Saturday, 25 August 2012

Beauty and Business Journey

Ada keputusan yang sepertinya sepele namun ternyata berdampak keyakinan dalam hati saya, yakni dimana saya ingin menikmati masa tercapainya impian bersama Oriflame, sebuah perusahaan MLM asal Swedia.

Diantara pertimbangannya begini :
Saya mengikuti sebuah contest di produk yang sama dengan Oriflame, dan keduanya sama peduli lingkungan, peduli sosial dan visi misi-nya sejalan dengan pribadi saya. Saya sudah menulis essay sebaik mungkin karena jika saya terpilih menjadi "duta" di produk tersebut maka saya harus menuliskan segala produk yang saya gunakan di blog dan social media. Tetapi rezeki saya tidak berada di produk tersebut, walaupun saya telah menyukai dan menggunakan sejak saya kuliah di New Zealand. Saya tidak masuk sebagai "duta" dari produk tersebut. Entahlah apa yang jadi pertimbangan...
Tidak ada rasa kecewa, tetapi saat mengirimkan tulisan pengajuan ke produk tersebut saya merasa bahwa saya sangat memenuhi kriteria dari semua persyaratan, dan saya juga sudah berketetapan andai  tidak terpilih menjadi duta produk tersebut berarti saya harus serius menjalankan bisnis MLM Oriflame yang terbengkalaikan selama ini :) Toh visi dan misi kedua brand ini memiliki banyak kemiripan, dan sama-sama produk import (Khusus produk bodycare dan cosmetic lokal saya juga telah memiliki brand andalan)
Setelah saya tinjau dan  membuat keputusan, ternyata Alhamdulillah dengan mengaktifkan keanggotaan saya di Oriflame saya mendapat benefit lebih selain dari kesesuaian visi misi yang saya tulis diatas. Diantara benefit itu adalah :

Study at Oriflame Academy



Yeaaay, passion saya untuk selalu belajar terasah di Oriflame Academy. Kalian boleh check di academy sebelah berapa yang harus kita bayar andai belajar Bisnis, Kesehatan dan Kecantikan. Nggak cukup sejuta atau 2 juta rupiah! Apalagi yang statusnya diakui oleh dunia international. Bukan berarti saya pelit spending money untuk urusan pendidikan ya? :) Tetapi kalau ada yang menawarkan manfaat kerjasama yang saling menguntungkan tanpa mengeluarkan uang - bahkan kita mendapatkan uang apalagi kwalitas pendidikan bereputasi international  kenapa tidak diterima? Apalagi belajarnya sambil bersenang-senang :)
Oke selama ini saya "menolak" beasiswa dengan alasan bahwa banyak yang lebih membutuhkan beasiswa (khususnya di LN) tersebut,sedangkan saya Alhamdulillah keluarga yang saya cintai masih bisa mendukung dari segi apapun. Jadi saya lebih bahagia "menyumbangkan" kuota tersebut ke orang yang tidak seberuntung saya. Tetapi di Oriflame, walaupun saya mendapatkan fasilitas pendidikan bertaraf international ini semua orang masih dapat kesempatan yang sama. Bahkan semakin banyak saya mengajak orang untuk belajar di Oriflame Academy, semakin banyak bermanfaat bagi orang lain juga.
Mobil Impian Sejak SMP

Sejak lahir ke dunia ini kendaraan yang saya naiki sudah sedan build up Eropa. Ayah selalu memanjakan saya dengan kendaraan mewah, hingga awal kuliah salah satu mobil keluarga  adalah Mercedez, brand mobil paling mewah yang ada di Indonesia ketika itu...hhmmm sampai sekarang sih, buktinya walau ada brand yang lebih mahal kendaraan kepresidenan masih menggunakan brand ini :)
Kalau bepergian dengan keluarga besar saya pasti menggunakan mobil yang dimiliki oleh Ibu atau kakak-kakak . Saya pribadi untuk jarak dekat lebih senang menggunakan motormatic. Kalau bepergian ke daerah macet  lebih suka menggunakan TransJakarta, Bajaj atau Taksi. Saya enjoy melakukan ini, karena baik bagi lingkungan dan dapat berbagi dengan sesama. Apakagi setelah melakukan "study banding" di hari kerja waktu saya lebih effisien daripada mereka yang menyetir sendiri .Cari parkir di Jakarta bisa 1/2 jam sendiri loh :) Andaipun mobil impian dari Oriflame dapat saya raih...saya akan menggunakannya pada saat tertentu , sama dengan mobil yang saat ini lebih sering terparkir di garasi tempat tinggal saya.
So jangan pernah tuntut saya untuk menampakkan kesuksesan dengan materi atau membahagiakan orang-orang yang saya cintai dengan materi. Alhamdulillah, orang-orang yang saya cintai justru orang yang mampu dan berdaya :)
Tidak ada "tuntutan" ini maka saya akan lebih banyak berbagi kepada rekan/kawan/saudara yang masih memerlukan mobil-mobil ini melalui bisnis Oriflame. Makanya saya terus belajar dan belajar..."pelajaran"-nya yang saya ingin dapatkan, bukan sekedar mobilnya :)


