Saturday 5 December 2015

Healthy Eye Pretty I When I Wearing Alcon Contact Lenses

Saya pengguna kacamata minus sejak SD, demikian pula dengan 7 kakak saya dan anak-anaknya. Kalau kami sedang jalan bersama sudah seperti “optik berjalan” deh...hehehe. Kacamata minus sudah menjadi bagian kehidupan, bahkan saya sering bergurau mengatakan bahwa kacamata adalah “indra ke-enam” saya. Hingga akhirnya saat kuliah aktifitas ruang luar saya makin meningkat dan saat bepergian semakin sering ingin menggunakan make up mata lengkap. Minus mata mengalami peningkatan juga, jika dahulu saya bisa membuka kacamata sementara melakukan aktifitas ruang luar dan make up mata saat tampil di pentas – maka saat minus melewati angka 5 saya tidak bisa lagi  melakukan aktifitas tersebut. Akhirnya saya menggunakan lensa kontak. Tidak setiap hari, hanya digunakan saat-saat tertentu seperti yang saya sebutkan tadi. Seingat saya lensa kontak harian yang saya gunakan merupakan produksi Ciba Vision. Saya senang menggunakan lensa kontak dengan warna tertentu yang sesuai dengan warna kulit wajah dan warna make up.
Hingga waktu berlalu saya tidak pernah membeli lensa kontak kembali, bahkan terakhir kali memeriksakan mata ke dokter mata sudah 4 tahun yang lalu. Selalu minus mata saya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ada niatan untuk membeli lensa kontak lagi 2 tahun lalu bersamaan dengan kembalinya aktifitas luar ruang saya yang semakin banyak. Tetapi kehati-hatian turut meningkat dikarenakan saya sering melihat lensa kontak yang digunakan “sembarangan” oleh banyak remaja sekarang, bahkan banyak beauty blogger yang mengulas lensa kontak untuk kecantikan tanpa menjelaskan sisi kesehatannya. 

Healthy Eye Pretty I Blogger Gathering
Salah seorang rekan menawarkan kehadiran saya dalam blogger gathering. Begitu dikatakan bahwa produk yang akan dipresentasikan dalam blogger gathering tersebut adalah lensa kontak saya langsung mengiyakan untuk hadir, apalagi diselenggarakannya di Hotel Harris Tebet yang super deket dengan kantor saya. Yeaay, pucuk dicinta ulam tiba!
Sore tanggal 30 November 2015 hujan deras membasahi kawasan Jln Sahardjo dan sekitarnya. Bersyukur tanpa kehujanan saya tiba di Multifunction Hotel Harris Tebet. Saya menjadi blogger yang pertama kali datang! Uhuy, karena terlalu antusias-nya,,,yes,kesehatan mata bukan hal yang sepele bagi saya. Belum juga duduk, petugas medis yang ada menawarkan saya memeriksa mata terlebih dahulu. Okay, mumpung peserta lain belum datang saya langsung duduk di kursi mesin pemeriksaan mata yang sudah tidak asing dalam kehidupan saya. Maaak, minus mata naik 0.75! Setelah itu saya pindah ke peralatan check kesehatan mata dan konsultasi VIO Optical Clinic oleh dr.Andri Agus Syah. Kesimpulan pemeriksaan mata saya adalah ABNORMAL untuk Visus Jauh OD Tanpa Kacamata dan Visus Jauh OS Tanpa Kacamata. Alhamdulillah, untuk yang lainnya semua NORMAL. Oh ya, tetapi mata ini cenderung sedikit kering.
Keterangan minus mata saya yang bertambah
Setelah pemeriksaan mata selesai, tibalah di meja free trial lensa kontak Air Optix Aqua yang akan diperkenalkan ke kami. Seorang petugas medis membantu memasangkan lensa kontak tersebut ke mata saya. Kesan awal pemakaian terlihat praktis. Dalam beberapa kali lirikan lensa kontak langsung pas menempel di kedua pupil mata. Langsung nyaman, pandangan terasa cerah, tanpa merasa ada benda yang baru masuk ke dalam mata. Beberapa saat saya melakukan adaptasi pandangan, pandangan langsung jelas dan tidak merasa kepala jadi pusing seperti awal pertama kali jika saya pertama kali menggunakan kacamata dengan lensa yang baru.

