Wednesday 21 December 2016

Belajar Saham dan Berpartisipasi di ISTC , The First Indonesia’s Virtual Mobile Trading Contest

Memasuki kwartal akhir 2016 saya semakin giat mempelajari mengenai dunia investasi. Berbagai portfolio investasi saya pelajari. Property dan emas adalah 2 hal yang paling saya kenal karena kedua jenis investasi ini saya pelajari sejak masih sekolah. Kedua orang tua banyak memberi wawasan tentang kedua investasi ini. Mata uang asing atau valas lumayan menarik karena ketika tinggal di luar negeri dan masih memiliki beberapa ribu dollar tiba-tiba rupiah terpuruk tajam sehingga dalam sehari saya bisa menghasilkan juta-an rupiah! Bukan kesengajaan tetapi keberuntungan...hehehe. Deposito dan tabungan di bank bukan jenis investasi yang menarik bagi saya. Bagaimana dengan saham dan reksadana? Nah, inilah yang ingin saya pelajari lebih dalam! Pucuk dicinta ulam tiba (Duh, nih peribahasa jadul banget yak?! Hahaha...) , saya membaca tawaran dari Indonesia Social Blogpreneur mengenai Training Pasar Modal dan Simulasi Virtual Trading Melalui Aplikasi ISTC. Dengan mantap saya mendaftar dan Alhamdulillah diundang untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung pada tanggal 13 Desember 2016 di Auditorium Kantor Pusat Indosat Jln. Medan Merdeka – Jakarta Pusat. 

Blogger Training Saham dan Simulasi Virtual Trading
Indosat Ooredoo Stock Trading Contest
Penduduk Indonesia yang berkecimpung di pasar modal hanya 529.257 orang dari total 250 juta penduduk. Dibandingkan negara ASEAN lainnya masih sangat kecil. Padahal jumlah investor aktif di pasar modal dapat membantu peningkatan ekonomi negara.
Indosat Ooredoo memahami hal tersebut sehingga ISTC (Indosat Stock Trading Contest) diselenggarakan sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar edukasi dan inovasi, diadakan untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya investasi di pasar modal  bagi generasi muda Indonesia. Program ini sekaligus mendukung Kampanye Nasional Yuk Nabung Saham (YNS) yang digiatkan oleh Bursa Efek Indonesia serta menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia. ISTC yang merupakan kompetisi perdagangan saham virtual ini berlangsung sejak 11 Agustus hingga 31 Januari 2017.
ISTC merupakan program sosialiasi dan pembelajaran dalam melakukan investasi/transaksi saham secara virtual yang mengacu kepada sejumlah saham pilihan yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia secara realtime.
Bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Trimegah Securities sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek serta penyedia aplikasi simulasi online stock trading berbasis mobile (mobile apps), Indosat Ooredoo berkomitmen meningkatkan pemahaman (literasi) masyarakat umum khususnya membantu mempersiapkan generasi muda untuk menjadi investor handal serta meningkatkan jumlah investor di Pasar Modal Indonesia khususnya dari kalangan anak muda dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital. Hal tersebut juga merupakan komitmen perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui dunia digital.


Training Investasi ISTC Untuk Blogger
Yess, pagi hingga siang Blogger yang hadir mengikuti training bertransaksi saham sekaligus mendaftar di ISTC. Yang diperlukan untuk melakukan transaksi saham di ISTC adalah gadget ANDROID atau iPhone. Kartu provider yang digunakan untuk transaksi juga harus Indosat Ooredoo (Tentu saja!) . Kami mendapatkan modal virtual Rp 50.000.000 ,-  Waw, oke-lah walaupun hanya virtual, semoga saja segera mendapat real lebih dari jumlah tersebut yaaa...

Langkah-langkah yang kami lakukan dalam bertransaksi saham di ISTC dan menjadi investor handal (Aamiin) :
  • Registrasi
Buka www.indosatooredoo.com/istc , pilih : Registrasi
Isi data diri pada formulir registrasi secara lengkap dan benar
Untuk mengikuti ISTC ini, peserta harus menggunakan nomor Indosat Ooredoo.
  • Konfirmasi Email
Setelah registrasi berhasil, akan mendapatkan email berisi informasi username dan password.
  • Unduh Aplikasi ISTC
Instal aplikasi ISTC melalui Appstore atau Playstore.
Buka aplikasi ISTC dan masukkan username dan password yang diterima melalui email.
Setelah itu, peserta akan mendapatkan SMS dan email yang berisi kode OTP, dikirim ke nomor Indosat Ooredoo dan email yang didaftarkan pada form registrasi.
  • Konfirmasi Kode OTP
Untuk memulai penggunaan aplikasi, masukkan kode OTP serta buat Password baru dan PIN.
Password baru berisi minimal 8 karakter, terdiri atas : angka, huruf besar, huruf kecil dan special symbol. Contoh : Istc123#
Buat PIN untuk bertransaksi saham virtual. Terdiri dari 6 digit angka.
  • SELAMAT! ANDA SIAP BERTRANSAKSI


Dengan mengikuti training ini maka saya memperoleh kekayaan ilmu tentang investasi saham/pasar modal serta pembelajaran dalam melakukan investasi/transaksi saham secara virtual yang meng-upgrade kemampuan untuk menjadi investor handal. Kamu juga bisa kok mendapat kesempatan seperti saya. Mau mengerti caranya? Ikuti langkah-langkah seperti yang sudah kami (Blogger Peserta Training) kerjakan!
Jika sudah melakukan pendaftaran, kabari namamu kepada saya ya. Selamat menjadi investor handal !
Pada akhir acara kami mendapat formulir untuk membuka real account di PT.Trimegah. Tentunya kesempatan ini langsung saya manfaatkan! Saya sekaligus membuka real account setelah training ISTC. Semoga dengan ISTC dan real account/rekening pada hari itu dapat membuka jalan agar menjadi salah satu investor handal dari Indonesia yang setara dengan Warren Buffet. Aamiin!

No comments:

Post a Comment