Friday 27 April 2012

Happy Saturday : Melangkah ke Karier Baru


Sebenarnya judul acaranya Siap Melangkah di Karier Kedua, tetapi saya khan Manusia 1001 Karier yang bukan penganut 'Single Karier', kalau 'Single Happy' sih memang benar! Mungkin ada peserta yang sempat melongo saat Pak Rhenald Kasali menanyakan dengan bergurau kepada saya,"Tetapi suami cuma satu khan?". Dengan semangat saya menjawab,"Belum punya suami...." Hahaha...really betapa happy-nya saya menjawab ini di komunitas majalah Pesona yang pembaca-nya berusia 35+
Saya berencana datang ke Kempinski Hotel pada acara ini sebenarnya ingin bersilaturahim dengan Rika, sohib di Auckland New Zealand. Tetapi ternyata Rika ketiduran...hahaha. Hikmahnya saya bisa dapat new network dan ketemu teman SMA!

Bpk Rhenald Kasali : Wirausaha Andal Strategi Memulai dan Mengelola Usaha
Pak Rhenald Kasali memulai talkshow sebagai Pembicara pertama. Di awal beliau menanyakan kepada hadirin siapakah diantara kami yang kalau pulang dari beraktifitas melalui jalan yang berbeda-beda setiap hari-nya. Diantara hadirin yang berada di Ballroom Kempinski Hotel pagi itu hanya saya seorang yang menunjuk tangan!!! Pak Rhenald Kasali menanyakan kepada saya kenapa saya melakukan hal tersebut. Jawaban saya : Karena saya ingin suasana baru, bervariasi, tidak rutin di salah 1 jalan dan kebetulan akses jalan menuju rumah saya ada beberapa alternatif (Saya tidak menambahkan dengan jawaban yang ada kaitannya dengan pengetahuan saya yang pernah mendengar sunah Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa sebaiknya kita berusaha mencari jalan yang berbeda dari/ke tempat ibadah agar dapat bersilaturahim dengan orang yang berbeda pula. Atau saya juga tidak menyebutkan bahwa transportasi yang saya gunakan berbeda-beda setiap hari-nya saat beraktifitas).
Yeaaay, Alhamdulillah justru sesuai penjelasan Pak Rhenald bahwa saya adalah orang yang hidupnya tidak terjebak dalam rutinitas, dan sesungguhnya hidup ini bukan rutinitas.Manusia bisa berubah. Banyak orang yang terperangkap dalam karier pertama, bekerja tidak sesuai passion.
Ciri orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion adalah : Banyak Mengeluh dan Tidak Berprestasi Optimal. Banyak dosen di Indonesia yang mengajar hanya karena IPK mereka yang tinggi ketika kuliah, bukan karena passion merekaa untuk mengajar..
(THANKS,GOD...Saya bisa MENULIS, MENGAJAR, BERAKTIFITAS SOSIAL, BERNYANYI, BERJUALAN /BERUSAHA (Apa aja diusahakan ;-p) dan BERINTERNET sangat sesuai dengan passion saya :))
Alhamdulillah, apa yang dipresentasikan oleh Pak Rhenald Kasali telah teraplikasikan dalam kehidupan saya, semoga saya bisa lebih baik dan lebih baik lagi menjalankan kehidupan ini sehingga memiliki kebebasan : Menikmati Hidup (Enjoy Life, Menjalankan Hobby). #sujudsyukur

Note : Tidak ada genius yang ribet. Genius adalah orang yang mampu menyederhanakan hal-hal rumit ke dalam tindakan sederhana.
Berpikirlah simple! Waw, ternyata ke-2 anak Pak Rhenald Kasali bersekolah di New Zealand. Sama dong,Pak dengan saya ;-D

Be A Driver, Not A Passenger.
How to start? 
  • Open Your Eye
  • Open Your Ears
  • ACTION, take a small-medium risk

