Tuesday 3 May 2016

Aksi Mewujudkan Impian di Inspire Day Sisternet



Ketika acara “Care Day” berlangsung kami sudah dijelaskan mengenai “Inspire Day”. Sangat menarik karena di ajang ini kita action mewujudkan impian kita di 3 hal yakni : Ide Kreatif, Bisnis dan Social. Kami diharuskan mengirimkan Personal Project ke Sisternet dan diseleksi untuk mengikuti “Inspire Day” batch 1 pada tanggal 16 April 2016 di Morrisey Hotel Jakarta Pusat.
Ada beberapa project yang terdapat dalam list dreams saya, tetapi berdasarkan pengalaman bahwa justru dreams sederhana yang biasanya terpilih di ajang seperti ini, maka terkirimlah 1 Personal Project tentang Website Travel for Urban Woman. Sekedar repotition beberapa blog yang saya miliki, supaya ada fokus dan profesional. Memang saya juga sebagai content writer di web wisata, tetapi itu pasarnya lebih ke family traveling.

Jam setengah 9 saya sudah tiba di Morrisey Hotel dan rewrite slide personal project. Karena menurut Mbak Rahmi slide personal project yang saya email hanya sampai ke panitia cover-nya saja. Hadeeuh...hehehe...
Acara dimulai (sebenarnya) tepat waktu. Dibuka oleh kata sambutan VP of XL Digital Service, Mr.Jeffy A Sani dan wefie....Setelah Mrs.Ligwina Hananto memberi beberapa patah kata, maka kami memasuki sessie coaching. Bukan motivasi sih, mereka (Mr.Didi  and Mr Ricky from Impact Factory) juga nggak mau dianggap sebagai motivator. Pokoknya mereka memberikan materi kepada kami agar kami lebih KEREN. Thema dari materi yang dibawakan adalah ‘LET’S REDISCOVER YOURSELF”. Catat ya, katanya sih kami 33 orang  terpilih dari ratusan peserta gituh.  Di sessie ini kami diajak rileks, menjadi diri sendiri, menggali potensi, bahasa tubuh yang keren, menghargai waktu,dll!
Sisters terbagi menjadi 3 group untuk coaching menghadapi pitching. Supaya persentasinya keren! Saya mendapat group yang coach oleh Mr.Ricky. Semacam public speaking-lah, karena kami semua diberi waktu 2 menit untuk berbicara di hadapan Sisters lainnya, kemudian Sisters lainnya memberikan komentar. Yang pertama kali tampil di group saya seperti nggak asing deh. Ternyata nih cewek pemenang pertama Passionpreneur Rumah MC yang waktu itu saya juga hadir sebagai salah satu Kompasianer yang meliput di acara finalnya. (Baca : Passionpreneur : Berwirausaha itu Keren, Berwirausaha Sesuai Passion Itu Dahsyat ) . No wonder kalau dia begitu fasih presentasinya. Saat berlangsungnya bagian ini sebenarnya saya berniat capcus dari Morrisey Hotel karena harus lunch di salah satu hotel di Jakarta Selatan (Baca : Sunday Brunch di Swiss-Cafe at Swiss-Belhotel PondokIndah) . Miracle banget untuk saya sih karena pihak client nge-reschedule acara tersebut. Bersyukurnya lagi saat waktu saya ingin meninggalkan Morrisey Hotel pukul 11, justru inilah waktu yang sedang asyik-asyiknya. Wuiiii...untungnya saya bisa menjalankan 2 acara yang saya inginkan tanpa mengganggu satu dengan lainnya.
Sebelum lunch kami terbagi 5 kelompok untuk melakukan mentoring dan pitching. Saya dan Dina mendapat kelompok 3. Kami segera makan siang di Klasse Cafe. 3 tahun lalu, ketika menginap di hotel ini saya pernah breakfast di Klasse Cafe. Sedangkan di Ocha & Bello Resto, restaurant yang berada di Morrisey Hotel pada tanggal 6 April 2016 saya lunch disana pada acara Peluncuran Panduan Seafood yang diselenggarakan oleh WWF Indonesia dan beliyangbaik.org . Pada saat makan siang ini Dina justru ambruk dan tidak kuat melanjutkan acara, dia-pun berpamitan kepada panitia untuk pulang. Malamnya ia harus diopname di Siloam Hospital Semanggi. Haduuuh, kok jadi kamu sih,Jeng yang ninggalin acara? Daripada opname di hospital khan mending check in di hotel...hihihihi...
