Monday 5 August 2019

Menata Rumah Mungil dan Meja Kerja Generasi Millenial

Indonesia Properti Expo hadir kembali di tahun 2019! Sebuah pameran besar properti yang hampir setiap tahunnya Saya kunjungi untuk survey dan mengantar saudara dan kerabat yang berniat membeli properti. Sudah  sekitar 3 – 4 properti kami beli di pameran yang kami kunjungi di JCC setiap tahunnya. Saya yang telah bertempat tinggal di tengah kota Jakarta tetap sangat tertarik untuk hadir dalam Indonesia Properti Expo karena keluarga kami memiliki kegemaran mengumpulkan  instrumen investasi di properti. Selain itu kami gemar menata decor rumah agar rumah selalu nyaman dan aman. Proyeksi Saya kedepan salah satunga juga memiliki banyak properti untuk disewakan oleh nomaden citizen atau traveler. Seperti system yang dilakukan oleh AirBnB. Tentunya tipe rumah mungil atau unit studio/2 rooms apartemen yang akan Saya investasikan di sektor properti, karena model caravan atau tiny house belum popular di Indonesia.


IPEX 2019 berlangsung tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019. IPEX 2019 bernama Pesta KPR BTN. BTN, bank BUMN yang sejak zaman orang tua kita memiliki company branding sebagai pemberi KPR bagi rumah mungil (dahulu terkenal dengan istilah RS atau Rumah Sederhana), tahun ini menjadi sponsor utama Indonesia Properti Expo. Walaupun generasi millenial adalah generasi yang gemar bertualang dan nomaden, janganlah pernah mengabaikan pentingnya kepemilikan rumah. Sekecil apapun rumah tersebut, maka kita harus memilikinya. Dengan memiliki rumah maka kita akan memiliki kesempatan beramal baik kepada sesama, misalnya kehidupan rukun bertetangga, memuliakan tamu, merawat rumah hingga rumah menjadi “rumahku surgaku” yang kesemuanya dapat menjadi ladang amal kebaikan kita dan kesempatan tersebut dapat kita raih apabila kita memiliki rumah. Dalam setiap kali penyelenggaraan IPEX banyak promo bertaburan, yang ditawarkan antara lain : DP 0% , FREE biaya administrasi, FREE AJB, FREE biaya KPR, bayar DP langsung huni, subsidi KPR hingga BELI APARTMENT GRATIS APARTMENT!


Alhamdulillah, kesempatan menghadiri IPEX 2019 bersamaan dengan acara Talkshow & Blogger Gathering bertajuk “Serba Serbi Menata Rumah” dengan pembicara Zata Ligouw menyajikan topik Tip & Trick Menata Ruang Kerja Di Rumah dan Adelya Vivin dengan topik  Tip & Trick Menata Rumah Mungil. Sebagai moderator adalah blogger sekaligus founder ISB, Ani Berta. Talkshow ini berlangsung di hari ke-5 IPEX 2019.

Tip & Trick Menata Rumah Mungil
Pembicara pertama petang itu adalah Adelya Vivin yang memaparkan penataan rumah mungil miliknya dengan tipe 33/60 berdasarkan pengalaman pribadinya. Dengan rumah tipe ini maka Adelya mengaplikasikan konsep “Small Space Living” dalam kehidupan keluarganya.
Small Space Living adalah hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan.

Source : Instagram @adelyavk
Beberapa tahapan perencanaan dijabarkan oleh Adelya, yakni :
1. Menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga
2. Mengenal karekter diri sendiri dan keluarga
3. Perbanyak referensi hal-hal yang disukai
4. Menghitung budget yang tersedua

Tahapan perencanaan menata rumah mungil ini sangat diaplikasikan oleh Adelya saat menata rumahnya di Tangerang. Ia yang tinggal hanya bersama keluarga kecil intinya sangat memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada pada rumahnya. Selain itu dengan teknik-teknik tertentu ia dapat mengakali agar rumah mungil itu terkesan rapih , bersih , luas dan tentunya nyaman.
Beberapa teknik yang digunakan , antara lain adalah :
Pengaturan cahaya natural yang masuk ke ruangan pada siang hari dan pemanfaatan cahaya lampu di malam hari. Berbagai lampu decor saat ini banyak dijual di pasaran, kita disarankan untuk memiliki lampu untuk menjadikannya sebagai lighting buatan agar cahaya malam hari di dalam rumah terasa nyaman. Jenis lighting buatan yang dapat kita miliki adalah : pendant lamp, standing lamp, perfect lighting, wall lamp.
Pemilihan warna cat dan homedecor stuff ruangan juga dapat membuat rumah terkesan luas dan rapih. Adelya memilih rumahnya dengan warna dominan monocrome atau warna netral, termasuk untuk berbagai peralatan rumah tangga-nya (Seperti sapu, napkin, peralatan dapur, dll). Menurutnya hal ini agar tetap terkesan rapih dan tidak terkesan banyak barang berserakan di rumahnya jika barang-barang tersebut tersebar di dalam rumah. Walaupun dengan keterbatasan ruangan atau lahan Adelya tetap mengingatkan betapa pentingnya storage pengganti gudang dan tanaman hijau di rumah kita. Tanaman hijau dapat ditanam dengan media pot kecil di pojokan ruangan agar kita mendapatkan efek segar.

