Sunday 30 October 2016

Octobreast : Garda Medika Dan Lovepink Indonesia Mengajak Wanita Peduli Kanker Payudara



Bulan Oktober di Indonesia diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28. Bulan Oktober di dunia diperingati sebagai bulan Kanker Payudara hingga akhirnya lahir kata ‘Pinkoctober’. Gangguan kesehatan yang 99% menyerang kaum perempuan, dilambangkan dengan pita berwarna pink. Betapa hebatnya mereka yang menghadapi hidup di saat sel kanker berkembang di salah satu organ tubuh terpentingnya, organ tubuh dimana seorang memberi kehidupan bagi bayinya. Hingga mereka mampu menjadi survivor, menang melawan kanker tersebut. Mendengar cerita mereka saat awal mengetahui diri mereka terpuruk karena mengetahui sel kanker bersemayam di payudaranya. Namun mereka harus kuat, mereka berusaha agar menang, bertahan hidup dengan berkarya semampunya dan hingga akhirnya mereka dapat menjadi inspirasi pemudi-pemudi lainnya yang masih sehat agar senantiasa menjaga kesehatan dan terus berkarya. Hanya Yang Menciptakan yang mengetahui usia seseorang. Jikalau seorang dinyatakan kanker maka usaha harus terus dilakukan, setidaknya ini menjadi momen terbaik dalam peningkatan kwalitas hidupnya. 




Begitulah yang tergambar dari seorang Tante yang mengidap kanker, dalam kehidupannya tidak pernah menikah apalagi menyusui. Begitu mengetahui sel kanker telah menjalar ke seluruh tubuhnya maka justru upaya peningkatan kwalitas hidup dilakukannya hingga ia semakin bermanfaat bagi banyak orang – terutama bagi pengidap kanker payudara lainnya. Ini yang dapat kita saksikan dalam film Pinky Promise , sebuah film yang ditayangkan di bulan Oktober 2016. Saya bersama beberapa blogger dari Blogger Perempuan serta beberapa komunitas wanita diberi kesempatan menonton bersama film ini sekaligus berbincang-bincang mengenai berbagai hal mengenai kanker payudara. Kesempatan ini diadakan pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016 di Blitz CGV Mall of Indonesia Jakarta Utara dengan pihak pengundang adalah Garda Medika


GARDA MEDIKA OCTOBREAST

Garda Medika melalui Asuransi Astra Peduli menyelenggarakan acara Garda Medika Octobreast bekerjasama dengan Love Pink Indonesia di Jakarta, Makassar dan Medan selama bulan Oktober 2016. Bersyukur saya mendapat undangan melalui Blogger Perempuan untuk menghadiri acara-nya sekaligus menyaksikan film Pinky Promise. Acara yang diselenggarakan di Blitz CGV Mall of Indonesia hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari tempat tinggal saya. Tentunya ini semakin menambah keantusiasan saya. Bukan sekedar nonton bareng-nya, tetapi kepedulian saya terhadap kanker payudara sudah menjadi keharusan bagi saya karena beberapa Tante meninggal dunia disaat kanker ini menyerangnya. Karena keterbatasan wawasan dan fasilitas kesehatan di masa lalu dan di daerah luar ibukota maka tak cepat tertangani. Setidaknya di detik terakhir usianya hidup bisa lebih maksimal berkreasi jika mengetahui lebih awal.

Bersyukurlah kita sekarang berada di zaman yang sangat mudah mendapatkan informasi. Bahkan perusahaan komersil-pun tetap harus memiliki kewajiban sosial kepada masyarakat, seperti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Garda Medika. Kali ini bekerjasama dengan Lovepink Indonesia mengadakan edukasi mengenai kanker payudara.

Sebelum kami memasuki Auditorium 9 , ruangan penayangan film Pinky Promise kami melakukan registrasi ulang, photo both sambil kampanye mengenai kepedulian kita kepada sahabat-sahabat yang fighting dan survivor kanker payudara serta juga medical check up (Gula darah, kolestrol dan tensi darah) . 


Sharring Session Lovepink Indonesia



Menjelang sore kami masuk di auditorium 9 dan mengikuti sharing session mengenai kanker payudara bersama dengan dokter Doddy Permadi yang menjelaskan dari segi kesehatan serta pembicara dari Love Pink Indonesia, bahkan setelah itu 2 Survivor menceritakan kisah kesehatannya saat mereka fighting dalam menghadapi kanker payudara.

