Wednesday 28 October 2015

Breast Cancer Awareness Campaign : Pink Tidak Hanya Identik di Bulan February

Warna pink identik dengan bulan February karena konon itulah bulan kasih sayang. Tetapi keidentikkan pink di bulan February sudah tidak mendominasi lagi, karena sesungguhnya ada bulan yang lebih menunjukkan kasih sayang lebih luas, yakni PINKOCTOBER! Bulan October merupakan bulan "Breast Cancer Awareness" di seluruh dunia. Di bulan ini sebagai wanita  baik hati, cantik fisik dan hati, tidak sombong dan rajin menabung dapat dipastikan memiliki kepedulian terhadap penyakit kanker payudara.


Kepedulian terhadap kanker payudara tidak saja dilakukan oleh perorangan, namun berbagai lembaga - baik profit maupun non-profit banyak yang melakukan aksi "Breast Cancer Awareness Champaign". Seperti hal-nya yang dilakukan oleh PT.Pulau Mahoni  . Produk Clinique mengundang Beauty Blogger untuk hadir dalam acara di Pondok Indah Mall.
Pada dasarnya saya sudah peduli dengan penyakit kanker sejak akil baliq. Mengapa?? Karena Ayah saya meninggal dunia melalui penyakit kanker paru-paru. Beberapa Bibi dari pihak Ayah meninggal dunia karena kanker payudara, bahkan sepupu saya diantaranya pernah melalui tahap operasi "cikal bakal" kanker payudara. Menyeramkah kanker itu??? Aaaah, sekarang mah nggak tuh kalau menyaksikan keberadaan para survivors. Itu penilaian saya ketika hadir memenuhi undangan Clinique pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015. Hadir dengan kesadaran penuh bahwa saya memiliki genetik kanker, bertekad peduli dengan penyakit ini sehingga saya memilih undangan ini dibandingkan event lainnya yang juga saya dapatkan.

"Cancer is still a word that strikes fear into people's hearts, producing a deep sense of powerlessness. 
But today it is possiple to find out through a blood test whether you are highly susceptible to breast and ovarian cancer, and then take action." 
("My Medical Choice" by Angelina Jolie, The New York Times - 14 Mei 2013)


LET’S DEFEAT BREAST CANCER

WE’RE STRONGER TOGETHER


Beauty Bloggers siang itu mengikuti talkshow “Pentingnya dukungan keluarga dan medis bagi Penderita Kanker” sekaligus “Mengetahui dan Mencegah Breast Cancer Sejak Usia Dini” dengan pembicara Dr.Roys Pengayoman, SpB dari Siloam Hospitals Simatupang. Juga 2 narasumber survivor kanker payudara dari Cancer Information and Support Centre.

Talkshow dipandu oleh MC dan artis, Cici Panda. Sebelumnya hadirin di hibur oleh penampilan akuistik dari grup band yang semua anggotanya pria. Sempat air mata saya menitik saat mereka membawakan lagu berjudul “Bunda” yang dipopulerkan oleh Bunda Melly Guslow. Karena teringat adik dari my lovely yang meninggal dunia melalui kanker darah (leukimia) saat berusia 25-26 tahun dan anaknya masih 6 bulan.

Dr.Roys dan 2 narasumber berbicara dalam talkshow tersebut dengan santai. Mereka berbagi pengalaman, tidak ada nada “berat”, menyeramkan atau sedih dengan membicarakan tentang kanker payurada ini. Intinya siapapun dapat terkena kanker payudara walaupun lifestyle kita sudah masuk kategori lifestyle yang sehat. Narasumber pertama mengetahui dirinya kanker payudara saat meraba payudaranya dan merasa ada benjolan. Berhubung ketika itu dirinya masih bekerja aktif dan memiliki asuransi kesehatan maka secepatnya memeriksakan diri. Dan benar, dirinya dinyatakan kanker payudara stadium 2,5. Demikian juga narasumber yang lain diketahui kanker payudara saat dinyatakan kanker payudara stadium 2,5. Mereka tidak langsung down, justru mereka berusaha tenang, menyerahkan segalanya kepada Yang Maha Penyembuh dan pastinya mereka melakukan penyembuhan dengan cara medis sesuai prosedur sehingga akhirnya sampai 6 tahun sejak mereka dinyatakan kanker payudara mereka tetap dapat hidup dengan segar.

Sedangkan Dr.Roys menjelaskan mengenai mutasi gen BRCA dan pemeriksaannya pada kanker payudara. Beliau menjelaskan penyebab kanker, khususnya dari faktor genetik. Gen yang termutasi dapat diwariskan oleh orang tua ke anaknya. Tidak saja diwariskan oleh orang tua kandung, bisa saja hal tersebut diwariskan dari kakek,buyut,canggah. Segera lebih memperhatikan kesehatan apabila diantara kerabat sedarah (bibi,paman) ada yang terkena penyakit kanker. Jika sudah sampai terdeteksi kanker maka jangan menggunakan pengobatan non medis tanpa sepengetahuan dokter. 

