Saturday 2 June 2012

Rujak Penganten @ YUKMAKAN.COM Culinary Adventure

Kalau ditinjau ulang, ternyata hidup saya penuh warna keceriaan ya. Berpikir demikian salah satunya karena malam menjelang Yukmakan.com Culinary Adventure saya dan Widya tengah malam masih membahas mengenakan kebaya Betawi jadul. Berasa-nya malah kami seperti mau Kartini-an! Seharian hangout en ngemall pakek kebaya encim nan jadul?? Bermimpi-pun tidak pernah ;-D Sama seperti nggak pernah ngebayangin sok ber-Marilyn Monroe di mall dan lari pakek sepatu highheels dilombakan (Fun With Your Heels).
Saya dan Kakak  in action ala Kampoeng Tempoe Doeloe
SMS dari Widya 19/05/2012 jam 23:45 : Aku udah sesetel kebaya encim hijau mbak,rok&selendangnya betawi bgt,tappi ngepret,nt mbak ana liatin ya pantesan yg mana,mbak ada kunciran gede buat sanggul gak?

SMS dari Mpok Yuli 20/05/2012 jam 06:57 : Sorry,smlm gw udh tidur.Gw cm punya kain bawahan doank.Bawain ajah baju atasannya yak, gw sama skali gak punya.Gw gak punya stagen,tp pake streples ajah. (*hah,gini nih kakaknya None Jakarta Utara? ;p)

SMS Mpok Yuli yang bikin saya jadi membawa beberapa kebaya jadul milik nyokap en kebaya brokat milik Mbak Lien. Saya sudah langsung pakai dress sesuai dresscode (Betawi Jadul) dari rumah, kemudian diantar Mbak Lien dengan Gallant-nya Bimo setelah menjemput Mbak Nana. Saat saya berkemas ibu sempat heboh, nyaranin saya pakek ini dan itu.Lah,Mak, aye emang mau bergaye jadul kali ini.Kagak peduli dah kalau nanti ketemu 1001 gebetan juga ane dalam kondisi jadul ginih!
Jadul bukan berarti jelek yak! Selain saat upacara Siraman dan Pengajian Pernikahan Galuh kebaya yang saya pakai pernah saya gunakan shooting Smart Space Toon TV.


Ya kali ini group kami berjumlah 4 orang, terdiri dari saya (Sebagai Ketua Hunter), Mpok Yuli, Mbak Nana en Widya. Baru di mobil saya dan Mbak Nana memutuskan nama grup kami, yakni : Rujak Penganten.Itu loh 'Salad Betawi' yang mirip dengan Gado Gado. Lagian supaya kami yang pengen jadi pengantin segera terkabulkan ;-D Mendingan itu khan daripada kami memberi nama grup dengan Roti Buaya...buussyyeet!


Sebenarnya saya lebih cocok posting tentang event ini di blog saya : BERITA KULINER , tetapi karena keberagaman event en yang saya bahas bukan sekedar kuliner-nya maka saya juga mempostingnya di blog ini.

OPENING , Get T Shirt



Acara dibuka jam 11. Ngaret 1 jam nih yee...eit, tapi saya mengerti bahwa yang ngaret tuh pesertanya kok. Karena saya datang sebelum jam 10 dan panitia registrasi sudah berada di tempatnya. 
Ketika Bu Aleta selaku komandan yukmakan.com mengatakan bahwa kami terpilih dari 18.000 peserta saya tercengang-cengang, sambil sok berekspresi ala putri kampung yang terpilih jadi Miss Universe,"Oh My God, I can't believe this...Oh really??!" . Mpok Yuli nyeletuk,"Pakek dukun mane?". Blah? Kalau pakek dukun mah mending ane nyalonin diri jadi gubernur DKI bulan Juli depan sekalian! ;p

Setelah pihak penyelenggara menyampaikan rangkaian kata sambutan, maka kali ini pihak sponsor - yakni : Prolipid mengadakan Interactive Talkshow : Yuk Makan Enak Tanpa Takut Kolestrol. Mpok Yuli sempet nyeletuk kalau almarhum ayahandanya mengkonsumsi Prolipid. Seperti biasa, setelah talkshow diadakan games berhadiah. Saya berhasil menjawab pertanyaan : Apa nama Twitter dari Prolipid?? Setelah kami berempat berteriak "Rujak Penganten" maka MC mendekati meja kami, kemudian saya menjawab : @prolipid_ Jawaban benar, dan saya mendapatkan goodiebag berisikan kaos Prolipid. Alhamdulillah....

Hunter, Culinary Adventure @ Kampoeng Tempo Doeloe



Petualangan kuliner segera dimulai. Saya sebagai Ketua Hunter menerima voucher berbentuk uang jadul dari Yukmakan.com sejumlah 200 yang nilainya Rp 200.000 ,- . Langsung saya bagikan ke kami berempat, so masing-masing mendapatkan 50 yang dapat kami gunakan untuk membeli makanan dan minuman di Kampoeng Tempo Doeloe . Dalam tempo 1 jam kami diberi kesempatan untuk berpetualang kuliner serta membuat video sekitar untuk diikut sertakan di Video Contest. Tapi sungguh, matahari nan terik membunuh ambisi saya untuk bersungguh-sungguh membuat video yang hanya diperlukan waktu 2 menit! Padahal membuat video gini khan salah satu skills saya ;-D Bahkan udah lumayan expert-lah, bahkan awalnya saya berniat membawa handycam atau camera pro...hhmmm, tapi panitia yang menelpon mengatakan saya hanya boleh menggunakan handphone. Sedangkan hape ZTE saya cable data-nya entah diletakkan dimana, hingga akhirnya saya meminjam IPhone-nya Abimanyu.Sudah dengan device-nya kagak familiar, matahari nan terik...so saya cuma bersemangat meramaikan acara saja deh. Toh hadiahnya "hanya" ke Bali, dan saya sudah mabok duluan dengar kata tersebut...hahaha, maklumlah saya pernah tinggal disana sampai gak ngerti lagi apalagi aktifitas yang bisa saya kerjakan disana selain berjemur dipantai :D Selain itu andai memaksakan diri dibawah terik matahari...waaah,sayang face serum yang saya pakek ah.Khan harganya lebih tinggi dari tiket LCC ke Bali ;-D

