Friday 9 November 2018

POPBOX, Smart Locker Keren Buat Kirim dan Titip Barang

Dalam beberapa bulan terakhir ini saya merasa terganggu oleh kedatangan kurir yang mengantar barang belanjaan kami. Walaupun kami tidak membiarkan rumah dalam keadaan kosong (tak ada orang) dalam jeda waktu lebih dari 2 jam, tetapi bagi kami rumah adalah tempat istirahat yang nyaman dan tenang. Saya tinggal di area perumahan yang memiliki team security yang ketat sehingga jika ada orang tak dikenal mengetuk pintu pagar atau menekan bel dalam waktu lebih dari 10 menit, maka pihak security akan menghampiri orang tersebut. Kami jadi tidak enak hati dengan security tersebut. Sedangkan kami juga tidak dapat terburu-buru menemui mereka karena rumah yang luasnya hampir mencapai 1000 meter seringkali “terlambat” mengetahui keberadaan tamu, kami harus berlari-lari dari kamar atau ruangan belakang menuju pintu gerbang atau saya harus bergegas mengenakan jilbab. Apalagi jika diantara kami sedang di kamar mandi atau memasak, tentunya kami tak bisa secepatnya menerima barang yang diantar kurir – kurir tersebut. Bahkan tamu yang mengetuk gerbang atau memencet bel saja tidak akan kami bukakan pintu apabila mereka tidak membuat perjanjian. Memang demikianlah peraturan security perumahan kami agar tidak membukakan pintu kepada orang yang dikenal sekalipun berseragam PLN atau PAM. Jika memesan makanan melalui Go Food, Grab Food atau delivery lainnya, petugas security perumahan juga akan menghampiri untuk meyakinkan bahwa mereka memang datang karena sesuai pesanan kami atau bukan.

Yang menyebalkan lagi, waktu atau jam kurir datang tidak memiliki jadwal tetap. Terkadang pagi jam 10 saat saya sudah keluar rumah, terkadang jam 12 saat assisten rumah tangga sedang ke warung membeli makanan untuk makan siang kucing-kucing kami, dan baru 3 hari lalu kurir datang pada pukul 5 sore saat kami tidak memiliki janji untuk menerima tamu. Huh deh....Terkadang kurir meminta izin untuk menitipkan barang tersebut ke pihak security. Oh no, saya tidak mau merepotkan security tersebut yang tugasnya berat menjaga keamanan perumahan kami. Saya seringkali minta kurir memasukkan barang tersebut ke kotak pos di depan rumah. Heraaan saya, kurir masa kini tuh sudah tidak mengerti fungsi kotak post yach?



Hingga akhirnya, saya menemukan cara agar saya tetap menerima berbagai kiriman tanpa mengganggu saya, orang-orang di rumah dan tim security perumahan, yaitu : POPBOX. Sepintas saya pernah mendengar informasi mengenai POPBOX, tetapi saya pikir itu hanya untuk orang-orang yang sering menggunakan jasa commuter line karena locker-nya sering berada di stasiun-stasiun. Saya juga sering melihat locker POPBOX di MOI (Mall of Indonesia) Kelapa Gading , tetapi saya mengira bahwa locker tersebut hanya untuk penghuni apartment di sekitar Mall of Indonesia saja. Apa sih POPBOX? Ini adalah smart locker system pertama di Indonesia dan telah tersebar di 300 lokasi di 8 kota besar di Indonesia. Fungsi locker ini adalah untuk mengirim barang, mengambil barang kiriman, menitip barang, membeli pulsa, dan lain-lain. Wah...saya jadi ingat smart locker yang pernah saya gunakan ketika saya berada di Australia , Belanda dan Singapore! Ketika itu saya menitipkan tas besar yang membebani saya saat akan berjalan-jalan keliling city. Ternyata di Indonesia sekarang sudah ada, ya POPBOX itulah!


KIRIM BUKU DARI POPBOX MOI
Salah satu aktifitas saya adalah menyewakan buku-buku bacaan ke seluruh Indonesia. Wah berarti dengan ada-nya POPBOX locker maka memudahkan saya dan penyewa buku-buku untuk mengirim buku-buku tersebut. Untuk melakukan uji coba pada tanggal 7 November 2018 saya mengirimkan 4 buku bacaan kepada kawan sesama blogger.
Saya mengirimkan buku tersebut melalui POPBOX locker yang terdapat di MOI (Mall of Indonesia) Kelapa Gading Jakarta Utara, karena saya seringkali makan, menonton dan ke toko buku Gramedia di mall yang berjarak relatif dekat dari tempat tinggal saya.
Sebelum tiba di MOI saya melakukan “transaksi” Popsend pada aplikasi POPBOX yang telah saya install beberapa hari sebelumnya. Instruksi yang terdapat pada aplikasi tersebut sangat simple dan mudah diikuti. Begitu tiba di depan MOI saya langsung menuju lobby 1 (Masuk dari Gate B depan Balai Samudera). POPBOX locker berada di belakang information desk di lobby tersebut. Dengan lancar, saya dapat menggunakan fitur “Popsend” tersebut. Instruksi pada layar mudah untuk diikuti kok, dan kita dapat memilih antara menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. 


FITUR POPBOX
Aplikasi POPBOX memiliki beberapa fitur, yaitu :
POPSEND : Fitur ini untuk pengiriman barang secara mudah. Drop barang di loker yang terdekat, kemudian kurir POPBOX akan mengirimkan ke alamat atau loker tujuan. Nah fitur ini yang telah saya gunakan di MOI.
POPSAFE : Fitur untuk menitipkan barang di locker. Dengan biaya Rp 6,000/24 jam maka kita dapat menitipkan barang yang memberatkan bawaan kita. Misalnya kita membawa barang belanjaan atau titipan, sedangkan kita masih harus beberapa lama lagi di sekitar situ. Daripada kita bawa-bawa, lebih baik barang tersebut dititipkan di locker terdekat.
COLLECTION POINT : Nah, ini yang sebenarnya sangat saya perlukan karena keberadaan kami di rumah yang tidak mau terganggu oleh orang yang datang tanpa perjanjian. Jika melakukan belanja online, maka kita dapat memilih atau menuliskan pada website olshop tersebut dengan opsi pengiriman ke loker POPBOX terdekat. Saat barang tiba di locker, maka kita akan mendapat PIN via SMS untuk pengambilan barang.
RETURN SERVICE : Jika ada barang belanjaan dari ecommerce lazada, zalora, blibli, mataharimall yang ingin dikembalikan, maka kita dapat menggunakan POPBOX locker tanpa dikenakan biaya.
BELI PULSA DAN TRANSAKSI : Kita juga dapat membeli pulsa dengan pembayaran menggunakan emoney, tcash, QR.
Dari fitur-fitur tersebut, tentunya POPBOX sangat bermanfaat bagi saya. Namun sayangnya saya belum mendapatkan informasi ecommerce mana saja yang telah bekerjasama dengan POPBOX pada fitur Collection Point.
Kamu ingin mencoba atau menggunakan POPBOX. Gunakan kode refferal : ANNABYC agar kamu bisa mencoba secara gratis.
Informasi lebih lanjut :
Website : www.popbox.asia atau social media : popbox_asia (FB, Twitter, Instagram)

No comments:

Post a Comment