Sunday 2 November 2014

Financial Planning Specialist : Profesi Baru Bergengsi di Industri Asuransi


Great Eastern Life Indonesia mengundang Bloggers untuk menghadiri acara FPS Media Workshop – Financial Planning Specialist : The Next Big Thing in Insurance Business. Bertempat di Mercantile Atletic Club Jakarta, kami para Bloggers mendapat tambahan pengetahuan tentang sebuah karir di dunia asuransi. Sebuah profesi yang bermasa depan cerah sebagai : Financial Planning Specialist.

“Aaah, itu sih cerita lama! Saya setiap kali melamar di perusahaan asuransi ujung-ujungnya pasti jadi agen asuransi. Nawar-nawarin premi sampai kehabisan ongkos untuk transport, pulsa nelpon calon nasabah, bahkan untuk nongkrong di cafe nunggu prospek yang sialnya setelah ditunggu lama mereka nggak muncul juga. Keburu uang saya habis untuk pengeluaran ngeprospek orang dong.”

Hayooo, siapa tuh yang langsung nyeletuk seperti itu sebelum kabar baik ini saya ceritakan kepada kalian? Awalnya saya juga menduga seperti itu kok, tetapi pencerahan segera datang bertepatan dengan Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2014.

Tentang Great Eastern Life

Sebelum berbicara mengenai FPS mari kita mengenal Great Eastern Life terlebih dahulu. PT.Great Eastern Life Indonesia adalah bagian dari Great Eastern Holdings Ltd, group asuransi tertua dan termapan di Singapore dan Malaysia. Group ini juga beroperasi di Vietnam, Brunei dan bekerjasama di China membuka kantor perwakilan di Myanmar.
Melalui 3 saluran distribusi yang sukses dan berupa satu kesatuan, yakni : Agency, Bancassurance dan perusahaan penasehat keuangan, Great Eastern Financial Advisor (Posisi FPS berada di sini)
Great Eastern Life memiliki aliansi strategis ekslusif untuk bancassurance dengan Bank OCBC NISP.
. Seringkali meraih berbagai penghargaan di bidang financial, seperti : Best Life Insurance Company 2013 pada Indonesia Insurance award 2013,dll. Great Eastern Life pula merupakan Pelopor Profesi Financial Planning Spesialist!






Nah, sekarang mari kita berbicara mengenai profesi Financial Planning Specialist atau disingkat dengan FPS. Great Eastern Life Indonesia resmi meluncurkan platform FPS sebagai bagian jangka panjang dari Great Easteren Life Agency Strategy. Pada awal terbentuknya (tahun 2013) hanya memiliki 20 FPS, dan terus menerus meningkat hingga lebih dari 300-an di tahun 2014. Nah, jika benar-benar konsisten, maka akan terbentuk Group Insurance yang "eksis" pada tahun 2018.


Untuk mencapai target tersebut di tahun 2018 Great Eastern Indonesia Life memberikan peluang kepada masyarakat Indonesia untuk berperan serta dan menjadikan FPS sebagai profesi. Prospek menjadi FPS benar-benar menjanjikan masa depan yang cerah, ini merupakan profesi baru dan bergengsi. Apalagi dilihat dari segi pendapatan. Pendapatannya mampu menyaingi profesi dokter, arsitek dan lainnya. Bahkan sama seperti profesi dokter yang bisa sekaligus menjadi pengusaha (Kalau dokter khan bisa menjadi pengusaha juga andai dokter tersebut membuka klinik yang di kelolanya bersama management-nya sendiri), profesi FPS juga dapat mengantar kita sebagai PENGUSAHA setelah 2 tahun kita bergabung sebagai FPS.
Setelah 2 tahun seorang yang telah bergabung di Great Eastern Life Indonesia dapat memilih, apakah kita ingin menjadi seorang Profesional atau Pengusaha.