Lovepink adalah sebuah gerakan sosial yang diprakarsai oleh dua sahabat yang berhasil mempertahankan hidup mereka dari kanker payudara. Garda Medika merupakan salah satu perusahaan yang sangat memberi support kepada lembaga ini.


Bersumber dari penelitian Kementerian Kesehatan, Top 5 kanker di Indonesia 2016 adalah :

  1. Kanker Payudara 
  2. Kanker Kolorektal 
  3. Kanker Leher Rahim 
  4. Kanker Paru  
  5. Kanker Rahim

Ternyata wanita karier lebih berisiko terkena kanker payudara 70% dibanding ibu rumah tangga atau wanita yang hanya staff biasa (Penelitian Dr.Tetyana Pudrovska tentang Higher Status Occupations and Breast Cancer)

5 Penyebab Kanker Payudara Terhadap Wanita Karir adalah :

  1. Tidak Menyusui 
  2. Menunda Kehamilan 
  3. Stress Pekerjaan 
  4. Polusi Udara 
  5. Kurang Tidur

Hal diatas memang merupakan penyebab utama, namun saya memiliki teman dekat yang terkena kanker payudara yang dari 5 penyebab diatas tidak ada pada dirinya. Beliau adalah ibu rumah tangga yang baik, menikah di usia 24 tahun tanpa menunda kehamilan,hidupnya di pinggir kota Jakarta sangat bersahabat dengan alam karena jarak sekolah kedua anaknya dekat dengan tempat tinggalnya sehingga tidak pernah menghadapi kemacetan kota, tidur teratur dan suaminya memberi nafkah dengan sangat baik ketika itu. Tuhan Menentukan, di saat kedua anaknya beranjak dewasa dirinya terkena kanker payudara.

"Pinky Promise"

Sore itu pula kami peserta Garda Medika Octobreast melakukan janji dengan menggunakan gelang kami menautkan kelingking satu dengan yang lainnya, menyatakan : “Saya bersama Lovepink dan Garda Medika mendukung gerakan peduli kanker payudara”

Perlu diingat lagi bahwa ternyata 85% kasus kanker payudara justru menimpa wanita yang dalam keluarganya tidak memiliki riwayat kanker payudara. Oleh karenanya, mari secara berkala kita melakukan SADARI. Unduh aplikasi Breasties yang merupakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) reminder dari Lovepinkindonesia.org

Oh ya dalam sessi ini kita juga menyaksikan film pendek “Rumpian Beha” loooh! Menambah wawasan agar kita selalu melakukan SADARI . Silakan tonton :)




GARDA MOBILE MEDCARE

Nah selain aplikasi Breasties dari Lovepinkindonesia yang merupakan reminder SADARI, Garda Medika memiliki Garda Mobile Medcare. Perusahaan asuransi dari Astra Group ini memberikan fasilitas aplikasi kepada masyarakat agar kita senantiasa merawat dan peduli terhadap kondisi kesehatan. Mari kita manfaatkan aplikasi ini agar menjaga kesehatan tetap bugar. 




Apa saja manfaat menggunakan Medcare? Simak ya... :)


Daily Activity Tracker



Dengan fitur ini kita dapat mmbuat catatan  dan memantau aktifitas kita sehari-hari. Mengetahui kondisi tubuh, mass index dan berat badan ideal, serta mencatat target  kesehatan, seperti target makanan dan minuman sehari-hari yang kita konsumsi dan mencatat waktu kita tidur.


Friendly reminder for your peace of mind



Suka terlewat minum obat? Dengan fitur ini kita bisa memasang alarm pengingat agar diingatkan oleh Medcare pada jadwal minum obat. Demikian pula pemeriksaan kesehatan (medical check dan control) semua bisa diingatkan oleh Medcare. Jadi jangan sampai terlewatkan deh urusan minum obat atau pemeriksaan!


Garda Medika Claim



Ini layanan ekslusif untuk anggota Garda Medika. Pada fitur ini tertera waktu klaim yang pernah kita lakukan dan berbagai benefit atau keuntungan sebagai anggota Garda Medika. Tetapi jujur aja, saya akan menjaga agar catatan klaim (the history of claims) tetap tak terisi karena saya berusaha menjaga kesehatan agar tidak pernah klaim asuransi kesehatan walaupun asuransi kesehatan wajib kita miliki. Asuransi kesehatan merupakan proteksi, dan kesehatan itu-lah yang harus kita investasikan agar kita dapat benefit dalam hidup ini.

Cara mengunduh aplikasi ini sangatlah mudah . Kita hanya melakukan klik di  https://www.asuransiastra.com/service/garda-mobile/medcare dari gadget milik kita.

No comments:

Post a Comment