Monday 26 December 2016

Blogger Trip 2 to Zona Madina Bogor : Menyaksikan Hasil Pemberdayaan Masyarakat

Senangnya hati ini mendapatkan sms dari Dompet Dhuafa bertuliskan : “Assalamualaikum, Selamat Anda lolos menjadi Peserta Blogger Trip 2 Zona Madina Dompet Dhuafa. Konfirmasi kehadiran ke nomor ini. Titik kumpul keberangkatan pukul 08.00 at Carrefour Lebak Bulus”


Kalau tujuannya bukan ke Zona Madina DD, tentunya saya akan berpikir beberapa kali untuk dapat tiba di area Lebak Bulus pada pukul 8 pagi. Alhamdulillah ternyata titik kumpul berubah menjadi Filantrophy Building Dompet Dhuafa Warung Buncit! Yeaaay....kalau disini mah saya sudah sangat familiar daerahnya, jadi jam berapapun oke deh...
Jumat 16 December 2016, jam 08.10 saya tiba di Phylanthropy Building. Ternyata hanya 3 blogger terpilih yang turut Blogger Trip 2, sedangkan 20-an lainnya dari berbagai media cetak dan online. Sekitar jam 10  mobil yang mengantar kami tiba di parkiran Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa yang merupakan bagian dari Zona Madina.

Apakah Zona Madina?
Zona Madina Dompet Dhuafa adalah kawasan pemberdayaan umat terpadu yang dibangun di atas tanah seluas lebih dari 6 hektar. Berlokasi di Kelurahan Jampang Kecamatan Kemang – Kabupaten Bogor Jawa Barat.
Herman Budianti (Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa) menjelaskan bahwa,”Kawasan dari aktifitas pemberdayaan komunitas terpadu berbasis nilai ke-Islaman ini, telah memiliki bangunan rumah sakit bebas biaya bagi orang miskin-Rumah Sehat Terpadu, Kampung Wisata Jampang (Jampang English Village), Bumi Pengembangan Insani yang didalamnya termasuk Smart Ekselensia Indonesia, Sekolah Guru Indonesia, Makmal Pendididkan, Perpustakaan dan sarana olah raga. Zona Madina adalah zona pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas di kawasan  terpadu.”
Ketika kami berkunjung ke lokasinya, kawasan Zona Madina terdiri dari 3 program social development , yaitu Ekonomi , Pendidikan dan Kesehatan. Setelah mendapat penjelasan singkat sambil rehat sejenak setelah menempuh perjalanan hampir 2 jam, maka kami diajak berkeliling kawasan Zona Madina.

RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa

RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (Biasa disingkat RS RST DD) yang berdiri diatas lahan seluas 7.803 m2 ialah sebuah model rumah sakit wakaf yang memberikan pelayanan kesehatan secara Cuma-Cuma bagi kaum tiddak mampu dengan pendekatan kehangatan keluarga, ketepatan waktu, profesional, nuansa holistik dan sentuhan hati. Saat ini RS RST DD melayani kaum dhuafa secara gratis dan pasien umum BPJS yang tinggal disekitar lokasi Zona Madina. Dengan optimalisasi pemberdayaan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf RS RST DD berharap mampu melayani minimal 10.000 pasien dhuafa setiap bulannya. Tetapi kalau saya pribadi sebagai donatur DD berharap RS RST DD semakin berkurang pasien-nya, dalam artian semakin bertambah kaum dhuafa dan masyarakat sekitar yang bertambah sehat. Jadi semoga saja pasien-nya “sekedar” mereka yang melahirkan dengan bahagia serta peserta medical check up dengan hasil yang baik. Atau mereka justru sekedar menjaga agar tetap sehat bugar – bukan karena sakit. Meskipun saya menyaksikan betapa fasilitas pelayanan disini sangat baik. Selain instalasi gawat darurat 24 jam, di RS RST DD juga memiliki pelayanan rawat jalan (Berbagai poli dengan peralatan modern dan canggih tersedia), Pelayanan Penunjang Medis (Fisioterapi, Laboratorium, Instalasi Farmasi), Pelayanan Rawat Inap yang bersih dan asri (Saya berasa sedang berada di resort loh saat melihat jendela-jendela ruang rawat inap-nya...hehehe), Kamar Operasi dan Bersalin, Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (Edukasi Kesehatan Masyarakat) dan Bina Rohani Pasien. Nah saya berharap 3 pelayanan terakhir saja yang terus meningkat jumlah pengunjungnya! Jadi semakin banyak dan banyak kaum dhuafa yang sehat!
Di beberapa bagian dinding RS RST DD terdapat berbagai nama-nama donatur pribadi atau Lazis/CSR perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Mereka yang memberikan wakaf melalui Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Ingin berdonasi ke RS RST DD? Salurkan donasi di Gerai Zakat atau melalui rekening : BNI Syariah 1111.5555.64 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Kemudian konfirmasikan transfer donasi ke 0877 0992 3187
Media internet RS Rumah Sejat Terpadu Dompet Dhuafa :
Web : rumahsehatterpadu.or.id
Facebook : Rumah Sakit Terpadu
Twitter : @RST_DD
Instagram : @rst_dompetdhuafa
BBM : 5CE53921
Path : RST Rumah Sehat Terpadu DD

Lembaga Pengembangan Insani - Dompet Dhuafa Pendidikan

Setelah berkeliling meninjau RST DD kami menyebrang Jalan Raya Parung Bogor Km 42 dan memasuki gedung pendidikan yang bertuliskan Lembaga Pengembangan Insani. Disinilah aktifitas Dompet Dhuafa Pendidikan digiatkan, khususnya sekolah SMART EKSLENSIA INDONESIA. Smart Ekslensia Indonesia adalah sekolah menengah akselerasi, berasrama dan bebas biaya untuk anak-anak marginal. Berdiri di tahun 2004 dan telah menghasilkan prestasi-prestasi hingga tingkat International.

