Sunday 20 March 2016

Open House Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta

Acara-nya rame, dipandu oleh Mrs.Lia, MC Women Radio cantik yang juga mahasiswi program doktor Usahid

Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta menggelar Open House , selain mengadakan pameran pendidikan juga diselenggarakan Seminar Industri Komunikasi, Pariwisata & Kewirausahaan selama 2 hari , Jum’at tanggal 26 Februari 2016 dan Sabtu tanggal 27 Februari 2016. Ketika aspek tersebut (Komunikasi, Pariwisata dan Kewirausahaan) merupakan bidang yang teramat sangat saya minati. Seminar 2 hari tersebut juga sangat menarik materi-nya, yakni :
Hari Pertama : “Tantangan dan Relevansi Industri Komunikasi dan Pariwisata di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan pembicara para pakar yang pastinya sudah diragukan lagi, yakni Dra.SB Wiryanti Sukamdani,CHA (Anggota DPR) , Prof.Dr.Ahmad Sihabudin,M.Si (Pakar Komunikasi Lintas Budaya) dan Emar Pasha Amangku (Praktisi New Media).
Hari Kedua : “Tantangan Media Online dalam Pengembangan Industri Kreatif & Pariwisata” sebagai pembicara Mira Sahid (Founder Kumpulan Emak Blogger) dan Deka Amalia (Founder Women Script Community).

Saya berkesempatan hadir di hari kedua. Sebenarnya sayang juga nggak bisa hadir di hari pertama, karena saya yakin banyak ilmu yang bisa kita raih di dua hari ini di Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta, Satu-satunya PTS di Indonesia Penyelenggara Progran studi DOKTOR ILMU KOMUNIKASI. Keren khan?
Saya datang bersama Arum, seorang rekan blogger. Kebetulan pagi harinya kami juga menghadiri acara blogging di gedung Smesca. Dengan perjalanan nan lancar di Sabtu siang kami segera tiba di Sahid Sudirman Residence Lantai 5, kampus sekolah pascasarjana Universitas Sahid Jakarta. Lokasi sudah terlihat ramai, kami-pun antri untuk melakukan pendaftaran ulang. Kemudian kami masuk ke ruangan dengan menjinjing goodiebag bergambar khas sangat Indonesia. Wah saya naksir berat dengan goodiebag-nya...hehehe... Setelah itu kami mengambil snack yang juga khas Indonesia dan membawanya ke ruang seminar yang sudah mulai dipenuhi peserta .
Ada acara pameran, demo kecantikan dan pembagian doorprize...horeee saya dapat doorprize totok aura wajah di Dian Kenanga :)
Seminar hari ke-2 yang saya hadiri mengenai dunia blogging dan kepenulisan sangat menarik bagi saya. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan dunia komunikasi. Selain kedua pembicara yang sudah saya sebutkan diatas, juga terdapat pembicara pendamping dari Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid. Nggak tanggung-tanggung, kedua-nya bergelar doktor alias S-3! Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi kita yang menekuni bidang kepenulisan dan komunikasi. Doktor Ratih memaparkan mengenai era menurut Alvin Tofler, dimana era terbagi dalam beberapa waktu, yakni : Pertanian (Sumber Daya Alam), Industri (Sumber Daya Manusia), Informasi (Informasi) dan Industri Kreatif (Ide/Gagasan). Saat ini kita memeasuki era “Industri Kreatif” dimana Ide/Gagasan yang menjadi sumber kekayaan kita dalam menggali potensi.
Nah merurut Ibu Deka Amalia tulisan seseorang yang berasal dari ide/gagasan tersebut masuk dalam kategori “Industri Kreatif”. Nutrisi menulis adalah membaca. Orang banyak membaca biasanya kaya. Oleh karenanya kita harus rajin membaca! Sebelum memulai menulis maka kita harus mengetahui masalah yang menjadi hambatan kita untuk menulis, biasanya adalah : kurang membaca, malas berpikir dan tidak ada ide. Kembali lagi khan, kita harus membaca!
Sebagai bagian dari masyarakat agar penuh manfaat kita juga harus menuntut ilmu. Untuk ke jenjang yang lebih tinggi kita dapat belajar di Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid.

