Sunday 10 June 2018

Dengan CekKLIK Pangan Lebaran Kita Akan Aman

Menjelang hari raya swalayan dan pasar pasti ramai dengan promo produk makanan dan minuman sebagai bahan baku pangan dan parcel yang akan dihadiahkan kepada relasi kerja/bisnis, teman, kerabat atau keluarga. Ketika Ayah saya masih bersama kami di dunia, setiap menjelang Lebaran rumah kami pasti ramai dengan aneka parsel kiriman dari network beliau. Jumlahnya puluhan, bahkan pernah mencapai lebih dari seratus parsel. Kami anak-anaknya di malam khusus diperkenankan memilih parsel-parsel tersebut dan membawa-nya ke kamar masing-masing. Dahulu kami memilihnya berdasarkan desain-nya yang bagus serta isi dari parsel tersebut banyak makanan dan minuman yang kami gemari. Alhamdulillah, kami tidak menemukan kerusakan pada makanan minuman di parsel tersebut.
Setelah Ayah meninggal dunia, kami Ibu masih menerima berbagai parsel dari kerabat dan  keluarga kakak-kakak saya yang telah menikah. Tentu jumlahnya tidak sebanyak ketika Ayah masih ada. Yang pasti lebih dari 5 parsel dan terbanyak belasan parsel saja. Saya jarang memeriksa kondisi barang dalam parsel ketika Ibu menerima parsel-parsel tersebut. Tahun ini merupakan pertama kalinya saya berlebaran tanpa kedua orang tua – Ibu saya meninggal di awal tahun 2018, berarti sudah dapat dipastikan semakin sedikit parsel di rumah saya. Saya masih menerima beberapa parsel, tetapi bukan makanan minuman yang dijual di swalayan pada umumnya. Tetapi menjelang lebaran tahun ini justru saya yang harus banyak memberikan parsel berisikan makanan dan minuman kepada security team di perumahan tempat tinggal saya. Di bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran mereka pasti harus lebih baik lagi kerjanya karena penghuni rumah di perumahan kami banyak yang berlibur dan assisten rumah tangga-nya mudik. Mayoritas penghuni perumahan di tempat tinggal kami tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tetapi masjid dan area lapangan di perumahan kami menjadi tempat shalat bagi masyarakat muslim yang melakukan shalat Taraweh dan Idul Fitri. Mereka mayoritas mengendarai kendaraan roda empat milik pribadi, sehingga security team perumahan pasti harus lebih banyak mengawasi parkiran mereka. Menjelang Lebaran mereka harus lebih mengawasi rumah-rumah yang ditinggal penghuninya berlibur. Karena inilah saya harus memberikan parsel berisikan makanan terbaik dan sehat agar menunjang pekerjaan mereka dan tetap sehat serta bugar di hari lebaran dan setelahnya.
Alhamdulillah, saya mendapat undangan untuk menghadiri Talkshow “Pangan Aman Lebaran” yang diselenggarakan BPOM RI pada tanggal 5 Juni 2018 di Pejaten Village. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk masyarakat umum dan khususnya untuk saya yang sudah berniat memberikan parsel berisikan makanan dan minuman terbaik untuk security team di perumahan tempat tinggal saya.

PASTIKAN PANGAN LEBARAN KITA AMAN
Makanan dan minuman yang kita berikan kepada orang lain dan kita konsumsi sendiri tentunya harus yang terbaik. Harus aman dikonsumsi. Oleh karenanya beruntung sekali dapat mengetahui mengenai CekKLIK. Jika kita ingin membeli atau konsumsi pangan maka pastikan kita mengecek KLIK. 



KLIK adalah :
K yaitu Kemasan : Pastikan Kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dll.
L yaitu Label : Baca informasi produk yang tertera pada Labelnya dengan cermat.
I yaitu Izin Edar : Pastikan memiliki Izin Edar dari Badan POM. Izin Edar dapat dicek melalui aplikasi android Cek BPOM.
K yaitu Kedaluwarsa : Pastikan tidak melebihi masa Kedaluwarsa.


Nomor Izin Badan POM dapat dicek melalui Aplikasi Android Cek BPOM. Caranya :
  • Buka Google Play Store pada device android.
  • Search Cek BPOM
  • Akan muncul di paling atas “Data Produk Teregistrasi” , lalu install.
  • Setelah selesai pilih open.
  • Aplikasi siap digunakan.          
Cara Menggunakan aplikasi Android Cek BPOM :
Buka Aplikasi yang telah didownload

Pilih kategori untuk pencarian produk berdasarkan  :
1.Nomor Registrasi
2.Nama Produk dan Nama Dagang (Merk)
3.Jumlah dan Kemasan
4.Bentuk Sediaan
5.Komposisi
6.Nama Perusahaan Pendaftar atau Produsen
Isikan data identitas produk yang dipilih.
Klik Cari.
Tunggu beberapa saat hingga muncul data legalitas produk.


SIDAK PASAR BERSAMA KEPALA BPOM RI
Adhi S Lukman (Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Munuman Seluruh Indonesia – GAPMMI) di acara talkshow petang itu mengungkapkan,”Kami merasa bahagia sekali BPOM mulai turun ke lapangan dan turun langsung menemui konsumen ke mal agar BPOM bisa lebih dekat dengan konsumen, blogger, jurnalis serta pengunjung mall. Tujuan hanya satu, bagaimana produk diedarkan, bagaimana konsumen memilih, bagaimana konsumen memahami produk pangan yang ada.”
Menjelang berbuka puasa Kepala Badan POM RI, Penny K Lukito melakukan sidak ke swalayan besar yang terdapat di Pejaten Village. Dengan gesit dan cekatan beliau memeriksa berbagai makanan dan minuman kemasan yang dipasarkan untuk promo lebaran. Tentunya beliau juga menjelaskan kepada kami disana mengenai makanan dan minuman yang aman untuk dikonsumsi.
Lantas bagaimana jika ada keraguan dengan makanan yang akan kita beli atau konsumsi? Kini ada Contact Center HALO BPOM 1500533 . Selain menelpon ke nomor ini alangkah baiknya jika kita juga menghubungi Contact Center produsen makanan tersebut yang biasanya tertera di kemasannya.

Pantau juga berbagai media social Badan POM RI , khususnya di masa lebaran ini :




No comments:

Post a Comment