Beberapa thema/style rumah yang dijelaskan dalam talkshow tersebut adalah :

1.Rustic 


2. Bohemian



3. French Country


4. Scandinavian


5. Modern (Japanese)

Kalau boleh menambahkan, Saya ingin menambahkannya dengan thema/style “Traditional Indonesia” , dimana jika kita pandai mengaturnya style rumah dengan thema “Traditional Indonesia” dapat digunakan tanpa harus banyak pernak pernik khas Indonesia yang memang kaya raya budaya. Bahkan bisa juga loh dengan style “Modern Indonesia” agar rumah mungil terkesan luas namun tetap memiliki unsur budaya Indonesia pada homedecor-nya. Oh ya, thema/style “Klasik” tidak dijelaskan di talkshow tersebut ya? Apakah thema klasik hanya cocok bagi rumah ukuran besar/luas? Sebuah pertanyaan yang tertinggal....hehehe...

Modern Java Homedecor (Pinterest)

Tip & Trick Menata Ruang Kerja di Rumah

Source : zataligouw.com
Pembicara kedua adalah seorang blogger cantik yang apik dalam menata ruang kerjanya di rumah, Zata Ligouw. Berbeda dengan Adelya yang menata rumahnya dengan warna monocrome, maka Zata terlihat lebih terkesan dominan memilih warna colourfull (terutama) untuk desain meja kerjanya. Zata juga lebih menyukai membuat homedecor-nya dengan DIY alias Do-It-Yourself , dimana ia membuat sendiri semua homedecor atau pernak-pernik di meja kerjanya. Sungguh kreatif dan Saya mendapatkan kesan pernak-pernik homedecor-nya tersebut begitu eye cathing! Duh, Mbak Zata...sekalian dong bikin kursusnya atau produksi homedecor untuk dijual...hehehe....
Sebagai langkah kreatif mewujudkan SOHO (Small Office Home Office) bagi kita yang bekerja dari rumah adalah menyiapkan sudut untuk meja kerja. Dapat di pojok ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dll. Apabila ada ruang khusus, ya silakan gunakan ruang khusus tersebut untuk ruang kerja. Meja kerja yang pas juga bebas kok, bisa menggunakan meja baru beli, bikin sendiri atau gunakan meja yang ada di rumah (dan dipercantik pernak perniknya seperti meja kerja Zata di rumah). Yang terpenting adalah meja kerja tersebut harus ergonomis agar nyaman dan tidak letih. Tentunya bentuk meja kerja ergonomis sangat penting untuk kesehatan kita.


Zata berbagi dengan memberi tip & trick membuat DIY Moodboard. Moodboard ini semacam Dreamboard atau Visionboard. Caranya juga hampir sama, yakni dengan menempelkan gambar yang kita sukai, misalnya tempat-tempat indah yang ingin kita kunjungi, orang/tokoh panutan,  gambar-gambar lucu dari majalah, dst. Tempelkan juga foto pribadi saat berjalan-jalan bersama keluarga, kartu pos dan foto pemandangan yang kita ambil saat liburan. Berikutnya kita tuliskan quotes favorit dengan spidol warna-warni dan hias dengan bunga-bungaan, dst. Yess , DIY Moodboard ini juga dapat berfungsi sebagai pembangkit motivasi diri kita dalam bekerja bukan? Tentunya selain mempercantik meja kerja. Saran dari Saya buat kamu yang ingin membuat Moodboard adalah tambahkan foto-foto dari pinterest, internet atau majalah yang menampilkan meja kerja keren, desain interior asyik atau rumah/apartment impian sehingga timbul motivasi untuk membeli properti di IPEX mendatang (Pelaksanaan berikutnya silakan follow dan check ke instagram IPEX  )

Sama halnya seperti Adelya, Zata juga mengatakan betapa pentingnya tanaman hijau di rumah atau ruang kerja, kita. Bahkan Zata menampilkan quote mengenai tanaman di ruang kerja.


“Menurut penelitian di Universitas Michigan, memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau disekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga 20%. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.”
Manfaat tanaman di ruang kerja, antara lain :
Meningkatkan mood
Meningkatkan produktifitas
Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
Mendatangkan kebahagiaan
Membuat rileks dan nyaman
Mengurangi stress
Meningkatkan kesadaran mental
Masya Allah, besar sekali ya manfaat tanaman di ruang kerja? Nggak boleh ada yang merasa stress atau tertekan lagi nih jika sudah mempraktekan tip dan trick menata meja kerja dari Zata Ligouw.
Penting banget khan kenyamanan meja kerja atau ruang kerja bagi millenials khususnya bagi freelancer dan banyak melakukan traveling. Jadi kita dapat kenyamanan dan kebahagiaan saat kerja di lapangan maupun di dalam rumah. Produktivitas dan pendapatan finansial meningkat , dan bagi yang belum memiliki rumah, segera beli rumah di IPEX yang akan datang!
#EnaknyaPunyaProperti
#2019PunyaProperti untuk investasi lagi!

No comments:

Post a Comment