Pemakain lensa kontak oleh petugas medis Alcon
“Saya minta obat tetes matanya dong.” Kata saya memohon kepada Ibu Elly dan tidak dituruti oleh beliau...hehehe...katanya,”Nggak perlu, ini udah nggak perlu obat tetes lagi seperti lensa kontak sebelumnya karena lensa kontak ini mengandung  oksigen yang baik untuk melindungi mata.”
Saya menyahut,”Loh, kata dokter  mata saya cenderung kering, berarti khan perlu diteteskan air?” Ibu Elly-pun singkat menjelaskan kepada saya. Ternyata Opti-Free RepleniSH dengan TearGlyde yang sudah dibagikan di goodiebag fungsinya untuk membersihkan/mencuci lensa kontak, bukan untuk meneteskan ke mata secara berkala seperti yang saya lakukan jika menggunakan lensa kontak sebelumnya. Lensa kontak yang baru saja digunakan juga merupakan teknologi yang menyerap oksigen lebih banyak sehingga baik untuk kelembaban mata. Nah nanti akan dijelaskan mengenai lensa kontak tersebut saat talkshow!
Ternyata benar, sampai acara selesai mata saya terasa lembab walaupun tidak ditetesi cairan khusus, nyaman digunakan bahkan saya tidak merasa menggunakan lensa kontak dan tidak ada rasa gatal yang muncul sedikitpun. Bahkan lebih nekad-nya lagi saya pulang ke rumah dengan menggunakan jasa ojeg online, sengaja kaca helm penutup wajah saya buka dan ternyata mata saya merasa terus nyaman, tidak gatal atau iritasi walaupun saya yakin ada debu yang setidaknya “melintas” di mata.

Opti-Free RepleniSH dengan TearGlyde

Oke, sekarang kita bahas terlebih dahulu mengenai Opti-Free RepleniSH dengan TearGlyde, karena saya merasa menemukan “barang baru” dalam teknik perawatan mata-khususnya lensa kontak. Methode perawatannya berbeda dengan kebiasaan saya dahulu yang setiap 2 jam atau bahkan beberapa menit meneteskan cairan ke mata saat menggunakan lensa kontak.
Opti-Free RepleniSH dengan TearGlyde menjaga kelembaban untuk kenyamanan lebih baik. Mengapa Opti-Free RepleniSH dapat menjaga lensa kontak kita bebas dari organisme berbahaya, debu dan kotoran? Pertama karena memiliki sistem disinfektan ganda yaitu POLYQUAD dan ALDOX yang secara efektif membunuh mikroorganisme berbahaya yang menempel di permukaan lensa kontak sehingga kesehatan mata kita tetap terjaga dengan baik (Disinfektan yang teruji). Kedua karena kandungan Citrate dalam Opti-Free RepleniSH menghilangkan partikel dan kotoran yang menempel di lensa kontak(Pembersih yang ampuh).
Intinya Opti-Free RepleniSH memberi kenyamanan total sepanjang hari : Menjamin kenyamaan pemakaian sepanjang hari, Menjaga pandangan tetap jernih sepanjang hari, Membantu mencegah lapisan kornea dari kemerahan/iritasi, Cocok untuk lensa kontak berbahan silikon hidrogel dan hidrogel.
Sedangkan TearGlyde dapat menjaga kelembaban dan kenyamanan selama 14 jam dalam sehari karena TearGlyde memulihkan kondisi permukaan lensa kontak saat kita merendam lensa kontak dan bekerja sama dengan air mata dalam menjaga kelembaban lensa kontak saat sedang dikenakan.

Mata Sehat dan Cantik dengan Lensa Kontak


Setelah makan malam Dr.Andri Agus Syah dan Ibu Elly memulai talkshow dipandu oleh MC kondang Tommy Prabowo yang kocak nonstop. Awalnya Ibu Elly menjelaskan mengenai company profile yang memproduksi lensa kontak Air Optix Aqua – semula berawal dari Ciba Vision (Ya, yang memproduksi lensa kontak yang dulu saya sering gunakan ), kemudian bergabung dengan Novartis yang namanya sangat besar di dunia pharmacy hingga terbentuk Alcon sebagai bagian dari-nya. Telah berdiri sejak tahun 1945 dan telah tersebar di 75 negara, jadi kita tidak perlu khawatir apabila sudah cocok dengan lensa kontak ini dan memerlukannya saat kita sedang berada di satu negara dimana produk Alcon sudah terdistribusi secara umum.
Setelah pemaparan company profile giliran dr.Andri menjelaskan mengenai lensa kontak Air Optix Aqua yang malam itu digunakan oleh kami yang bermata minus. Memiliki teknologi  Permanent Plasma Surface Treatment, Silicone Hydrogel yang hanya dimiliki oleh Air Optix Aqua.Keunikan permukaan lensa kontak ini tahan melawan iritan, teknologi permukaan yang teramat halus, menciptakan lapisan pelembab yang melindungi dan mampu mencegah endapan pengganggu sehingga pandangan menjadi jelas, nyaman konsisten dari hari pertama hingga hari ke-30. Menyerap hingga 5x lebih tinggi kadar oxygen-nya dibandingkan lensa kontak lainnya yang beredar di pasaran, sehingga mata menjadi bersih, jernih dan sehat (Based on the ratio of lens oxygen transmissibilities. Alcon data on file 2009). Pokoknya selalu utamakan kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan lensa kontak.
Walaupun lensa kontak dengan teknologi silicone hidrogel aman digunakan saat tidur namun Dr.Andri  tidak menyarankan bagi kita untuk menggunakan lensa kontak saat tidur malam hingga pagi. Kalau kebablasan sih nggak masalah, asalkan jangan keseringan dan bukan kesengajaan. Lensa kontak juga harus diperhatikan masa kadaluarsa-nya, gunakan juga sesuai dengan masa-nya, misanya lensa kontak harian jangan digunakan hingga 3 hari atau lebih. Sekedar berbagi pengalaman dari saya nih : saya pernah kebablasan tidur malam menggunakan lensa kontak. Paginya saya bangun dan refleks mengucek mata dengan keras. Tak lama kemudian saya tersadar bahwa semalam belum melepas lensa kontak. Apa yang terjadi?! Lensa kontak yang saya gunakan hilang di dalam mata. Dengan tenang saya mengedip-ngedipkan mata berulangkali perlahan, kemudian melirak lirik serta sesekali “memijat” kelopak mata. Bersyukur akhirnya lensa kontak tersebut muncul kembali. Sejak itu, sengantuk-ngantuknya harus melepas lensa kontak sebelum tidur!