Dompet Dhuafa Pendidikan memiliki 3 devisi, yaitu :
  1. Makmal Pendidikan, sebuah laboratorium di bidang pengembangan dan inovasi pendidikan (Diantaranya Gemari Baca dan Pusat Sumber Belajar)
  2. Sekolah Model (Diantaranya Smart Ekslensia Indonesia)
  3. Beastudi Indonesia
Kami juga berkunjung ke Perpustakaan Digital (Pusat Sumber Belajar) yang berada di lokasi ini. Perpustakaannya dapat dimanfaatkan untuk umum loh, bukan hanya siswa Smart Ekslensia saja yang dapat menjadi anggotanya.
Melihat fasilitas di area pendidikan ini, tentunya kita merasa sedang berada di sekolah berstandard International. Hebatnya, semua bisa di dapatkan secara gratis untuk anak-anak marginal seluruh Indonesia. Sedangkan kita yang secara ekonomi lebih beruntung, tentunya dengan senang hati berbagi berdonasi kepada anak-anak atau adik-adik yang menggali ilmu disini. Mereka juga akan memberi manfaat kepada lingkungannya di kampung halaman. Setiap tahun diberi kesempatan pulang kampung dan menjalankan program “Pulang Kampung Menginspirasi”, antara lain menyalurkan buku-buku kepada anak-anak di kampungnya.
Jika ada kerabat atau kenalan yang berminat belajar di Smart Ekslensia, silakan diperoleh infonya di :
Website  : smartekselensia.net
Facebook : SMART Ekselensia Indonesia
Twitter : @smartekselensia
Seleksi Nasional Beasiswa Smart Ekselensia Indonesia 2017, batas akhir pendaftarannya tanggal 15 Januari 2017
Beraneka program dari 3 Devisi Dompet Dhuafa Pendidikan, yaitu : Gemari Baca, Pusat Sumber Belajar (PSB) , Sekolah Literasi Indonesia, Beastudi Indonesia,  Beasiswa Bina Tugas Unggul (BANTU), India S1 Scholarship Program (ISSO), Beasiswa Kemitraan, Beasiswa Prestasi Chevron – Dompet Dhuafa, Beasiswa Skripsi Yarob, Tertiary Education Support Program, Beasiswa Aktifis Nusantara (Bakti Nusa), Beasiswa S2 Al Azhar, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Ekonomi Syariah, Beasiswa Indonesia Preparatory School...waah, banyak sekali yach Dompet Dhuafa menyalurkan beasiswa dari para donatur. Untuk info lebih jelasnya dapat berkunjung ke www.pendididkandd.org , twitter : @pendidikanDD , Facebook : Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa
FYI, Dompet Dhuafa Pendidikan tahun 2015 meraih Indonesia Quality Award (IQA) 2015 karena memenuhi kriteria Baldridge Excellence Framework.
Kalau kehidupan kita pengen lebih keren, kita berdonasi yuk! Salurkan donasi kita ke rekening BNI Syariah Nomor Rekening 2880288013 Atas nama Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa . 


Setelah kunjungan ke Smart Ekselensia Indonesia, kami menuju Masjid Al Madina, masjid berkubah Merah Putih. Bagi rekan media dan blogger wanita dipersilakan makan siang terlebih dahulu sambil menunggu rekan pria melaksanakan shalat Jumat. Sayangnya masjid besar tersebut memberikan tempat kepada wanita di lantai 3, berwudhu di lantai 1. Haduuuh, kalau wanitanya sedang hamil bisa keguguran nih! Apalagi ketika saya dan seorang rekan blogger ingin melakukan shalat, saat tiba di lantai 3 kami baru mengetahui bahwa tempat mengambil air wudhu di lantai dasar. Petugas yang awalnya kami tanyakan tidak memberi informasi tersebut! Semoga saja pembangunan masjid ini selesai 100% dan disediakan tempat wudhu di lantai 3.
Setelah konferensi pers selesai, kami diajak berkunjung ke area peternakan mitra binaan Dompet Dhuafa. Masuk ke pelosok dari jalan raya, sehingga kami harus menggunakan transportasi mobil untuk menuju kesana. Setelah dari sana, kami kembali ke Kampung Wisata Jampang Zona Madina dan berlatih silat.


Padat sekali acara kami di Zona Madina Dompet Dhuafa, sehingga kami baru kembali ke Jakarta menjelang waktu Maghrib. Saya merasa puas dan bahagia menyaksikan donasi yang kami salurkan melalui Dompet Dhuafa sungguh mewujud untuk pemberdayaan masyarakat Indonesia. Yakin deh, kalau masyarakat Indonesia menyalurkan zakat, infak dan sedekah dengan benar dan tepat maka kemakmuran Indonesia dapat menjadi nomor 1 di dunia.

2 comments:

  1. Replies
    1. Yuk, kesana...mudah dijangkau kok, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum :)

      Delete