Saya membantu nge-shoot Mpok Yuli, walaupun hasilnya seperti lagi gempa bumi toh hasil video yang saya shoot itu berhasil masuk ke 20 Video Terbaik :)
Sedangkan video milik saya pribadi hanya bergambarkan Nasi Bakar Teri + 2 Sate Telor Puyuh dari stand Bu Broto Kampoeng Tempo Doeloe.Blas nggak ada saya-nya sebagai pemain film ;p
2 Pemenang Contest bernama sama, yakni Ratna. Sedangkan Pemenang Favorite bernama Brian. Beuh,ngerti gini sih saya pakek nama Ratna aja ya, barangkali nama Ratna memang nama keberuntungan '=D

Create Ice Cream Competition by Hageen Dazs


Ice Cream dekorasi Rujak Penganten : YANG TENGAH 

Awalnya kami menyaksikan Demo Decor Ice Cream dari Chef Anwar dan Chef Lia (Keduanya dari Hageen Dazs) yang mendemokan 2 menu, pertama Sushi Ice Cream, produk baru dari HD yang kemudian dibagikan kepada peserta. Sedangkan menu ke-2 adalah Brownies Celebration.
Pada sessie ini Grup Rujak Penganten, diwakili oleh Widya mendapatkan hadiah Directory Yukmakan.com karena menjawab pertanyaan mengenai 2 nama chef yang mendemokan ice cream decoration.
Kemudian seluruh group diharuskan mengikuti Create Ice Cream Competition. Seru! Semua anggota group berbaris, kemudian bergiliran merias es krim dengan waktu per-10 detik, sedangkan total waktu yang diberikan kepada kami adalah 2 menit. Ada 3 grup pemenang dari 26 group yang ikut. Sayangnya kami kurang kordinasi, padahal untuk menang gampang tuh...hehehe. Menang nggak penting, yang penting kami senang :)

Talkshow by Pak Bondan Winarno
Mbak Nana lihat dari tweet-nya Pak Bondan sedang berada di Semarang. Lah rasanya agak aneh ya kalau beliau sampai gak datang dan panitia tidak mengumumkan sejak awal? Tetapi yang ditunggu akhirnya muncul juga. Beliau datang ketika hari telah masuk ke sore.Mungkin baru melesat dari airport :D
Pak Bondan tampil menjadi pembicara didampingi oleh Pak Soegi dari Summarecon. Pembicaraan sore ini membahas mengenai "Mindfull Eating". Sayangnya camdig saya low batt,jadi gak bisa moto2 deh.

Rujak Penganten : Juara I YelYel Terbaik


Acara diakhiri dengan YelYel setiap group (Tentunya sebelum foto bersama dan pengumuman lomba dekorasi ice cream, YelYel Terbaik dan Best Costum). Saat diberitahukan ada yelyel kami udah memikirkan lagu apa aja yang akan kami nyanyikan. Mbak Nana nyaranin pakek lagu Iwak Peyek sedangkan saya nyaranin ada unsur Betawi-nya...jadilah sore itu kami mengejutkan orang-orang yang berada di Mini Square La Piazza.Bagaimana nggak? Kami yang awalnya terlihat tenang dan masuk intro lagu Betawi yang tenang tiba-tiba joged-joged (full goyang jempol,pinggul, kepala dan saya menggebrak-gebrak meja dengan botol air mineral).Dengan semangat 45 kami berjoged dan bernyanyi...
Iwak Peyek...Iwak Peyek....Iwaaaak Peeyyyeeeekkk ...Rujak Penganteeeennnn...
Sampek tueeek...sampek tueee...yukmakan.com yang penting enaaaaakkk *sambil ngegoyangin 2 jempol en ngelenggokin pinggul ganjen.
Pak Bondan sampai melongo ya,Pak? ;D Selesai YelYel applaus untuk kita ramai banget! Plus diketawa'in sama semua-nya...hahaha. Kami mah cuek, tapi saya baru berasa malu-nya saat sudah di rumah. Ih gilak banget ya kite? ">
Walaupun gak sia-sia , kami meraih gelar Juara 1 alias The Best YelYel dan memperoleh hadiah voucher makan Rp 400.000 ,- di Kenny Rogers...yeeaaayyy....


Foto di akhir acara (Foto milik  yukmakan.com)

Kesimpulan :
  • Acara ini seru abiiiis : Unik, mengangkat kuliner Indonesia namun unsur international (ice cream) tetap harus ditampilkan. Ilmu kesehatannya juga dapat menambah wawasan (Dari Prolipid). Pakar kuliner-nya juga tidak diragukan lagi, Bapak Bondan W.
  • Untuk The Best Costum sudah saya en Jeng Yuli tebak, Grup Gudeg yang terdiri dari 3 cewek berjilbab menggunakan seragam None Betawi dan 1 cowok (bulek, orang asing) yang mengenakan busana koko.Hahaha...spt kompeni dengan 3 selir-nya deh! *peace ^_^
  • Acara berlangsung hingga menjelang Maghrib (Seharian!)
  • Pulangnya saya dikasih goodiebag Electric Kettle Vizensa (Alhamdulillah,emang lagi butyh.)



No comments:

Post a Comment