Tuesday 14 February 2017

RS Aka Medika Dompet Dhuafa Sribhawono, RS Berbasis Wakaf

RS Aka Medika Dompet Dhuafa yang berlokasi di Sribhawono Lampung Timur memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi kalangan tidak mampu, khususnya masyarakat  dan korban kecelakaan di sekitar Lampung Timur. Alhamdulillah, saya bisa menghadiri acara peresmiannya pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2017.
Acara dihadiri oleh berbagai kalangan, diantaranya Bapak Parni Hadi yang pada saat menjabat sebagai Pimpinan Redaksi Republika beliau menggagas terbentuknya Dompet Dhuafa. Hadir pula Bapak Bambang Widjojanto eks Wakil Ketua KPK.Tentunya juga para undangan, pejabat kesehatan provinsi Lampung dan masyarakat sekitar.

Tari Sambutan Traditional Lampung (Dok.Pribadi)
RS Aka Medika Dompet Dhuafa merupakan rumah sakit kedua yang dimiliki oleh DD. Yang pertama terletak di Zona Madina Parung Bogor Provinsi Jawa Barat. Untuk pembangunan dan operasional layanan kesehatan RS ini berasal dari dana zakat , infak dan sedekah kita semua (Hayoooo, kita sudah membayar ZIS bukan?) 


Berbicara mengenai kesehatan, maka tak bisa terlepas dari fasilitas kesehatan yang ada. Salah satu fasilitas adalah tempat tidur (Apaaaa?? Tempat tidur?? ZzzzzZz...). Yess, tempat tidur sebagai fasilitas kesehatan di RS. Menurut data Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI 2016, rasio jumlah tempat tidur rumah sakit per 1000 penduduk di Indonesia selama tahun 2011 - 2015 terus meningkat. Pertahun 2015, rasio tempat tidur RS di Indonesia sebesar 1,21 per-1000 penduduk. Ini telah mencukupi standard, namun ternyata ditemukan 6 provinsi yang rasio tempat tidur terhadap penduduknya kurang mencukupi. Ke 6 provinsi tersebut adalah : Banten, NTT, Jawa Barat, Sulawesi Barat, NTB dan Lampung.
Salah satu alasan Lampung Timur dipilih sebagai lokasi dibangunnya RS kedua Dompet Dhuafa adalah melihat kondisi demografi Lampung Timur yang memiliki 1,7 juta jiwa, sedangkan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit di daerah ini baru tersedia sekitar 70 tempat tidur.
Drg.Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi menambahkan keterangan,"Jika melihat rasio normal antara tempat tidur dan penduduk, yaitu 1 banding 1000, itu berarti masih dibutuhkan 1700 tempat tidur . Jika RS diperkirakan memiliki 100 tempat tidur, maka masih dibutuhkan 17 RS untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Lampung Timur. Maka Dompet Dhuafa hadir untuk melengkapi akses layanan kesehatan tersebut khususnya untuk kaum dhuafa."
Sayangnya pada kesempatan peresmian RS Aka Medika Dompet Dhuafa Sribhawono tidak dihadiri oleh Ibu bupati Lampung Timur, dan sepertinya beliau juga tidak mengirimkan perwakilannya. Sedih ih saya, padahal daerah ini seperti masih teramat sangat memerlukan perhatian pemerintah loh. Jalanan dalam keramaian seperti sekitar alun-alun saja terlihat rusak dan becek, padahal disekitarnya banyak pusat bisnis.
Ruang Anak RS Aka Medika DD Sribhawono (Dok.Pribadi)
Yang menggembirakan justru perhatian dan kampanye kesehatan dan keselamatan di jalan raya yang dilakukan oleh Honda Vario Club, bersamaan dengan diresmikannya RS ini, puluhan motor Honda Vario Club mengadakan "BLAAR" menuju Sumatera. Rekan-rekan HVC berkendara selama 8-9 jam menyampaikan pesan positif kampanye kesehatan dan keselamatan. Tentunya ini memiliki manfaat bagi seluruh aspek. Iya sih, dr Bakauheni hingga Sribhawono saya banyak melihat penduduk yang mengendarai atau membonceng tanpa menggunakan helm.
Rizki Abdi, perwakilan HVC Palembang di siaran persnya mengatakan,"Dengan adanya RS AKA Medika Sribhawono, semoga banyak masyarakat Lampung khususnya daerah Sribhawono dapat terbantu secara kesehatan. Hal ini juga menjadi rujukan untuk para bikers untuk mampir dan saling menginformasikan bahwa ada RS bagi masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi."

Bikers HVC juga melakukan keliling RS serta melakukan cek kesehatan, memberikan tips hidup sehat ala bikers, yakni :
  • Dilarang minum suplemen energi yang berlebihan.
  • Menjaga kebugaran selama perjalanan.
  • Berhenti merokok.
  • Makan tepat waktu.
  • Istirahat yang cukup.

Selesai seremonial peresmian RS, tamu undangan berkeliling rumah sakit yang bersih dan memiliki fasilitas yang baik. Ke depannya akan ada beberapa dokter terbang, yakni dokter spesialis ahli yang secara berkala hadir praktek di RS ini. Masalah biaya tidak perlu khawatir bagi yang tidak mampu, tentunya akan disurvey juga yaa.... Pada saat ini sedang berlangsung proses untuk penerimaan pasien anggota BPJS. Insya Allah, RS Aka Medika Dompet Dhuafa Sribhawono senantiasa memberi manfaat bagi semua.

No comments:

Post a Comment