Friday 4 September 2015

Event : Google Bisnis Go Online

Sebagai salah satu pelaku bisnis UKM, saya mendapatkan undangan dari Google Indonesia untuk hadir dalam ‘Google Bisnis Go Online’ yang diadakan di Aryaduta Hotel depan Tugu Tani Jakarta Pusat tanggal 20 Agustus 2015 jam 9 pagi. Lokasi berlangsungnya acara sangat strategis bagi saya. Paling hanya 15 menitan kalau nggak macet di area Senen. Praktis-nya lagi nih, saya berangkat dengan memesan GoJek melalui tablet yang masih promo dan kredit saya-pun masih numpuk. Ternyata 20 menitan saya sudah tiba di lokasi. Turun di pintu gerbang hotel disaksikan oleh para security yang menyambut ramah. Benar-benar ramah, walaupun kentara sekali saya turun dari ojeg! Biasanya kalau saya naik mobil pribadi justru diperiksa buka sana sini tuh. Malah pernah tuh di hotel berbintang 5 saya dari dalam mobil pribadi jerit-jeritan gara-gara anjing pelacak-nya mau lompat masuk melalui pintu bagasi. Kali ini tanpa diembus-embus anjing pelacak dan tanpa ribet cari parkir saya memasuki lobby. Ternyata peserta ‘Google Bisnis Go Online’ telah berbaris dengan rapih, mengular antri registrasi ulang. Alhamdulillah, cukup tertib, walaupun saya sempat melirik syirik ke meja registrasi media yang sepi. Akhir-akhir ini saya sering hadirnya sebagai media atau blogger, jadi seolah registrasi di meja peserta sudah tidak menjadi kebiasaan...hehehe...

Bpk Rudiantara (Menteri Kominfo RI) in action. Duduk di depan saya...tadinya saya niat jahil untuk colek2 tuh...:P

Setelah registrasi ulang kami masuk ke ruangan. Saya langsung duduk paling depan, di deretan kedua, sedangkan di deretan pertama adalah kursi para pembicara. Sambil menanti peserta lainnya saya mengambil beberapa jajanan dan secangkir kopi. Oh ya, sebenarnya di undangan saya boleh mengajak 1 orang teman, tetapi teman yang diajak juga harus memiliki UKM dan juga terdaftar. Sayangnya karena waktu mepet, saya tidak sempat mengajak teman memiliki UKM (Ngajak seorang teman Blogger, tapi dianggapnya materi-nya terlalu “berat”). Padahal ilmu yang di-sharing sangat bermanfaat. Saya sempat berkenalan dengan beberapa peserta pria yang hadir, sebelah saya duduk seorang pria yang memiliki usaha aplikasi untuk online shop, mengajar homeschooling karena dia sarjana pendidikan dari universitas negeri di Indonesia, wawasan IT-nya saya nilai (Ketika kami mengobrol) diatas rata-rata. Ternyata dia nyambi menjadi driver GoJek!
Acara dibuka oleh Ibu Shinto Nugroho,Head of Public Policy & Government Relations, Google Indonesia. Kemudian Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berbicara mengenai konsesn pemerintah RI untuk IT. Beliau dengan santainya membahas mengenai internet di Indonesia yang kemudian dikaitkan dengan UKM.

Saya action di depan logo Google,,,eh per-September 2015 logo Google berubah yak!

Setelah Bapak Rudiantara berbicara, maka hadir di stage 3 pembicara dari Deloitte, yakni : Ibu Claudia Lauw Lie Hoeng (President Director of PT Deloitte Konsultan Indonesia), Bapak (Atau Mister) Dr. Ric Simes (Director, Deloitte Access Economics) dan Mr. John O'Mahoney (Director, Deloitte Access Economics).Mereka bertiga mempresentasikan laporan.Laporan ini membahas hasil riset terbaru yang menyoroti pengaruh digital terhadap UKM dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Empat UKM yang sukses juga hadir dalam panel diskusi pembahasan hasil riset ini ,yakni :
Brodo (http://bro.do.en/) , Holycow! Steakhouse by Chef Afit, HijUp (http://hijup.com/) , 8Villages (http://www.8villages.com/) . Mereka berempat sharing wawasan dan pengalaman dari awal mereka membangun bisnis hingga sekarang dianggap telah sukses di UKM.  Banyak hal menarik yang mereka sampaikan, seperti Yuka, founder Brodo yang mengatakan bahwa footware Indonesia memiliki market terbesar di dunia, kemudian dari 8 Villages yang membuat social media bagi petani, nelayan dan pengusaha mikro, dijembatani ke para ahli di universitas atau kementrian.

Coffee Time and Lunch Meal

Sharing hari itu sangat menarik. Hanya waktunya kurang lama, hanya sekitar 2-3 jam. Setelah itu kami makan siang prasmanan bersama. Pulangnya, peserta mengisi dan mengembalikan questionnaire ke meja registrasi diberikan flashdisk Google. Alhamdulillah, makin banyak aja nih flashdisk saya...hehehe...

No comments:

Post a Comment