Saturday 27 December 2014

Mengarungi Liburan Impian

Igloo Glass, Kakslauttanen Arctic Resort (Sumber : Website)
Bersyukur bagi saya memiliki seorang Ayah yang gemar berwisata sehingga kebiasaan ini menurun kepada  anak-anaknya. Tercapai sudah sekitar ¾ dunia saya kelilingi. Menjelang 2015 saya memiliki resolusi untuk mengulang perjalanan  mengarungi dunia, melengkapi jejak di negeri yang belum pernah saya kunjungi, menambah badge dan memberi pin pada peta di berbagai aplikasi perjalanan, misalnya Tripadvisor, Foursquare, Swarm dan lain-nya! Tiada “pilih kasih”, dimanapun tempat tersebut, apakah di dalam atau di luar negeri siap saya sambangi. Disanalah saya akan bersujud mencium bumi yang diciptakan oleh Maha Pencipta. Hingga dunia fana ini saya tinggalkan menuju tujuan akhir, karena kehidupan di dunia ini sebenarnya adalah sebuah perjalanan....

Tekad ke Karimun Jawa telah ada sejak dahulu, tetapi Maha Pencipta belum mengizinkan saya menjejakkan kaki di Karimun Jawa, padahal berulang kali saya sudah berada di Jepara dan Semarang yang merupakan dermaga penyeberangan menuju kepulauan tersebut. Terakhir kali ke Jepara tahun 2011 dan sama hal-nya dengan sebelumnya, penyeberangan ditiadakan karena buruknya cuaca. Lihatlah foto ini, betapa besar-nya angin disana - mendung mencekam hingga kapal ferry besar juga harus bersandar tak beroperasi hingga beberapa hari.
Cinta Wisata Kita adalah nama blog saya yang berisikan tentang perjalanan wisata di Indonesia. Berbagai cerita pengalaman perjalanan di dalam negeri saya posting di blog ini. Karena terlalu kaya-nya negeri kita maka belum terlalu banyak tempat saya eksplorasi. Tekad saya jika berlibur bukan sekedar berkunjung ke tempat wisata yang terkenal atau mainstream. Bahkan jika memungkinkan saya berniat untuk mengunjungi seluruh kelurahan yang ada di Indonesia, sehingga untuk membuat sebuah “travelogue” maka saya akan membuatnya berdasarkan kelurahannya. Tentunya tidak cukup hanya sekali atau dua kali berkunjung ke 1 provinsi. Tercatat saya telah belasan kali berkunjung ke pulau Bali ,berkeliling di pulau Jawa, serta 2 kali berkunjung ke pulau Batam, NTB dan Sulawesi Selatan. Saat berkunjung ke Makassar saya berusaha berkunjung ke pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitarnya, seperti Pulau Khayangan, Pulau Lae Lae dan Pulau Samalona. Bahkan saya mengharuskan berwisata ke semua icon Indonesia, salah satu-nya adalah Bumi Khatulistiwa – Pontianak. Maha Pemberi telah memberikan saya kesempatan untuk mengunjungi apa yang telah saya sebutkan. Lantas apalagi liburan impian di dalam negeri? Aaaah, semua kelurahan akan saya sambangi, bahkan saya akan mendaki gunung, beterbangan di udara serta menyelami lautan. Tentunya dengan mendapatkan PPL (Private Pilot Licence) dan sertifikat diving terlebih dahulu...sssttt selama ini saya baru memiliki kesempatan snorkeling di dekat Pulau Peucang Ujung Kulon serta memandang keindahan isi laut dari perahu yang memiliki kaca transparan. Ada satu rahasia, yakni saat ini saya sedang menjadi “kuis hunter” yang hadiahnya berlibur ke RAJA AMPAT....Yeeeaaaay!! Raja Ampat Papua, Kawah Ijen Jawa Timur, Karimun Jawa Jawa Tengah dan Pulau Buton Sulawesi Tenggara adalah daerah yang tengah saya bidik untuk saya kunjungi di tahun 2015-2017.

Never Ending Journey. Impian perjalanan ini terus berlanjut...hingga dalam periode 5 tahun ke depan saya bertekad untuk mewujudkannya. Mengulang perjalanan saya keliling Europe Dreams (Khususnya Scandinavia, bermalam di Igloo Glass, napak tilas film The Sound of The Music) dan melengkapi jejak untuk berwisata atau sekedar singgah di negeri yang belum pernah saya kunjungi disekitar-nya. Selain itu saya akan berlibur ke berbagai negara di Kepulauan Pacific, seperti : Samoa, Tonga, New Caledonia, Cook Islands, Fiji, Niue, Tahiti, Tokelai, Tuvalu, Kiribati dan tentunya juga South Island New Zealand – negeri dimana saya pernah tinggal. Ketika di NZ saya banyak bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang berasal dari negera kepulauan Pacific tersebut. Sedangkan di South Island saya akan melakukan wisata udara – berkeliling pulau dengan menggunakan helicopter atau pesawat terbang propeller. Hal yang pernah saya alami di masa lalu, berkeliling North Island NZ dengan pesawat terbang Cessna dan dengan “gaya”-nya saya diperkenankan untuk mengendalikan kemudi di atas lautan Piha dan sekitar lokasi shooting Lord of The Rings *Sayangnya saat itu film fantasy ini belum diproduksi. Ada lagi yang akan saya lakukan di liburan impian di NZ? Berjalan menyusuri Fox Glacier Terminal Face Walk, Franz Josef, Budgy Jumping/skydiving dan Hobbiton.

(Pic : Website Royal Caribbean)

Berpesiar dengan Kapal Pesiar Mewah...Mengarungi samudera juga merupakan liburan impian saya. Khusus mengarungi samudera saya ingin melakukannya dengan kapal pesiar di kawasan Asia – khususnya ASEAN. Menyusuri lautan Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja. Di Thailand ketika kapal bersandar di dermaga, saya akan “berlari” menuju Phi Phi Island – menapak tilasi pengalaman Leonardo di Caprio ketika shooting di sana. Menurut informasi Phi Phi Island merupakan Thailand's Island Superstar. Jadi harus saya kunjungi dooong.... :) *Berasa Superstar amat yak? :p

Semua style wisata akan saya lakukan nanti, karena ini merupakan salah satu wujud saya mensyukuri keindahan ciptaan-NYA. Sebenarnya tulisan ini merupakan resolusi tahun 2015 - 2017, kebetulan ada lomba "Liburan Impianmu" di @diTravelia sampai akhir December 2014, jadi sekalian saya ikut sertakan deh ya :)

No comments:

Post a Comment