Keliling Dunia Gratis


Masih ingat tulisan saya "Masih Perlu Keliling Dunia" ?? Yup, sejak kecil alam bawah sadar saya memang meyakini bahwa saya harus keliling dunia. Alhamdulillah, saat usia masih 20-an 3/4 dunia telah saya arungi - termasuk menunaikan rukun Islam ke-5. Keberuntungan yang sangat saya syukuri berulangkali saya tuturkan kepada Allah Swt. Dalam beberapa tahun rehat keliling dunia, dan kemudian saat saya merasa terlahir kembali ke bumi ini, saya meyakini bahwa saya harus mengarungi bumi Allah kembali hingga ke tiap sudut. Biaya sendiri?? Insya Allah, saya adalah orang yang yakin akan rezeki dari Maha Pemberi Rezeki, sehingga saya tidak akan mengatakan,"Dengan biaya sendiri??? Saya sih nggak mampu..." Saya tidak pernah mengizinkan pikiran saya disusupi rasa "ketidakmampuan" atau mental "inginnya gratisan"! Saya ingin mengajak mereka/kalian untuk menikmati apa yang saya syukuri sejak kecil ini, berkeliling dunia dengan fasilitas baik - bukan travel yang memikirkan aneka budget yang menjejal kenikmatan berwisata.
Yang membuat saya yakin bahwa Oriflame dapat menjadi sarana mewujudkan impian untuk mengarungi bumi-NYA ke setiap sudut adalah : Oriflame mengadakan event wisata di kota/negara yang "tak lazim" seperti : Athena Yunani, Mombasa Afrika, Rio De Janeiro, Roma Italia, Stockholm Swedia dan selanjutnya Gowa India, Dubai, Oman, Cape Town Afrika dan Seychelles. Lihatlah kota yang Oriflame pilih! Bukan Seoul Korea, Sydney Australia, Singapore, Bangkok Thailand, New York, Los Angeles,Tokyo,London atau "kota pasaran" lainnya.Walaupun beberapa kota yang Oriflame berikan sudah pernah saya kunjungi.
Kamu ingin mengarungi bumi ini dengan fasilitas yang baik, tetap sehat , langsing, cantik dan berduit?? Saya memang baru memulai bisnis Oriflame, namun saya memiliki keyakinan semua terwujud apabila bekerja sama dengan orang-orang hebat seperti kalian. Bersama kita bisa mewujudkannya. Saya bisa dihubungi melalui email : balqis57@gmail.com atau isi form di : http://www.dbcn-top15.com/?id=bugarcantik
Insya Allah, banyak event kecantikan, kesehatan dan bisnis yang akan saya dan teman-teman laksanakan di seluruh Indonesia. Kalian bisa terlibat aktif dengan fun bersama kami  :)


Ada artikel bagus yang ditulis oleh Bapak Hanafi Rais,Dosen UGM lulusan beberapa pendidikan tinggi (Salah satunya : National University of Singapore) yang juga merupakan putra dari Bapak Amin Rais, tokoh terkenal di Indonesia. Bapak Hanafi Rais saat blog ini saya posting masih berada di Stockholm Swedia untuk mendampingi dan mendukung sang istri, Ibu drg.Astriani Karnaningrum yang mengikuti acara Oriflame Global Gold Conference 2012 dan mendapatkan kesempatan Dinner bersama Ratu Swedia, H.M Silvia. Terus di event sebelumnya para leader Oriflame ini juga dihibur live oleh grup music Roxxete yang kondang itu. Demi Moore juga hadir...khan aktris satu ini akan dijadikan "duta" dari parfum Oriflame yang diambil dari namanya.

