Saturday 26 January 2019

Memanfaatkan Kalkulator Akal Fisik Sosial Agar Si Kecil Hebatnya Beda

Banyak orang tua yang merasa bangga akan kemampuan lebih yang dimiliki anak-anaknya, namun banyak pula orang tua yang merasa gelisah apabila anaknya terlihat (secara kasat mata) terlambat kemampuannya dibandingkan anak lainnya. Sebenarnya manakah yang ideal bagi si anak? Tentunya kemampuan yang sesuai dengan usia sang anak? Selain itu menurut Dr.dr. Ahmad Suryawan, SpA (K) – Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial mengatakan bahwa tumbuh kembang akal fisik dan sosial anak harus digunakan dan dikembangkan dengan baik karena keseimbangan Akal, Fisik, dan Sosial anak yang sinergis dapat berpengaruh besar terhadap kepintaran dan perilaku anak kita. Perkembangan dan kemampuan Akal, Fisik, Social masing-masing anak berbeda satu dengan yang lainnya loh. Jadi kita nggak perlu khawatir atau membanding-bandingkan satu anak dengan anak lainnya.


Dahulu seringkali orang tua yang mampu ekonomi langsung membawa anaknya ke psikolog apabila menurutnya si anak terlihat berbeda dengan teman-temannya. Beruntungnya kita sekarang yang sangat mudah menemukan jawaban-jawaban jika melihat terdapat sesuatu pada anak kita yang berbeda dengan teman sebayanya. Salah satu cara yang memudahkan kita dalam mengetahui perkembangan si Kecil adalah internet. Jadi sebelum membawa anak ke psikolog atau pendidik lainnya, kita bisa mengamati dan mempelajari terlebih dahulu tentang kebiasaan dan kebisaan si Kecil. Khan kita yang setiap hari berinteraksi dengan mereka secara langsung.
Saya membaca e-newsletter yang dikirimkan oleh Parenting Club ID minggu lalu. Newsletter tersebut memberikan informasi mengenai Kalkulator Akal Fisik Social (Kalkulator AFS)
 
Dok.Parenting Club ID
Kalkulator Akal Fisik Sosial adalah tools terbaru dari Parenting Club ID untuk anak - anak kita yang berusia 6 bulan hingga 7 tahun. Tools ini dikreasikan dan divalidasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak - Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial.
Cara memanfaatkan Kalkulator AFS hanya dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kalkulator ini. Untuk memulainya kita hanya harus terdaftar sebagai anggota Parenting Club ID di www.parentingclub.co.id , kemudian klik link http://bit.ly/Kalkulator-AFS dan memasukkan/memilih nama serta tanggal lahir si Kecil yang akan kita ketahui kemampuan atau tingkat sinergi “Akal Fisik Social” sesuai dengan usianya. Bahkan kita juga akan mendapatkan rekomendasi yang tepat untuk mengoptimalkan kemampuan si Kecil pada periode emasl. Praktis dan mudah bukan?

Kesimbangan Kecerdasan Akal Fisik Social
Banyu menghabiskan masa pendidikan usia dini di Berkeley USA. Secara akal dan fisik kami sangat meyakini dia memiliki kemampuan yang baik sesuai usianya – apalagi ia gemar berolah raga fisik (berenang dan bela diri Tae kwon do) . Namun dikarenakan kondisi sosial di lingkungan sekolahnya di USA yang menggunakan bahasa Inggris 100 % dan ia hanya satu-satunya anak Indonesia yang belajar di lembaga pendidikan tersebut, maka sekembalinya dari sana ia memiliki “tugas” beradaptasi dengan lingkungan sosial di Jakarta. 

Tampilan pertama Kalkulator AFS

Kami akhirnya menjawab pertanyaan yang diajukan di Kalkulator AFS. Pertanyaannya praktis dan sederhana. Dalam waktu singkat terjawablah semua pertanyaan yang diajukan. Setelah pertanyaan berakhir, muncullah hasil tingkat sinergi akal, fisik dan social berupa pie chart. Hasil sinergisme Akal Fisik Social Banyu adalah 100 % ! 

Hasil Sinergisme Akal Fisik Sosial
Kehebatan Akal Fisik Social Banyu menunjukkan Sinergisme yang baik untu anak-anak sebaya-nya, yakni 5 – 7 tahun. Kemampuan Banyu sudah siap untuk masuk sekolah dasar. Alhamdulillah, Banyu memang telah terdaftar di sekolah dasar Islam di dekat rumah kami. 