Bpk Rudy Hadisuwarno : Perfect Healthy Hair Just in Minute
Akhirnya bisa ketemu dan "berguru" dengan pakar rambut Indonesia yang mendunia nih. Beliau-lah pencipta teknik creambath di dunia. Tahun 70-an beliau terinspirasi dengan ibu-ibu Indonesia yang gemar pijat dengan menggunakan minyak cem-cem-an sampai akhirnya beliau menciptakan treatment ini. Hehehe...emang benar, selama saya melakukan perawatan rambut di salon terkenal di luar negeri (khususnya di NZ) saya belum pernah menemukan creambath ini di menu-nya. 
Beliau menjelaskan berbagai permasalahan rambut, antara lain : rusak, berketombe, rontok. Umumnya orang mencuci rambut/keramas 2 hari sekali. Bagi wanita berkerudung/jilbab seperti saya sebaiknya mencuci rambut setiap hari karena keringat dan lembab. Beuuuh, saya belum sempat,Pak kalau harus keramas setiap hari :)  Kita boleh keramas setiap hari namun dengan menggunakan : Daily Shampoo. Shampoo bertugas membuka kutikula pada kulit kepala, sedangkan conditioner akan menutupnya kembali. Oleh karenanya pakai kedua-nya ya :) 
Bpk Rudy Hadisuwarno menjelaskan mengenai 5 Actions Treatment, untuk damage defense. Ternyata uban tidak dapat diobati/dihentikan, jadi cara yang paling ampuh adalah diwarnai saja! Jangan dicabut karena dapat merusak kutikula.
Beberapa kali beliau mengatakan bahwa produk-produk yang ditampilkan bukan bermaksud promosi, tetapi hanya memberi contoh mengenai produk yang dapat mengatasi permasalahan rambut dan membuat rambut sehat. Promosi-pun nggak masalah kok,Pak,selama tidak ada pemaksaan membeli. Toh, jika telah terbukti baik kami akan menceritakan kepada teman-teman. Sekaligus meningkatkan penggunaan produk dalam negeri khan,Pak :) Supaya produksi Indonesia semakin mendunia :)

Ibu Wulan Tilaar : 7 Days of  Relaxing  Work Experiences

Ms.Anna R.Nawaning S & Mrs.Wulan Tilaar Widarto

Dengan Pejabat di Martha Tilaar Grup ini saya pernah memiliki pengalaman diwawancara oleh beliau saat saya menjadi 10 Terbaik Caring Colours Care For Your Dream. Kali ini beliau menjelaskan mengenai 7 hal yang bisa kita lakukan sehingga kita bisa menjadi tenang (relaks) setelah melakukan treatment yang sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Perawatan spa dengan menggunakan produk Dewi Sri Spa. Saya juga punya pengalaman dengan produk ini loh ;-D Beberapa tahun yang lalu ada pria yang akan menikahi saya. Pada saat lamaran saya mengajukan syarat 'peningset', yakni pihak keluarga pria harus membawa barang-barang yang saya perlukan. Dalam 1 parcel saya mengajukan agar mereka mengisi-nya dengan paket Dewi Sri Spa. Mereka menyanggupi dan....yaa akhirnya saya dapat deh produk Dewi Sri Spa tersebut yang kemasannya berbeda dengan sekarang. Sudah lama saya tidak menggunakan produk ini. Oleh karena-nya ini moment yang tepat nih untuk menggunakan produk asli buatan Indonesia ini nih.

Kami diberi tempat kecil berisikan cream/oil produk ini dan mencoba aneka keharuman yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Setiap hari berbeda aroma.
  • Monday : Aroma Manggis, setelah kami mengoleskan ke tangan kami dijelaskan mengenai 'How to Motivate Yourself'
  •  Tuesday : Spa Ocean - Meeting Marathon 'Prepare Your Meeting' . Tips Sukses from Ibu Martha Tilaar : Disiplin, Jujur, Inovasi+Iman, Tekun, Ulet.
  • Wednesday : Fun Wednesday Outdoor. Menggunakan Foot Spa. Tips bekerja outdoor : gunakan bahu dengan bahan yang nyaman dan bebas bergerak, make up natural, gunakan sunblock/ tabir surya.
  • Thursday : One Minute Stress - Free Therapy. Kami diajarkan memberi aromatherapy dan memijat kening searah jarum jam. Deadline.Tips menghadapi deadline : Mengatur waktu kerja, jangan menunda pekerjaan, tetap semangat, pandai memilih prioritas, buat  evaluasi diri.
  • Friday : Hangout After Office Hout : Body Mist - Citrus Paradise.
  • Romantic Saturday.
  • Sunday to Socialize : Yoga Time.
Kami mempraktekan Yoga asli Jawa : Mayonggo Seto . Hhmmm..mungkin ini keselarasan Yin Yang gitu ya? Mayanggo Seto untuk memancarkan "aliran putih" gitu.