Berbagai lensa kontak dan cairan pembersih dari Alcon
Lensa kontak Air Optix Aqua ini dapat gunakan untuk 30 hari, perharinya maksimum digunakan selama 16 jam. Alcon juga memproduksi lensa kontak harian bernama DAILIES AquaComfort Plus yang memiliki 3 zat pelembab (Blink.Refresh.Enjoy) yang bekerja sama secara terus menerus melumasi, melembabkan dan menyegarkan lensa pada setiap kedipan dan memberikan kenyamanan sangat baik sepanjang hari.
Bagaimana jika mata tidak mengalami gangguan namun tetap ingin cantik dengan menggunakan lensa kontak? Tetap perhatikan kesehatan mata dengan memilih lensa kontak yang tepat! Jangan membeli lensa kontak untuk kecantikan yang murah tetapi membahayakan mata. Ingat loh, mata itu indra penglihatan yang sangat penting, bahkan kita bisa melihat isi hati seseorang dari mata-nya (Cieee....Ada Pelangi di Matamu! Macem lagu yang dinyanyikan Presiden RI ke-7 SBY aja nih...hihihi). Ekspresikan kecantikan isi hati-mu dengan menggunakan FreshLook COLORBLENDS.
Teknologi warna 3-in-1 pada FreshLook COLORBLENDS membaur dengan indah dan alami pada mata cantik kita. Teknologi 3-in-1 tersebut adalah Outer Starburst yang berfungsi menajamkan penampilan warna mata, Primary Color yang mengubah warna mata dan Inner Starburst yang berfungsi menambah kedalaman dan keindahan alami warna mata. Terdapat 12 warna cantik yang dapat dipilih, yakni Sterling Gray, True Sapphire, Pure Hazel, Brilliant Blue, Gray, Brown, Gemstone Green, Blue, Amethyst, Honey, Green, Turquoise. Dan saya siap-siap membeli warna True Sapphire...

Peserta #HealthyEyePrettyI Blogger Gathering Bebas Kacamata


Manfaat dan Tips/Triks bagi saya pribadi dengan menggunakan lensa kontak agar selalu sehat dan cantik bebas kedip kedip genit :
  • Bisa melakukan aktifitas di laut, seperti snorkeling atau diving.
  • Bebas dan leluasa melakukan olah raga, seperti parasailing, budgie jumping tanpa khawatir kacamata terlepas dan jatuh.
  • Bebas bergaya mengenakan kacamata hitam agar tidak silau, dan juga bebas mengenakan berbagai model kacamata untuk fashion tanpa mengganti lensa kacamata yang jika ditipiskan biayanya juga menipiskan isi dompet :D
  • Dengan menggunakan Air Optix Aqua berarti nggak perlu lagi repot meneteskan cairan ke mata, sehingga tidak merusak make up sekitar mata. Cihuy cantik mata luar dalam deh :)
  • Tanpa menipiskan lensa kacamata maka kacamata saya pasti tebalnya menyaingi ketebalan pantat botol bir. Sedangkan untuk menipiskan kacamata dengan ukuran minus saya harus mengeluarkan ekstra dana. Biasanya dana untuk kacamata lebih dari satu juta rupiah untuk frame ditambah dengan lensa dengan kwalitas baik dan penipisan.
  • Rutin memeriksakan mata di praktisi kesehatan mata profesional.
  • Biarpun lensa kontak digunakan sebagai alat kecantikan, lensa kontak tetaplah alat kesehatan yang harus dipakai sesuai petunjuk pemakaian dan dalam pengawasan seorang ahli kesehatan mata.
  • Jangan sembarangan membeli lensa kontak yang tidak jelas kwalitas-nya.
  • Jangan menggunakan lensa kontak bergantian dengan orang lain, sekalipun orang tersebut adalah saudara kandung/teman akrab/pasangan.
  • Jika mata sensitif terhadap bahan pengawet maka gunakan pembersih lensa kontak yang bebas pengawet. Alcon memproduksi AOSEPT Plus, larutan hidrogen peroksida yang aman dan sesuai untuk mata sensitif terhadap bahan pengawet.
  • Beberapa informasi mengenai lensa kontak bisa di dapatkan di airoptix.com , dailies.com , freshlookcontacts.com atau unduh aplikasi-nya di Android dan iOS.

No comments:

Post a Comment