Tuesday 12 April 2016

Belajar Personal Finance dan Travel Writing di Care Day Sisternet

Setelah mengikuti kelas Menulis Konten Viral bersama Ollie di Tier Space yang diselenggarakan oleh Sisternet pada hari Rabu, 30 Maret 2016 maka menangguk ilmu saya lanjutkan di event Care Day Sisternet yang berlangsung Sabtu, 2 April 2016 di The 101 Dharmawangsa Hotel. 
Peserta Workshop Menulis Konten Viral (Dok.Sisternet)
Sisters diperkenankan memilih salah satu kelas, yakni : Personal Finance 1.0 oleh Sister Ligwina Hananto , Founder dan CEO QM Financial serta kelas berikutnya adalah Travel Writing 1.0 oleh Amalla Vesta, Founder @LiburanLokal, Travel Consultant & Writer sekaligus Senior Manager Digital Communication Garuda Indonesia. Setelah menghadiri kelas-kelas tersebut maka Sister mengikuti Training of Trainers oleh QM Trainer – QM Financial, dengan maksud seluruh Sisters yang telah mendapatkan ilmu pada Care Day segera melakukan Giving Back Workshop alias membagikan ilmu yang telah di dapat ke wanita-wanita di sekitar kita.

Sebenarnya bukan hal yang sulit bagi saya yang memiliki pengalaman mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak dan mengajar SMA Persamaan mata pelajaran bahasa Inggris dan Tata Negara bagi Assisten Rumah Tangga yang akan mengikuti ujian paket C dengan dana dari satu LSM yang fokus mengurusi tenaga kerja wanita, khususnya assisten rumah tangga. Murid saya lebih dari 20 orang perkelas-nya. Di program Sisternet juga di sarankan untuk berbagi ilmu dengan 20 wanita lainnya. 

Awesome Sisters - Sisternet Care Day Batch 1
(Dok.Pribadi)
Nah, yang jadi masalah (Sebenarnya nggak baik nih belum bertindak tapi sudah menjadikan masalah sebagai hambatan) mengumpulkan 20 orang sekaligus dalam 1 waktu dalam tempo 10 hari agak sulit! Lah janjian sama beberapa teman aja ngatur waktunya susah beneeer.... Kalau membuat workshopnya sudah direncanakan dengan matang,proposal tersusun beberapa waktu sebelumnya,barangkali saya akan mengadakan workshop tersebut secara maksimal. Sebelumnya saya juga sudah sering menjadi pembicara dan berbagi cerita dalam beberapa acara. 

Pengarahan sebelum Training of Trainers (Dok.Sisternet)
Tetapi saya tetap akan mengajar dan berbagi ilmu, apalagi topik-nya sangat saya gemari, yakni Travel Writing. Bukankah sejak beberapa tahun lalu tulisan wisata saya sering dimuat di media cetak? Serta saat ini saya sedang menjadi Content Writer di media online wisata. Yuk ah mulai belajar dan berbagi lagi setelah beberapa tahun saya “pingsan” di media cetak whehehe....Untuk tulisan wisata domestik, sebagian kecil bisa dibaca di blog saya, CINTA WISATA KITA

Lunch at The 101 Cafe Dharmawangsa (Dok.Sisternet)
Sebagian lunch saya siang itu :D
Di kelas Travel Writing 1.0 Sister Amalla Vesta W menjelaskan “What to Write in Travel Writing?” , yakni Trip Story, Authentic Culinary, People, Local Culture, Review on hotel, restaurant, tourist spot,flight experience, Festival/Event and many more.
Everyone has their own traveling style and interest. Sister @SwankyTraveler memiliki style and interest pada beach adventure dan city trip, sehingga jika ia melakukan perjalanan maka harus berkunjung ke pantai dan menyusuri kehidupan kota-nya. Menurutnya pantai di Indonesia gak ada matinya alias keindahan pantai di Indonesia adalah terbaik di dunia, belum ada yang mengalahkannya. Yuk rawat pantai di Indonesia!
There are many ways to share your travel story! Diantaranya melalui Travel Vlogging yang saat ini lagi nge-trend , Travel Sketching yakni membuat sketch bagi yang senang menggambar atau Travel Writing. Berhubung siang itu kami berada di kelas Travel Writing, maka dibahaslah Travel Writing.
Masing-masing orang juga memiliki type of travel writing, yakni : Travel Literature, Travel Journal, Guide Book dan Travel Book. Kemudian diberikan contoh beberapa Travel Writer yang memiliki gaya berbeda, diantaranya Alex (amrazing.com), Windy Ariestanty, theswankytraveler.com dan Marischka Prudence. (Alhamdulillah, sehari sebelumnya saya juga bisa belajar dari Alex dan Pru mengenai travel blogger di event hitsss Local Fest ).

Sisters diberi tugas menulis 5 judul tulisan perjalanan terakhirnya dalam waktu 5 menit, dan saya langsung membuka beberapa blog yang saya miliki, menyalinnya ke dalam kertas, yakni :

Kemudian kami di beri tugas memberi hightlight dari masing-masing judul menuliskan 1-2 paragraph. Beberapa sisters diberi kesempatan untuk membacakan karya singkatnya.
Setelah praktek singkat menulis perjalanan Sisters juga dijelaskan bagaimana mempublikasikan tulisan dengan media personal, seperti blog dan juga media lainnya seperti media print/online, blog lainnya yang terkenal dan website lain. Alhamdulillah sejak 20 tahun lalu, tepatnya sejak SD saya sudah melakukannya yakni mengirim ke media cetak. Sepertinya saya harus membagikan ilmu yang lama terpendam ini loh...cieee...
Memang itu merupakan kewajiban para Sisters yang sudah mengikuti CARE DAY hari ini, setelah dua kelas selesai kami harus mengikuti “Training of Trainers”. Di kelas inilah kami digembleng untuk menjadi Trainer dengan berbagi ilmu yang telah kita dapatkan ke minimal orang-orang sekitar kita dengan mengadakan “Givingback Workshop”

Yes, I'm an awesome sister! Komitmen untuk Givingback Workshop (Dok.Pribadi)
Hayoo yang mau lebih belajar menulis, saya siap menjadi Trainer yang konsisten nih. Nggak seperti dulu, ngajar kalau lagi mood aja...hahaha....
Serta bagi yang mau bergabung di Sisternet, silakan daftar di www.sisternet.co.id (Klik Sign In/Registrasi) dan pada bagian kode registrasi, masukkan kode : AN1602 agar kita sama-sama mendapatkan poin ya. Insya Allah kode sisternet saya berkah karena sesuai dengan tanggal lahir ibunda saya, 16 February...hihihihi...nyambung gak nih?

2 comments:

  1. wuih, rame ya..?? cewek semua pula.. hahaha... tp bagus nih ilmunya! :D

    ReplyDelete
  2. Hehehe...namanya juga "sister"...ya cewek semua deh kami, kecuali yang motret dan ngurusin peralatan beratnya :D

    ReplyDelete