Ini-lah yang membedakan FPS Program dari Great Eastern Life Indonesia dengan tranditional Agent Asuransi di berbagai perusahaan asuransi di Indonesia. Di Indonesia Great Eastern Life  merupakan perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan program FPS ini. Padahal di berbagai negara besar profesi FPS sudah berkembang sehingga profesi FPS merupakan profesi bergensi di masa yang akan datang.
Jadi nggak perlu khawatir kamu akan kehabisan ongkos atau biaya operational lainnya untuk memprospek jika berprofesi sebagai FPS. Karena setiap bulannya sebagai FPS akan mendapatkan pendapatan tetap dan terus berkarir di kantor.


Perbedaan Financial Planning Specialist dengan profesi agen Asuransi pada umumnya, antara lain :
  • FPS mendapat fixed income
  • FPS mendapatkan Variable Compensation (Commision, Quarterly Production Bonus,dll)
  • FPS memberikan Konsultasi Perencanaan Keuangan
  • FPS mendapatkan Enhanced Training Program
  • FPS memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri sebagai Profesional Certification (ChFC, CFP,RFP)
  • FPS menawarkan Overseas Training Convention
  • FPS menawarkan menjadi profesional di industri asuransi atau pengusaha di dunia keuangan ,dll


Syarat menjadi Financial Planning Specialist adalah :
  • Pria atau Wanita
  • Berusia 25 - 35 tahun
  • S1 segala jurusan
  • Pengalaman 2 tahun di dunia perbankan/keuangan
Beberapa waktu yang lalu saya mendengar "keluhan" dari seorang berprofesi Financial Planning Consultant yang merasa kesal dengan Traditional Insurance Agent yang menyatakan diri-nya sebagai "Financial Planning" dikarenakan untuk menjadi "Financial Planning" tidak sekedar menjadi agen asuransi. Nah, tenaaaang, di Great Eastern Life Insurance inilah kita bisa mencapai gelar dan profesi "Financial Planning Spesialist" dengan berbagai fasilitas yang telah saya sebutkan diatas.

PASAR LIFE INSURANCE DI INDONESIA

Sebagai FPS kalian tidak perlu khawatir akan pasar life Insurance di Indonesia. Pada saat FPS Media Workshop Mr.Albert Koh ChFC,CLU,IARFC,FTC memaparkan berbagai hal yang mendasari FPS ini “terbentuk” di Indonesia.
Beliau sebagai konsultan Great Eastern Holdings dan bergabung di Great Eastern Life Indonesia sejak February 2013 menjelaskan (diantaranya)  apa yang terjadi di Indonesia. Seperti :
  • Pertumbuhan ekonomi masyarakat kelas menengah yang pertumbuhannya sampai mencapai 170 juta di tahun 2030. Hal ini tentu-nya akan merubah lifestyle serta menciptakan pasar yang lebih luas (Sumber : Mc Kinsey 2012).
  • Kenaikan upah minimum, yang biasa kita kenal dengan UMR yang semula Rp 1.5 juta menjadi Rp 2.2 juta sejak 2013. Kenaikan upah minimum ini mencapai 30 % dari selam 2010 hingga 2013
    Dari berbagai data statistik (khususnya pertumbuhan ekonomi dan perubahan gaya hidup) yang terjadi di Indonesia, maka diperlukan perencana keuangan dan life insurance semakin meningkat maka FPS menjadi profesi yang sangat dibutuhkan dan bermasa depan cerah. FPS berbeda dengan Agent Asuransi biasa :) Siap melamar menjadi Financial Planning Specialist? Silakan kirimkan lamaran kamu melalui online :) * Pekerjaannya FULLTIME dan FULLHEART yaaa :) Kabar gembiranya lagi nih, pemerintah Indonesia tidak membuka pendaftaran CPNS dalam 5 tahun ini, justru inilah kesempatan kita untuk belajar dan bekerja bersama Great Eastern Life Indonesia yang telah menyusun sistem untuk kesuksesan FPS dalam kurun waktu 2 tahun :) Suuukseeeesss....GOOD LUCK!



Foto/ilustrasi : Materi FPS Media Workshop, 27 October 2014 & FB Grat Eastern Life Indonesia

No comments:

Post a Comment