Peserta Seminar juga mendapatkan sertifikat
Kenali Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta yuuuk! Informasi yang saya dapatkan dari acara Open House siang hingga sore 27 Februari 2016 adalah : Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta berdiri pada tahun 1997 diawali dengan Program Magister Manajemen (MM) kemudian dilanjutkan dengan Progaram Magister Ilmu Komunikasi (MIK) pada tahun 2000 dan Program Ilmu Komunikasi (Strata 3) yang merupakan SATU-SATUNYA PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU KOMUNIKASI DI PTS INDONESIA tahun 2007. Program studi Doktor Ilmu Komunikasi ini memiliki akreditasi yang sama dengan program doktor komunikasi di universitas negeri papan atas di Indonesia loh!
Kurikulum program di Sekolahpascasarjana Universitas Sahid Jakarta disusun sesuai kebutuhan industri dan perkembangan saat ini hingga lulusannya dapat mengaplikasikan pendidikannya secara efektif dan menciptakan performa kerja di atas rata-rata.
PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN (MM) Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta memiliki konsentrasi /peminatan program studi, yaitu : Manajemen Pemasaran, Manajemen Pariwisata, Manajemen Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia.
PROGRAM MAGISTER ILMU KOMUNIKASI (MIK) Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta memiliki konsentrasi/peminatan program studi, yaitu : Komunikasi Korporasi (Public Relation), Manajemen Komunikasi dan Komunikasi Politik.
PROGRAM DOKTOR ILMU KOMUNIKASI (Strata 3) Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta memiliki konsentrasi/peminatan program studi, yaitu : Komunikasi Politik dan Diplomasi, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Media, Komunikasi Teknologi dan Informasi, Komunikasi Sosial Pembangunan.
KEUNGGULAN Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta : Terakreditasi BAN-PT, Lokasinya yang strategis, Sarana dan Prasarana fasilitas sendiri, Kompetensi Dosen, Berada di bawah Sahid Group yang sudah sangat berpengalaman di bidang pariwisata/bisnis/perhotelan dan bidang lainnya sejak dahulu, Masing-masing program studi memiliki kekhususan, Standarisasi ISO 9001:2008 dan IWA  2:2007.
WAKTU PERKULIAHAN juga sangat membantu agar kita tetap bekerja/beraktifitas di jam kerja : kelas reguler yang berlangsung 3 hari seminggu pada pukul 17.30 hingga 21.30 dan kelas weekend pada hari Jum’at jam 17.30 hingga 21.30 serta hari Sabtu jam 08.00 hingga 18.00
Tempat perkuliahan diselenggarakan di :
Sahid Sudirman Residence Lantai 5 , Jln Jend.Sudirman No 86 Jakarta Pusat 10220
Untuk info pendaftaran, bisa dihubungi ke telp (021) 290 22 721/724 Ext 109 atau Yulika Harahap 0818 134360
Saya tidak mengira loh, ternyata biaya perkulihannya sangat terjangkau.Bahkan dapat dilakukan cicilan dan ada diskon dengan syarat ketentuan yang ada. Untuk informasi lebih jelasnya, silakan hubungi nomer diatas ya :D

Acara yang dipandu oleh Ibu Lia, mahasiswi program doktor Universitas Sahid sangat seru sehingga hari beranjak sore kami merasa senang mendapatkan berbagai ilmu,wawasan dan keakraban dari acara ini. Barangkali sesuai dengan keakraban antara dosen dan mahasiswa serta civitas akademika yang ada di Pascasarjana Usahid. Sore itu selain kita lebih mengenal berbagai program-nya kita juga dibagikan aneka doorprize serta demo kecantikan dari Wardah Kosmetik. 

No comments:

Post a Comment