Tuesday 15 May 2018

Gaya Hidup Sehat Bersama Allianz Sweat Challenge


Bergaya Hidup Sehat di Allianz Ecopark (Dok.Yulia R)
Sabtu di minggu kedua bulan Mei 2018, tepatnya tanggal 12 saya bersama dengan 4 rekan datang ke Allianz Ecopark di kawasan Ancol Jakarta Utara. Ini kunjungan saya kesekian kalinya ke Ecopark Ancol, tetapi ini pertama kalinya sejak penambahan nama “Allianz” di depan nama “Ecopark”. Penambahan nama tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk memperkuat proposisi dalam hal kesehatan dengan mendorong orang untuk menjalani gaya hidup sehat. Ya, selain Ecopark memiliki area terbuka hijau berkonsep nature sport edutainment di kawasan Ancol, kini Ecopark menjadi tempat kepada masyarakat Jakarta untuk beraktifitas meningkatkan gaya hidup sehatnya. Allianz Ecopark juga menyediakan beberapa zona dengan fingsi dan fasilitas berbeda-beda seperti zona untuk berlari, jalan kaki dan bersepeda. Di tahun pertama kemitraannya ini, Allianz ingin memberikan tempat dan fasilitas tujuan bagi setiap orang yang ingin memulai  gaya hidup sehat dan juga ingin mengisi waktu berkualitass bersama orang-orang tercinta melalui kegiatan yang dilakukan secara regular di minggu kedua dan keempat setiap bulan. Disamping itu juga diadakan setiap 2 bulan program Tematik yang berkaitan dengan olahraga, kesehatan, budaya, konser atau pertunjukan .

Allianz Sweat Challenge
Meja registrasi ulang sebelum sessie exercise di mulai (Dok.Pribadi)

Di akhir pekan ke-2 bulan Mei 2018 itulah saya bersama 4 rekan hadir di program regular Allianz Indonesia yang diberi nama “Allianz Sweat Challenge”. Allianz Sweat Challenge adalah acara yang dipersembahkan Allianz untuk mengajak Indonesia sehat besama.  Setiap minggu kedua dan keempat Allianz Sweat Challenge diadakan dengan tema olah raga yang berbeda-beda. Pada kedatangan kami itu, kami melakukan kegiatan yoga sekaligus bincang-bincang dengan topik bahasan “Healthy Nutrition During Fasting”. Oh ya, “Allianz Sweat Challenge” ini sudah terselenggara sejak bulan November 2017 dan akan berakhir di bulan Desember 2018.
Aktifitas apa saja saat program reguler ini berlangsung ? Kita dapat melakukan latihan zumba, yoga, pound fit, running exercise dan cardio. Aktifitas ini ada instruktur profesional-nya loh, dan free alias tanpa membayar. Ketika kami mengikuti sessie yoga, semua peserta dipinjamkan matras yoga tanpa dikenakan biaya. Syaratnya memberikan jaminan KTP. 

Gaya Hidup Sehat
Peserta sessie Yoga di minggu ke-2 bulan Mei (Dok.Pribadi)


Peserta antusias mengikuti sessie yoga dan bincang-bincang mengenai nutrisi sehat selama menjalankan puasa. Karena sesungguhnya berpuasa merupakan gaya hidup sehat yang diajarkan oleh semua penganut keyakinan, tetapi bagi umat Islam memang memiliki makna khusus di bulan Ramadhan yang membuat kita sehat lahir dan bathin. Jadi kita dapat menenangkan pikiran, jika pikiran tenang maka kita akan menjadi lebih bahagia dan pastinya semakin sehat. Tetapi dengan berpuasa dan menenangkan pikiran bukan berarti kita bermalas-malasan untuk bergerak yach...Justru kita harus banyak bergerak, melakukan aktifitas yang menggerakkan jasmani dengan melakukan olah raga. Allianz sangat mendukung agar seluruh masyarakat bergaya hidup sehat, apalagi melihat kondisi masyarakat Indonesia sekarang yang menderita penyakit kritis di usia muda. Angka rata-rata usia orang yang mengidap penyakit kritis adalah usia 37 tahun! Wiiih, makanya bergerak dan makan-makanan sehat yuk!
Jika kita belum siap melakukan olah raga atau gerak yang berat maka kita dapat mengikuti sessie Allianz Sweat Challenge berikutnya. Minggu ke empat bulan Mei 2018 bertepatan dengan bulan Ramadhan maka sessie diadakan pada sore hari. Tepatnya hari Sabtu tanggal 26 Mei 2018 jam 4 sore, mari kita ke Allianz Ecopark Ancol Jakarta Utara sambil ngabuburit melakukan yoga di kawasan yang asri dengan danau, pepohonan hijau dan berbagai keramahan lingkungan.
Selesai mengikuti sessie yoga yang berlangsung sekitar 1 jam, kami berjalan menuju Eco Market yang menawarkan banyak jajanan khas Indonesia dengan harga terjangkau. Saya tidak khawatir untuk jajan di sini karena saya lihat kondisi sekitarnya terlihat bersih dan penjual makanan tidak menerima uang secara langsung. Saya merasa jika jajan di warung yang menjajakan makanan seperti ini penjualnya menerima uang dengan tangan tanpa pelindung, sehingga hal tersebut dapat memberikan kuman/bakteri ke makanan yang dibuatnya. Akhirnya makanan yang kita beli tidak sehat deh...
Oh ya, di sini juga terdapat zona flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi anak sambil berekreasi. Di area ini juga dapat menjadi laboratorium lingkungan dengan melakukan pengamatan satwa liar yang hidup di kawasan hijau ini.

Asuransi Sebagai Proteksi
Asuransi sebagai proteksi sangat diperlukan justru disaat kita masih sehat dan produktif. Di awal kita bekerja maka kita sangat dianjurkan untuk segera melakukan proteksi dengan membeli produk asuransi. Bukan berarti kita berharap sakit untuk “memanfaatkan” polis asuransi yang telah kita bayarkan ya, namun cerdaslah mengatur rencana keuangan kita. Justru jika seseorang sudah sakit kritis, perusahaan asuransi tidak akan menerima orang tersebut sebagai nasabahnya. Mengenai asuransi sebagai proteksi, semoga suatu saat saya akan tulis di postingan lain yach.
Sekarang mari kita mulai gaya hidup sehat bersama Allianz Sweat Challenge. Segera ke website https://www.allianz.co.id/allianz-sweat-challenge untuk mendaftarkan bersama orang-orang yang kita cintai program hari Sabtu  tanggal 26 Mei 2018 jam 4 sore . See you....

Peserta sessie Yoga Allianz Sweat Challenge (Dok.Pribadi)

Berikut ini bisa dilihat jadwal program hingga bulan Desember 2018.



No comments:

Post a Comment