa, Co Founder/CCO Tiket.com .Kecintaannya yang sangat terhadap Indonesia membuat beliau kembali ke tanah air pada tahun 2011 setelah bermukim di Canada selama 10 tahun. Bekerja di IBM Canada bukanlah suatu hal yang mudah untuk diterima, namun kecintaan terhadap Indonesia dan melihat prospek yang cerah akan pasar di Indonesia-lah yang akhirnya membuat beliau mendirikan Tiket.com, industri travel online yang 100% dimiliki oleh Indonesia. Sudah 4 tahun tiket.com beroperasi dan memiliki 250 employees. Menurutnya potensial market di industri ini di tahun 2015 dapat mencapai $25-30 billion. Wow!
Setelah Mr,Gaery sharing mengenai company profile dari tiket.com maka tampillah Mrs.Indah Juliani Sibarani. Dalam profile-nya beliau merupakan Co Founder Kumpulan Emak Blogger serta Community & Social Media Enthusiast. Beliau menjelaskan mengenai seluk beluk blogging. Memaparkan bahwa blog adalah merupakan branding diri (makanya jangan copy paste), menunjukkan personality dan integrity blogger tersebut. Beberapa saran dari Mak Indah adalah kita harus dapat menjual diri di “about me” yang terdapat di blog kita, kemudian theme blog harus responsif terhadap mobile.
Ada beberapa cara bagi blogger untuk memonitize blognya, yakni : Program Affiliasi, Google Adsense, Placement, Black Link Review dan Paid Content (Artikel Review, Product/Brand Review).
Dari berbagai cara menghasilkan uang melalui blog, siang itu kami lebih memperdalam lagi materi mengenai “Program Affiliasi”. Pendalaman mengenai peluang bisnis di industi agen wisata ini dibagi oleh Mr.Novasta, Head B2B Tiket.com . Nah salah satu-nya adalah Tiket.com yang memberikan peluang bisnis bagi blogger untuk bergabung mengikuti program ini dengan memasang widget di blog-nya. Cara asyik yang bisa mendatangkan passive income! Seperti apa yang dikatakan oleh Mak Indah bahwa kita sangat disarankan meng-endorse apa yang kita sukai, atau menurut Mrs Nuniek sebagai moderator bahwa “Jangan endorse sesuatu yang tidak sesuai dengan value kita”, maka tiket.com adalah satu jasa atau produk yang merupakan passion saya, yakni “Journey” yang membutuhkan elemen transportasi (Pesawat terbang, kereta api, mobil), akomodasi (hotel) serta event and attraction (Hiburan, wahana wisata,dll). Karena “sibuk” menjalankan kegemaran jalan-jalan ini-lah maka saya agak tidak memiliki waktu banyak untuk update blog *hahaha...alesan deh ah!*, oleh karenanya saya sangat tertarik dengan program yang ditawarkan oleh tiket.com. Selama ini kakak saya yang sering melakukan booking melalui Tiket.com . Woho, berarti saya bisa “buka” travel agent di beberapa lokasi dong, yakni di : Cinta Wisata Kita dan BeritaKuliner selain blog ini. Untuk website wisata Indonesia berbayar rencananya akan dipasang widget Tiket.com dengan ID kakak atau rekan bisnis kami. 

Foto Bersama di Akhir Acara (Foto : Tiket.com)

Wah, berarti dengan mengikuti #NgopiBarengTiket ini maka impian saya untuk memiliki usaha travel agent segera tercapai. Tahap awal dengan join sebagai affiliasi-nya terlebih dahulu. Setelah melihat perkembangannya (dari berbagai sisi termasuk waktu) baru deh saya akan bergabung dengan program peluang bisnis lainnya dari Tiket.com, Offline Agent Reseller menggunakan DOTA (Distribution Online Tiket.com Agent) , jadi merupakan kombinasi bisnis online dan offline . Dengan bekerjasama dengan Tiket.com juga mempermudah saya jika membeli segala hal yang diperlukan dalam journey saya. Cepat mengetahui promo yang ada pula. Bahkan di bulan Maret 2016 Tiket.com akan meluncurkan program komisi baru bagi affiliate partner-nya. Contoh affiliate partner sukses siang itu dapat kita dengarkan dari Mr.Adam yang tidak menengok web-nya selama beberapa bulan ternyata web-nya menghasilkan dengan baik. Ya, doa-kan saja saya juga bisa melebihi sukses beliau, supaya bisa keliling dunia lagi dan berwisata plus belajar di beberapa negara yang belum saya kunjungi...hehehe....Colak colek kerabat saya juga yang diawal tulisan saya ceritakan supaya kantornya jika akan membeli keperluan dinas ke daerahnya booking dari blog saya...Yeaay,mendapat passive income dari nge-blog! Bersyukurlah buat kamu yang nge-blog karena passion :)
Mak Indah sempat memberi slide kuota dari CLOE SOCIAL : Blogging is something that you will only succeed,at if you are 100 % passionate about it.

No comments:

Post a Comment