Wednesday 27 December 2017

Suomi Finland 100 : Konser Musik Finlandia dan Indonesia

Dalam rangka peringatan 100 tahun Finlandia yang jatuh pada tanggal 6 Desember, negeri ini mengadakan berbagai acara di penjuru dunia. Menjadi akhir rangkaian acara di Indonesia, The Embassy of Finland mempersembahkan : Finland and Indonesia - Together in Music Centennial Concert yang berlangsung pada hari Minggu, 10 Desember 2017. Saya yang tengah asyik menikmati serba serbi negeri Scandinavia tentunya tidak melewati kesempatan yang jarang ini. Apalagi tiket konsernya bisa didapatkan secara free! Musisi yang tampil dalam acara ini juga (pastinya) memiliki prestasi tinggi di tingkat international.



Sepertinya saat menyaksikan pertunjukan tersebut saya baru sadar bahwa karya Finnish Composer bisa membuat saya lebih bangkit dari  cinta. Karya komposer Finland dan Indonesia dibawakan oleh musisi Indonesia dan Finland di Usmar Ismail Hall . Mereka adalah : Ananda Sukarlan (Piano) , Iiris Ranniko (Viola) , Anthony Hartono (Piano), Putri Juree Batubara (Cello) , Finna Kurniawati (Violin) , Natasha Tirzah Sutanto (Violin). Begitu saya nikmati, terutama saat Anthony Hartono memainkan jemari-nya yang bikin daku mupeeeng abiiis. Baru sekali ini saya menyaksikan permainannya. Pas membawakan Rapsodi Nusantara no 17 , untungnya leluhur daku asal Jawa Tengah,jd di awal permainan udah bisa langsung mengenal lagu tsb, Lir Ilir ...., tembang yang sering digunakan Sunan Kali Jaga untuk berdakwah di tanah Jawa .

Demikian pula saat Mr. Ananda Sukarlan membawakan A Love Song, for piano trio .The Angry Birds' Holiday in Bali . The Angry Birds’ Holiday di Bali dibawakan bersama Putri Juree Batubara (cello) dan karya ini pertama kali dipertunjukkan kepada umum, World Premiere.
December 2016 yang meng"kombinasikan" musik kelahiran 2 manusia mulia, yakni Nabi Isa AS (Yesus) dan Nabi Muhammad SAW – Natal dan Maulid Nabi berlangsung di bulan yang sama di tahun 2016.
Yang pasti daku selama konser nggak meninggalkan kursi bukan karena khawatir dituduh "walk out" (walaupun sempet pengen banget pipis...hihihi..) . Pada kesempatan itu dibawakan pula pembacaan Finish National Epic, Kalevala yang telah diterjemahkan oleh A.S Laksana dan dibacakan oleh Dias Wuri serta iringan piano oleh Ananda S dengan dentingan Oskar Merikanto : Romance,op 12.
Nggak bisa ambil gambar secara bagus , karena biasanya khan konser seperti ini dilarang keras merekam gambar or musiknya. Tetapi ketika itu Mas Ananda Sukarlan mempersilakan, bahkan kami  diminta disebarkan ke medsos .Waaah, saya nggak  bawa device yg kameranya bagus en lagipula saya ingin menikmati dentingan piano dari maestronya serta karya-karya komposer Finland. Toch memang jika menyaksikan konser musik sejenis ini saya pribadi ingin menikmati, tanpa gangguan orang di sekitar saya yang mengambil gambar – apalagi jika pertunjukkannya berbayar. Sedangkan ini saya tidak dikenakan bayaran, tapi masih merasa terganggu oleh orang di depan saya yang mengambil gambar untuk insta story/live dan video selama pertunjukkan. Ampun dah, mosoq dari awal sampai akhir dia rekam tuh pertunjukkan. Kalau pertunjukkan berbayar, saya akan jitak tuh orang...hahaha...

 Dalam selebaran yang dibagikan saat para tamu registrasi, saya membaca dengan seksama para musisi dan komposer yang tampil sore itu, diantaranya adalah : (Saya tulis komposer Finlandia aja yaa...)
Jean Sibelius (1865 – 1957), komposer paling terkenal dan dihormati di Finlandia. One of the most important writers of symphonies and tone poems of the 20th century and in musical history as a whole.
Oskar Merikanto (1868 – 1924), musisi dan komposer Finlandia yang belajar di Leipzig Conservatory Jerman, dan berguru pula pada Carl Reinecke dan Theodor Coccius. Ia telah melakukan konser di Finlandia, Eropa, Amerika dan Rusia membawakan piano dan organ, menjadi konduktor orkestra serta menyusun komposisi original musik.
Toivo Kuula (1883 – 1918) , komposer dan konduktor pada late Romantic dan awal modern periode.

Aaah, saya selalu ingin menyaksikan berbagai konser musik (khususnya musik klasik Piano/harpa) dari dan di seluruh dunia.....

No comments:

Post a Comment