Ijazah Banyu saat pra sekolah (Dok.Pribadi)

Di akhir laporan hasil Sinergisme Akal Fisik Sosial terdapat rekomendasi untuk usia 7 tahun ke atas karena kita juga harus memberikan stimulasi kehebatan Akal Fisik Sosial kepada si Kecil secara rutin, bertahap dan tidak memaksa dengan cara bermain yang menyenangkan. 

Bermain sambil stimulasi fisik di USA (Dok.Pribadi)

REKOMENDASI STIMULASI yang diberikan oleh Parenting Club ID  untuk si Kecil 
usia 5 – 7 tahun :
 
1 . Kembangkan keseimbangan tubuh si Kecil.
Misalnya:
  • Bermain menirukan gerakan burung bangau yaitu berdiri dengan satu kaki. 
  • Bermain melompat satu kaki.
2 . Ajarkan si Kecil keterampilan gerak yang memerlukan koordinasi dua kegiatan fisik bersamaan.
Misalnya:
  • Mengayuh sepeda roda tiga sambil mengarahkan sepedanya ke depan, kiri atau kanan. 
  • Bermain ayunan yang mengharuskan ia mengarahkan kakinya ke depan atau ke belakang.
3 . Buatlah karya seni bersama si Kecil yang mendorongnya untuk menggambar, menggunting atau menempel.
Misalnya:
  • Membuat karya seni “Taman” di selembar kertas, dimana si Kecil menggambar rumah dan halaman serta menghias dengan menempel guntingan bunga, dsb. 
  • Membuat karya seni “Luar Angkasa” di selembar kertas dengan menggunakan cat, menggambar planet, menempel gambar bintang, dsb.
4 . Doronglah si Kecil untuk menyelesaikan tugas sehar-hari secara mandiri.
Misalnya:
  • Memakai baju dan celana sendiri. 
  • Menyiapkan keperluan makan dan minumnya bersama Mam. 
  • Mampu makan minum sendiri tanpa bantuan.
5 . Bila si Kecil sudah bersekolah, sempatkan untuk meminta informasi atau berdiskusi dengan guru tentang kondisi dan kemampuan anak di kelas.
Misalnya:
  • Kemampuan dalam berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah. 
  • Kemampuan dalam mengikuti instruksi guru di sekolah.
6 . Ajarkan si Kecil tentang identitas dirinya.
Misalnya:
  • Menyebutkan namanya secara lengkap, nama Mam atau Pap. 
  • Menyebutkan alamat rumahnya.
7 . Kenalkan mengenai konsep waktu.
Misalnya:
  • Konsep tentang pagi, siang, sore, dan malam 
  • Konsep tentang kemarin, hari ini, besok, dan lusa
8 . Bacakanlah sebuah cerita dan minta si Kecil untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya di dalam cerita tersebut.
Misalnya:
  • Saat bercerita tentang “Kecerdikan Sang Kancil”, tanyakan kepada si Kecil, “Menurutmu, ketika Kancil ketemu Harimau, Harimau mau menyerahkan makanannya kepada Kancil atau tidak ya?”
9 . Doronglah untuk mencoba minta bantuan kepada Mam bila mengalami kesulitan untuk melakukan sesuatu.
Misalnya :
  • Memina tolong diambilkan mainannya yang tersimpan di atas lemari. 
  • Minta Mam menemani ke toilet.
Stimulasi dengan mewarnai, menempel dan menggambar (Dok.Pribadi)
Bersyukur sekali Banyu telah dapat melakukan stimulasi-stimulasi rekomendasi dengan baik dan lancar. Hanya ada tantangan yang harus dihadapi dalam melakukan stimulasi rutin, yakni adaptasi berbahasa dari yang sebelumnya menggunakan bahasa Inggris sehari-hari ke bahasa Indonesia di sekolahnya. Alhamdulillah, melakukan stimulasi secara rutin dari hari ke hari kemampuan Banyu semakin berkembang tanpa paksaan. Kemampuan fisiknya juga terlatih dengan rutin mengikuti klub bela diri dan berenang di halaman belakang rumah. Semua ia lakukan sambil bermain dengan gembira.
Yuk, manfaatkan Kalkulator Akal Fisik Sosial di sini . Have fun bersama si Kecil sambil melakukan stimulasi yang direkomendasikan ya, Mam :)

No comments:

Post a Comment