Bpk Alviko Ibnugroho : Mempersiapkan Mental dan Financial Untuk Karier Kedua
Sebagai pembuka Pak Alviko menanyakan kepada beberapa diantara kami apakah cita-cita kami saat kecil dan saat ini kami menjadi apa (apakah cita-cita masa kecil tersebut terwujud). Saya malah njawab bahwa saya lupa apa yang saya cita-citakan ketika kecil (karena terlalu banyaknya) dan menurut saya saat ini saya "bebas mewujudkan' cita-cita saya ke dalam tulisan.Whehehe, padahal waktu kecil saya pernah pengen jadi penyanyi loh. 
Ada seorang ibu yang ditanya keinginan karier kedua-nya. Beliau menjawab dokter. Tetapi kenapa Pak Alviko yang justru under estimate ya? Kalau menurut saya pribadi keinginan karier ibu tersebut baik loh dan saya saja merasa yakin bahwa ibu itu bisa mewujudkan, sekalipun ibu tersebut mungkin telah berusia 50 tahun. Pak Alviko sangsi,"Yakin,Bu? 8 tahun loh untuk jadi dokter?". Why not??? Let's say ibu itu berusia 50 tahun, berarti untuk menjadi dokter beliau masih berusia 58 tahun (bahkan sekarang bisa hanya 6 tahun). Bukankah ibu itu masih bisa memanfaatkan hidup ini dengan hal yang bermaanfaat bagi orang banyak dengan menjadi dokter?Memanfaatkan sisa hidup ini dengan berbagi dan produktif, bahkan dengan tulus tanpa memikirkan mencari materi lagi. Amal yang sangat berharga! Bahkan ibu tersebut Insya Allah nggak akan pikun, nggak akan kesepian di masa tua-nya. Contoh nyata : Bunda Teresa yang masih terus berbagi dan berkarya dengan menjadi "dokter" hingga akhir hayatnya, usia 87 tahun! Please deh ah, justru jangan pernah membunuh amal baikmu karena usia :)

Anda harus menemukan jalan hidup Anda (Find the Way)
Karier kedua harus sesuai dengan jalan hidup
Jalan hidup menentukan akhir kehidupan anda 
- Alviko - Financologist -

Landasan menentukan career : Kesiapan mental dan financial.
3 hal yang perlu dipersiapkan :
  1. Set up your life (Perenungan jiwa, Pergolakan jiwa, pencerahan jiwa)
  2. Set up your paradigm (Karier bukan milik dunia kerja, berbisnis itu karier, IRT sama dengan wanita karier, karier adalah keputusan hidup kita, sukses karier bukan dilihat dari materi, sukses karier lahir dari jiwa (rasional) bukan emosional)
  3. Set up your financial (Siapkan buffer financial, siapkan dana darurat, hitung casflow anda, estimasi situasi keuangan)
Acara ditutup dengan Lunch (Jam 14.00!! Hahaha...keasyikan meraih ilmu sih ya? Salut untuk para ibu yang masih meraih ilmu dan wawasan, meskipun telat makan siang dan ikut acaranya bayar @ Rp 125.000 ,- . Kalau ngebandingin sama ilmu yang di dapat ... waaah, ilmu para pakar ini terlalu tinggi harganya, namun kalau ngebandingin sama isi goodiebag...hihihi,sorry to say, kok banyakan isi goodiebag acara gratisan ya? ;-D *huuus! Yang penting khan ilmu dari para pakar itu...hmmm tapi kalau isi goodiebag-nya lebih banyak khan lebih "sempurna" tuh ...xixixixi...besok-besok kasih voucher spa dooong ;-D

Luch di tempat saat kami mengikuti talkshow

3 Bestdress (Ketiga dari kanan)



5 comments:

  1. wkwkwkwk teteep yah mbak isi godie bagnya diliat, padahal sampe rumah/kantor dipake rame - rame ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...iya tuh,ngakunya sih gak seberapa ngarep,tp tetep aja agak gimanaaa gitu kalau isinya gitu2 aja :)) Iya tuh,dipakek rame2 atau malah dibagi2in ke temen yang emang cocok sm isi goodiebagnya ;-)

      Delete
  2. wanita karir, cita2ku dulu seperti itu... sekarang, aku bukan wanita dengan peluang karir....
    dan teman2 mba, sangat banyak yah... ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,kalau lht2 blog-nya Mbak tuh wanita karier...Siapapun punya peluang berkarier :) Yang penting memanfaatkan potensi diri semaksimal mungkin,Mbak... ^__^

      Delete
  3. Dear Anna, itu yg di blog-ku (ttg nikahan sodara di semarang), venue-nya masjid Agung :D interiornya emang udah keren gitu...
    btw senengnyaaa nyoba aneka sample hehehehe

    ReplyDelete