Oke,saya akan cantumkan artikel dari Bapak Hanafi Rais. Semoga beliau dan sang istri berkenan ya tulisan dari FB-nya saya kutip disini :)

ORIFLAME Indonesia ROCKS!
Oriflame Indonesia memang dahsyat, ampuh, luar biasa, mantap, dan hebat! Komplit pokoknya! Bagaimana tidak? Saat ini selama 8 hari, dari tanggal 20-27 Agustus 2012, seluruh leaders dari penjuru 60 dunia, dari Russia hingga Indonesia, dari Polandia hingga India, dari Mexico hingga Maroko, berkumpul di Stockholm, Swedia dalam rangka dirgahayu Oriflame yang ke 45, dan Indonesia menjadi kontingen leaders terbanyak kedua setelah India.

Soal jumlah memang Indonesia, biasanya bersama India dan Cina, memang selalu banyak. Pantas saja, karena ketiga Negara ini masuk Negara berpopulasi terbesar dunia. Tapi soal mutu biasanya Indonesia sering diremehkan. Lihat saja yang barusan lewat. Di Olimpiade 2012 di London, Indonesia tidak menggondol emas satupun; di ASEAN soal Rohingya, Indonesia juga sikapnya biasa-biasa saja sebagai Negara terbesar di Asia Tenggara; di kualifikasi Piala Dunia juga Indonesia selalu gagal, termasuk ingin jadi tuan rumahnya 10 tahun lagi.

Tapi di tempat kelahiran Alfred Nobel ini, nama Indonesia begitu harum dan diakui oleh banyak peserta lain dari 59 negara lain yang totalnya berjumlah 6600 orang. Semalam, dalam acara Asia Business Conference, berbagai kategori dan titles untuk para leaders dan Negara peserta Oriflame dibuncah oleh direksi pusat Oriflame, sekaligus perkembangan kesempatan bisnis di tiap Negara di Asia. Ini tampaknya sekaligus jadi semacam laporan “progress report” oleh pihak direksi pusat Oriflame.

Dari banyak kategori titles di Oriflame yang digelar semalam di Globen Arena, Indonesia membuktikan sebagai “juara umum”-nya. Orang Swedia yang menyaksikan penuh acara tersebut pun berujar, “Indonesia, you are winning tonight, this is your day”, sambil bareng-bareng pulang menuju train station T-Centralen. 

Nama leaders dari Indonesia disebut berkali-kali, hampir di tiap kategori yang dikompetisikan untuk se-Asia.  The fastest growing leader se-Asia disabet oleh Dian Endriyana. The fastest increase of income digaet oleh Dian lagi. Kakaknya, Eka Satriyana, juga menyabet gelar 4 new titles dalam setahun. Untuk leader yang bisnisnya maju karena program Wellness (Nutrishake) diraih oleh Mia yang diiringi oleh lagu dangdut "goyang dombret" (mungkin lebih pas lagi kalau lagunya "iwak peyek") :D

Setiap kali nama leaders dari Indonesia disebut sebagai pemenang kompetisi multi-kategori itu, secara spontan, kami, para suami yang jadi penggembira kontingen, termasuk saya dan suami Mbak Doris, Mas Yassir, meneriakkan “EN-DO-NE-SI-A” layaknya kita sedang menonton pertandingan bola lawan Malaysia. Meneriakkan “Indonesia” yang selama ini cuma dianggap remeh dan banyak gagalnya meraih impiannya akhirnya tertembus juga di langit Swedia, tempat Oriflame ini lahir. Really well-compensated!

Puncaknya adalah ketika MC mengumumkan kategori terakhir “ASIA TOP 15”. Ini adalah kumpulan para leaders se-Asia yang meraih prestasi paling hebat dalam 15 rangking tertinggi. Ini yang jadi berita: dari 15 orang Asia tersebut, 8 orang dari Indonesia, and THEY ARE STILL YOUNG (some of them i know like mbak nadia, mbak dini, mbak sharah)! Kontan, setiap kali leaders Indonesia maju ke panggung dan duduk di kursi kehormatan, kami para supporters takjub dan bangga terhadap 8 orang tersebut dan makin lantang berteriak dan mengibar-ngibarkan bendera Indonesia berukuran 2x3 meter di depan panggung.

Betul kata orang Swedia tadi, Indonesia benar-benar memiliki arena tadi malam & semua orang se-Asia merayakannya. Alhamdulillah.. Terima kasih Ya Allah Engkau telah menjadi co-workers para leaders Oriflame ini, semua hasil kerja keras dan semangat mereka pun TEMBUS LANGIT*! (oleh Hanafi Rais, at Hotel Clarion Sign, Stockholm, sambil menunggu sarapan)

*salam jari “L”, tembus langit*

1 comment:

  1. bangga dan bahagis bisa menjadi bagian dari sesuatu yang BAIK,, bagi diri kita dan mereka :)
    let's ROCK and WORK together ;)

    ReplyDelete