Terdiagnosa kanker? Bukan alasan untuk bersedih. Lihatlah mereka yang bisa menang melawan kanker, ceria menari di mall :)

Dalam brosur/pamflet (dirilis oleh The Estee Lauder Companies : Breast Cancer Awareness Campaign, Supporting education and medical research) yang dibagikan kepada undangan dijelaskan 8 cara untuk melawan kanker payudara, yakni :

  • Periksa payudara secara rutin dan laporkan perubahan apapun kepada dokter.
  • Berkonsultasilah secara rutin dengan dokter untuk pemeriksaan payudara di saat Anda berusia 20-an dan 30-an.
  • Lakukan mamografi setiap tahun di mulai sejak usia 40 tahun atau lebih awal jika Anda berisiko tinggi.
  • Makanlah buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat dan kaya akan antioksidan.
  • Jagalah berat badan ideal. Berat badan berlebih menambah resiko.
  • Batasilah asupan alkohol (Note : Waah, kalau saya sih nggak membatasi asupannya, tetapi memang menjauhi sejauh-jauhnya..hahaha)
  • Hindari merokok dan berhentilah jika Anda merokok (Note : Kalau saya menghindari rokok, bukan sekedar menghindari merokok. Jauh-jauh deh dari orang yang sudah kelihatan memegang rokok! Loh kalau mau naik taksi terus lihat driver-nya merokok, maka saya lebih baik menunggu taksi lainnya kok.)
  • Lakukan olah raga paling tidak 45 menit setiap hari.

Silakan mempelajari lebih lanjut di cancer.org


Bersyukurlah dengan menceritakan 3 hal ke temanmu tentang Kanker Payudara, yakni :
  • Setiap wanita dapat terkena kanker payudara – bahkan mereka yang tidak memiliki sejarah kanker payudara dalam keluarga
  • Faktor terpenting untuk kanker payudara adalah wanita dan pertambahan usia. Tetapi pria juga dapat mengalami kanker payudara walaupun prosentase-nya hanya 1 
  • Wanita yang terdiagnosa kanker payudara stadium dini, ketika kanker masih kecil dan belum menyebar mempunyai harapan tinggi untuk sembuh. Lakukan mamografi. Tidak perlu terlalu galau jika terdiagnosa kanker payudara karena ketenangan diri sangat membantu pemulihan, seperti yang terjadi pada salah 1 ibu yang hadir dalam talkshow. Beliau terdiagnosa kanker payudara stadium 4 beberapa tahun lalu, namun bersyukur beliau masih dapat hadir dalam kondisi yang lincah.
Sore itu kami menyaksikan film pendek animasi ‘Kalahkan Kanker dengan Sadari’. Sadari merupakan singkatan perikSA payuDAra sendiRI. Film animasi dengan pemeran beberapa bra yang berdialog menyita perhatian pengunjung Pondok Indah Mal yang ramai...hihihi...tambah semangat deh kampanye-nya. Kalau kamu berminat menyaksikan film tersebut silakan kunjungi : www.kalahkankanker.com



Catatan tambahan dari talkshow tersebut selain yang dipaparkan diatas adalah :
  • Hindari makanan goreng-gorengan , pilih makanan yang di rebus atau di kukus. Di bakar masih oke deh... (Note yang saya peroleh dari web National Geographic Indonesia, bahwa memasak dengan 4 sendok minyak zaitun bisa mengurangi resiko kanker payudara. Dr Miguel Angel Martines-Gonzales, peneliti dari University of Navarra Spanyol mengatakan bahwa zat yang terkadung dalam minyak zaitun dapat mencegah berkembangnya sel kanker dan juga mematikan sel-sel yang tidak normal).
  • Jangan melakukan pengobatan alternatif tanpa pantauan dokter karena masing-masing orang memiliki kondisi yang berbeda. Apalagi kalau pengobatannya sampai dipijat-pijat tuh. Bisa jadi justru menyebabkan penyebaran sel kanker.
  • Memperbaiki gaya hidup dengan diet sehat dan menenangkan pikiran. Jangan panik, dekatkan diri kepada Maha Penyembuh.
  • Secara rutin melakukan deteksi dini kanker payudara, yakni : SADARI, USG Mammae, atau Mammografi, serta melakukan deteksi dini kanker ovarium yakni pemeriksaan darah CA-125 dan USG transvaginal.
Seusai talkshow ini saya semakin optimis menghadapi hidup sambil menjaga kesehatan. So bulan Oktober merupakan bulan PINK – warna identik dengan kasih sayang dan bukan bulan yang menyeramkan karena Hallowen.

Usai talkshow, Beauty Bloggers diberi goodiebag berisikan produk dari Clinique, Estee Lauder dan Lab Series Skincare for Men

Ciptakan Indonesia menjadi salah satu negara tersehat di dunia yuk, salah satunya action dalam “Breast Cancer Awareness Campaign”.

Reportase dan rangkaian tulisan ini saya ikut sertakan dalam “Give Away Kampanye #finishthefight #gopink #breastcancerawareness” dengan niat agar kesadaran masyarakat (khususnya wanita di Indonesia) lebih memperhatikan kesehatan diri dan orang-orang tercintanya.

http://www.indahnuria.com/2015/10/giveaways-kampanye-finishthefight.html?m=0

2 comments:

  1. Acaranya okeee bangeeet dan informasi yang disampaikan juga lengkap :). Semoga semakin banyak yang sadaar ya akan bahaya kanker payudara dan cara-cara menghindarinya :)

    thanks for joining my GA #finishthefight #gopink #breastcancerawareness yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ,,,Aamiin...
      Terima kasih untuk event GA #finishthelight #gopink #breastcancerawareness -nya,Mbak Indah :)

      Delete