Jam 14.30 kelompok 3 mendapat giliran mentoring dari QM Financial, dengan tujuan “Sharpen Your Details”. Di sessie ini proposal personal project kita dievaluasi oleh para mentoring agar dalam sessie pitching kami kuat keyakinan menjawab feedback (Atau bantaian?hahaha) dari 2 juri.
Memasuki sessie berikutnya adalah pitching, yaitu presentasi di hadapan 2 juri yang terdiri dari Nila Tanzil dan Dr.Grace Judio. Di kelompok 3 saya mendapat giliran yang pertama. Awalnya saya siap presentasi tanpa menggunakan slide, oleh karenanya coret-coretan yang telah dibuat tetap saya pegang. Ternyata begitu memasuki ruangan, di layar telah terpampang slide personal project dengan manisnya. Terima kasih, Ibu-Ibu Panitia yang gesit-gesit...hhihihihi...alhamdulillah tidak ada rasa grogi saat berpresentasi. Emang nggak ada beban sih, anggap aja kalau saya mengajar. Saya malah masih sempat terpana melihat kehalusan wajah Dr.Grace. Wuiii, lalat en nyamuk bakal kepleset tuh kalau nemplok di wajahnya. Kalau halus, bersih dan kencang deh para ABG!
Ba’da Maghrib diumumkan 5 Pemenang Personal Project. Pemenangnya memang keren deh projectnya, yakni :
Pemenang Utama bernama Juwita yang personal project-nya di bidang bisnis dengan nama ‘Ruschka Books’ yang artinya Pena (Dalam bahasa Rusia). Dengan menggunakan platform digital sister yang satu ini bermaksud memperluas minat baca. Dengan menggunakan teknologi ini sehingga memotong jalur dan biaya distribusi dengan tujuan harga buku lebih terjangkau, royalti yang diperoleh penulis lebih tinggi dan pembaca lebih mudah mengakses buku bermutu. Sebagai pecinta buku dan penulis buku saya sangat setuju dia pemenangnya! Hehehe...
Berikutnya 4 pemenang lain adalah :
Desy, karyawati swasta di bidang HR & GA. Personal projectnya Ide Bisnis dengan nama ‘inSCRAOiration’ yakno produk homedecor/houseware bernilai seni dan memiliki daya jual tinggi. Produk daur ulang yang juga ramah lingkungan.
Ririn, PNS yang memiliki personal project bidang sosial dengan nama ‘Kaya Tanpa Korupsi’ yang sudah dimulainya sejak tahun 2013. Merupakan rangkaian seminar dan training perencanaan keuangan yang diperuntukkan bagi PNS dan calon PNS. Keren dah!
Jihan, mahasiswa komunikasi yang personal projectnya adalah ide bisnis, yakni ‘Babysitter App’. Mirip dengan Go Maid dan Go Clean kalau menurut saya, tetapi ini ‘babysitter’. Gimana kalau ‘Eldersitter’? Saya perlu nih untuk ortu...hehehe....
Sari, wiraswastawati dan fotografer yang memiliki personal project kombinasi karya kreasi dan sosial bernama  ’99 Narasi Semesta’, berupa kumpulan puisi anak-anak yatim dan dilampiri foro. Hasil dari buku yang terjual di donasikan kembali untuk kegiatan sosial. Mulia dan keren!

Oke banget yach ini event. Dari kalangan apapun kita, berapapun usia kita, apapun bakat or passion kita, bagaimanapun personal project kita...semuanya bisa nge-blend di acara ini seolah tanpa batas. Ikutan yuk, eh ada deh batasannya, yakni kamu harus wanita! Kalau kamu wanita silakan bergabung bersama di sisternet.co.id . Isi KODE REGISTRASI dengan : AN1602 agar kita mendapat poin tambahan. Yuk berbagi dan menginspirasi.

No comments:

Post a Comment